6 Langkah Merencanakan Tujuan Keuangan

6 Langkah Merencanakan Tujuan Keuangan 1

Kalau kita ditanya tentang tujuan, setiap kita pasti punya banyak sekali tujuan yang ingin dituju selama hidup. Biasanya apa saja sih yang dilakukan sebelum menentukan tujuan? Belajar dulu kah? Nabung dulu kah? Atau segera merealisasikannya dan mengesampingkan apa yang akan terjadi di tengah dijalan?

Nah dalam hal keuangan, merencanakan tujuan keuangan juga sangat penting dilakukan agar tujuan keuangan dapat tercapai dengan baik, benar, dan bisa dipertanggung jawabkan. Karena sering kali kita terjebak dengan kebahagiaan sementara yakni membeli barang-barang yang hanya terlihat lucu kemudian barang-barang tersebut akhirnya tidak terpakai dan pada akhirnya tabungan kita habis untuk hal-hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Disisi lain banyak hal yang harus disiapkan untuk masa depan seperti rumah tinggal, pendidikan, dana pensiun untuk, melunasi hutang, menyiapkan dana pendidikan anak, beribadah haji, umroh dan lainnya.

Agar tabungan tidak habis begitu saja untuk hal-hal yang tidak perlu. Berikut 6 langkah merencanakan tujuan keuangan menurut Diana Amelia yang merupakan founder dari Insyirah Finance.

1. What’s Your Dream?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat list apa saja kebutuhan yang akan dicapai untuk masa depan. Jelaskan pula perkiraan berapa lama kebutuhan tersebut dapat tercapai, dan perkiraan berapa biaya yang dibutuhkan. Karena jika perkiraan tersebut tidak dipikirkan, maka list kebutuhan tersebut sampai kapanpun hanya menjadi tulisan mimpi.

2. Hitung Kebutuhan Dananya

Berapapun banyaknya list yang dibuat, selalu tuliskan kebutuhan dananya. Misalnya sedang membutuhkan motor, membeli rumah, dan lainnya. Maka perkirakan harga motor dan harga rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan tulis nominalnya beserta asumsi adanya inflasi setiap tahun dll.

3. Menyusun Strategi Rencana Keuangan

Untuk mempermudah menuliskan list kebutuhan beserta perkiraan tahun dan harga dapat dilihat pada tabel berikut ini:

6 Langkah Merencanakan Tujuan Keuangan 3

Dari penjelasan tabel di atas, kita bisa memasukkan tujuan keuangan kita yang lain secara rinci agar lebih mudah direalisasikan dan dipertanggung jawabkan dimasa mendatang.

4. Pahami Produk Keuangan / Investasi

Sesuaikan dengan kemampuan kita. Kalau memang belum paham dengan produk keuangan jangan langsung ikut-ikutan. Tetapi belajar pelan-pelan dan pastikan produk keuangan tersebut sesuai dengan kepribadian kita. Kita yang senang dengan hal-hal yang menantang bisa menggunakan produk investasi dalam bentuk saham, dan jika kita lebih nyaman dengan hal-hal yang sedikit resikonya bisa menggunakan produk investasi seperti sukuk, deposito, reksadana, emas, ataupun properti. Dalam hal ini produk keungan yang dipakai adalah produk keuangan syariah ya.

5. Implementasi

Langkah ini tidak kalah penting karena merupakan tahap eksekusi apakah list yang dibuat akan menjadi pajangan dan mimpi semata, atau memang akan terlaksana secepatnya. Maka dari itu implementasi adalah hal yang penting dalam perencanaan tujuan keuangan.

6. Monitoring dan Evaluasi

Setelah 5 tahap tersebut sudah dilakukan, setiap satu bulan sekali atau setiap satu tahun sekali lakukan monitoring dan evaluasi pada setiap list tujuan keuangan yang dibuat. Agar kita bisa mengetahui strategi apa yang harus ditambah, dan dihilingkan.

Itu dia 6 langkah merencanakan tujuan keungan yang bisa diaplikasikan oleh siapapun, baik yang sudah menikah ataupun yang belum menikah. Semoga bermanfaat. Selamat merencanakan tujuan keungan dengan baik, benar, dan bertanggungjawab!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurul Hidayah