6 Langkah Perawatan Mobil yang Paling Sering Diabaikan

6 Langkah Perawatan Mobil yang Paling Sering Diabaikan

Kamu mungkin berpikir telah merawat mobilmu dengan baik, dan telah melakukan semua yang diperlukan ketika kamu membawanya berkendara. Tetapi ada beberapa langkah yang sering diabaikan, bahkan oleh mekanik terkemuka.

Langkah-langkah yang sederhana dan terabaikan ini dapat membantu menjaga mobilmu dalam kondisi yang baik untuk periode waktu yang lebih lama, dan menjaga kendaraanmu agar berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun yang akan datang.

1. Penggantian Filter Udara Kabin

6 Langkah Perawatan Mobil yang Paling Sering Diabaikan

Jika mobilmu mulai berbau busuk setiap kali kamu menyalakan AC atau pemanas, kemungkinan filter udara kabinmu perlu diganti. Sebagian besar mekanik akan memeriksa filter udara mesinmu, tetapi mereka kemungkinan tidak akan melihat filter udara kabin kecuali kamu memintanya. Filter udara kabin dapat tersumbat, atau jamur bahkan dapat menumpuk di filter. Biasanya perlu diganti setiap 50.000 kilometer.

2. Pembersihan Sistem Bahan Bakar

6 Langkah Perawatan Mobil yang Paling Sering Diabaikan

Banyak mekanik bahkan tidak menawarkan pembersihan sistem bahan bakar, tetapi ini merupakan langkah yang diabaikan yang dapat memperpanjang umur kendaraanmu secara serius.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Toyota Alphard dari generasi ke generasi

Puing-puing seperti kotoran, karbon, dan lumpur dapat menumpuk serta berjalan melalui sistem bahan bakarmu seiring berjalannya waktu. Karena jumlah puing-puing di mobilmu terus bertambah, mesin dapat kehilangan tenaga, dan menjadi lebih hemat bahan bakar.

Pembersihan sistem bahan bakar dapat terdiri dari penggantian saringan bahan bakar serta pembersihan sistem injeksi bahan bakar langsung. Namun, kamu juga dapat menggunakan aditif pembersih bahan bakar untuk membersihkan tangki bahan bakarmu sendiri. Kamu dapat menemukan produk ini di sebagian besar toko layanan otomotif.

3. Pembersihan Terminal Accu

6 Langkah Perawatan Mobil yang Paling Sering Diabaikan

Jika kamu mengalami masalah accui berkala atau masalah listrik, hal tersebut bisa terjadi pada terminal accu. Seiring berjalannya waktu, terminal accu akan menjadi kotor, dan mereka bahkan mungkin terkorosi jika accu lebih tua.

Pertimbangkan untuk mengeluarkan accu, membersihkan terminal accu dengan larutan baking soda. Biarkan keduanya mengering, dan ganti accu, pastikan kontak terminal yang tepat. Ini akan memastikan bahwa sistem kelistrikan mobilmu berfungsi dengan baik, dan accu bertahan lebih lama.

Baca juga  Hobi Otomotif yang Imagenya Turun

4. Pemeriksaan pada Mesin

6 Langkah Perawatan Mobil yang Paling Sering Diabaikan

Kamu harus memeriksa keadaan di mesin setiap tahun. Mereka dapat menstabilkan mesinmu atau bahkan gagal dari waktu ke waktu. Jika kamu mendengar suara yang berlebihan dan mengalami guncangan saat kamu sedang standby di mobilmu, ada kemungkinan motormu longgar atau rusak. Segeralah melakukan servis, untuk memastikan bahwa mesinmu tetap dalam kondisi baik dan tidak rusak karena kehilangan atau kegagalan pemasangan mesin.

5. Penggantian Lampu Utama yang Meredup

6 Langkah Perawatan Mobil yang Paling Sering Diabaikan

Lampu depanmu adalah fitur keselamatan paling penting pada saat kamu mengemudi di malam hari. Seiring berjalannya waktu, bola lampumu akan menjadi kurang cerah, terutama jika kamu menggunakan bola lampu non-LED yang lebih tua. Mungkin adalah ide yang baik untuk segera menggantinya jika kamu perhatikan bahwa lampu depan sudah tidak lagi memberimu cukup cahaya untuk mengemudi di malam hari.

Baca juga  10 Cara Tak Terduga untuk Memperpanjang Umur

Selain itu, selubung lampu utamamu bisa menjadi kekuningan dan keruh. Kamu dapat menggunakan lap dan pasta gigi untuk membersihkan kekaburan ini, yang akan meningkatkan kecemerlangan lampu depanmu.

6. Penggantian Cairan Power Steering

6 Langkah Perawatan Mobil yang Paling Sering Diabaikan

Cairan power steering biasanya diganti saat rutin. Namun, adalah ide yang baik untuk mengganti cairan power steering sepenuhnya setiap 2 atau 3 tahun, untuk memastikan bahwa sistem terus berfungsi dengan baik, dan kamu tidak kehilangan kendali atas kendaraanmu karena kerusakan yang serius.

Seperti yang kita semua tahu, yang tepat adalah terbaik untuk menjaga mobilmu dalam kondisi prima, dan memastikan bahwa itu berlangsung selama bertahun-tahun yang akan datang. Jadi jangan lupa tentang langkah pemeliharaan yang sering diabaikan ini.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rado