6 Macam Ide Konten Microblogging Pada Instagram Anda


6 Macam Ide Konten Microblogging Pada Instagram Anda 1

Sebagai salah satu pengguna media sosial, pastinya kalian menyukai salah satu jenis konten yang berkualitas. Dan salah satunya media sosial layaknya Instagram tidak hanya diramaikan oleh salah satu temuan baru mengenai jenis marketing melalui jasa influencer saja. Namun mereka juga disekitari oleh beberapa pengguna media sosial yang menyukai pembuatan konten microblog yang biasanya berisi sebuah tips atau trick nan inspiratif.

Sebenarnya Microblogging terkenal dengan cara yang lebih singkat dan mudah bagi seseorang untuk bisa memulai profesinya sebagai seorang blogger tanpa membuat disebuah platform menulis blog dengan karakteristik tulisan lebih panjang kali lebar. Microblogging menggunakan bantuan media sosial sebagai alat mereka membuat sebuah konten menarik sesuai dengan target bahan diskusi yang mereka acukan.

Lantaran itu banyak sekali para microblogger yang membuat konten mereka itu hanya pada akun Instagram mereka. Salah satu ciri khasnya sendiri adalah meliputi beberapa slide yang memiliki isi sesuai dengan macam pembahasan yang disebutkan pada slide pertamanya atau disebut caraousel. Foto atau video yang memuat beragam informasi yang akan ditujukan.

Setelah kita mengetahui mengenai apa itu microbloging, sebaiknya kita sekarang membahas mengenai apa saja ide konten mengenai microbloging ini sendiri. Yang bisa menghadirkan banyak macam engagament dari audiens anda. Beberapa diantaranya adalah dibawah ini, 

Konten persuasif atau mengajak

centre direct hand like a persuasive symbol
centre direct hand like a persuasive symbol

Kebanyakan dari kita menyimpulkan konten berbau persuasif adalah untuk kekuatan branding produk agar banyak yang membelinya. Dan sekiranya jenis konten ini memang banyak beredar di semacam akun Ig official store sebuah produk tertentu yang menarik para pembeli melalui konten mereka.

Namun ada halnya lainnya dari jenis konten persuasif untuk contoh microblogging anda. Menjadi seorang microblogging sendiri memiliki banyak keuntungan dari jenis macam kreatifitas apa yang akan kalian sajikan dalam feed anda. Sebagai salah satu ide konsep jenis konten apa yang bisa anda buat adalah mengenai konten bersifat persuasif.

Ide konten ini sendiri yang paling umum dapat anda temui dari beberapa microblogger yang akan mengajak kalian untuk melakukan hal yang berguna sesuai dengan macam ajakan yang sedang mereka jadikan isi dari konten slide mereka. Misalkan saja sekarang adalah hari bumi jatuh pada tanggal 22 April dan disaat itu kalian mencoba membuat ide konten mengenai bagaimana keadaan bumi kita yang sedang dalam keadaan membutuhkan emisi energi yang tidak dapat diperbarui untuk dipakai dengan adil. Dan mengajak para audiens anda untuk melakukan ‘gerakan bagi waktu penggunaan alat media elektronik’ khusus di hari itu. Atau banyak lainnya yang bisa anda lakukan. Sesuai dengan jenis ajakan apa yang ingin anda buat dan memiliki hubungan untuk kebaikan disekitar anda.  

Konten bagi pengetahuan umum

magazine tunnel like a knowledge that could be simplified 
magazine tunnel like a knowledge that could be simplified 

Selain ada konten bersifat persuasif. Konten lainnya adalah mengenai merayakan pengetahuan umum. Jadi sebagai seorang microblogger kalian pastinya akan lebih menghargai jika jenis konten anda bisa bermanfaat bagi banyak audiens anda. Dan jenis konten ‘acknowledging’ seperti ini biasa dijadikan salah satu opsi bagi banyak microblogger yang menyukai jenis konten yang sudah bisa ditebak trending di masyarakat luas.

Sedangkan kebanyakan konten jenis bagi pengetahuan umum ini sudah biasa dipakai oleh kebanyakan jenis akun Ig bersifat official yang sudah menentu jenis layanan atau produk apa tersebut. Misalkan saja akun Ig yang adalah komunitas rekrut freelancer, pastinya mereka akan membuat sebuah feed yang mendasari dan semua yang berbau ilmu akan dunia seputar pekerjaan digital atau mengenai bagi ilmu online job.

Selain itu, konten bagi pengetahuan umum pada dasarnya memiliki banyak pemikat bagi banyak para audiences yang khususnya juga memiliki based sesuai dengan jenis ilmu pengetahuan yang sejenis dengan profil mereka. Maka dari itu carilah jenis konten bagi pengetahuan umum yang mudah di aplikasikan di banyak macam netizen yang membutuhkan.

Konten mengenai time-sensitive

a news site in a laptop 
a news site in a laptop 

Dilansir dari salah satu laman mengenai microblogging, konten mengenai time senitive ini adalah salah satu dari kebanyakan alasan mengapa seorang microbolgger membuat jenis feed ini secepat mungkin. Ini dikarenakan konten berbau time-sensitive ini adalah salah satu jenis konten mengenai update berita terkini yang biasa anda inginkan untuk dikembangkan kembali informasinya sehingga semuanya bisa lebih mengerti mengenai kabar tersebut.

Time-sensitive ini contohnya berkaitan erat dengan keadaan yang terjadi di sekitar kita, seperti halnya sebuah konten berisi berita. Misalkan saja mengenai semua jenis konten informasi mengenai covid-19. Sebuah penyakit  yang berasal dari Wuhan, Chinna dan beredar di seluruh penjuru dunia dan membuat keadaan seluruh negara menjadi pandemi. Atau mungkin saja mengenai salah satu kabar terbaru mengenai isu sosial yang akhir-akhir ini sudah beredar. Seperti kabar mengenai RIP UU cipta kerja dan masih banyak lainnya. 

Salah satu keunggulan mengenai ide konten ini adalah karena ini menyangkut berita yang sudah viral dan terbukti fakta dan aktual, maka jenis konten anda bisa mencuat banyak sekali audiens yang juga sama menyukai dan tertarik dengan berita sejenis yang anda buat sebagai sebuah konten feed pada akun medsos Instagram.

Konten berisi curhat atau bagi pengalaman

sometimes stories is need like type on typewriter 
sometimes stories is need like type on typewriter 

Selanjutnya dan merupakan salah satu jenis ide konten microblogging yang sangat tidak menguras waktu banyak untuk proses pembuatannya adalah sejenis konten curhat atau bagi pengalaman. Mengenai jenis konten ini sendiri, mungkin akan disukai oleh beberapa target audiences tertentu karena ternyata penyampaian dan isi dari konten ini yang terbilang simple namun juga menarik untuk dibaca. 

Sebenarnya yang bisa kita lakukan dengan konten yang berisi curhatan adalah dengan membangun cerita penuh makna dan juga menginspirasi banyak audience dari bagaimana pengalaman yang akan kita bagikan. Sedangkan curhat sendiri akan lebih diterima oleh audiences kalau ternyata memiliki persamaan nasib ataupun juga senasib istilahnya.

Ketika kita membayangkan sebuah konten berbau curhatan, pastinya yang anda tanyakan adalah bagaimana kalian bisa menjadikan itu sebagai sarana mengumpulkan banyak koresponden yang juga dapat berbagi dengan apa kisah yang anda sudah pilih untuk dijadikan feed.

Contoh besar dari adanya konten microbolgging curhatan adalah akun Ig rahasia gadis. Dimana si pemiliknya sendiri juga mengutamakan banyaknya figur followers yang bisa diajak untuk berbagi bersama untuk segala macam konten. Salah satunya adalah konten yang disebut sebagai kampanye body shaming,  dan banyak lainnya. 

Konten untuk memotivasi

the crowd and quote about motivation
the crowd and quote about motivation

Jika kalian berpikir kalau sebuah konten feed microblogging adalah dikerjakan dengan maksud untuk memotivasi seseorang itu memang benar adanya. Motivasi menjadi salah satu alasan utama mengapa seseorang microblogger membuat konten yang menarik. Dan mereka juga membuat sesuatu hal konten yang ingin memotivasi banyak orang.

Dibalik kebanyakan semua microblogger yang ingin memotivasi banyak audiencesnya, memang jenis konten ini adalah segala motiv atau dasar kenapa banyak mircoblogger membuat sebuah feed. Seperti halnya jika anda ingin memulai menjadi seorang microblogger, motivasi bisa menjadi arah dari macam konten anda.

Contoh Kontennya sendiri beragam. Misalkan saja anda ingin membuat konten mengenai bagaimana kepedulian kebersihan kota di Negara Jepang misalkan, kalian bisa membuat penjelasan mengenai bagaimana kebersihan di sana terjaga. Sebagai contoh konten motivasi yang berdasarkan objek. Ada hal lainnnya yang berdasarkan subjek, misalkan mengenai konten tentang bagaimana seorang menghadapi mental disorder yang menyerang seseorang. Di tiap jenis setiap konten yang memotivasi tidak mengenal apa saja bahan pembahasan yang bisa diambil sebagai ide konten anda.

Konten menambah ide kreativitas

a creativity worker 
a creativity worker 

Sedangkan jenis dari konten satu ini memiliki banyak banget bidangnya dan nggak pernah mati di kalangan peseni atau pelaku art. Karena seni itu juga nggak meredup mengenai kreativitasnya itu, jadi ada beberapa microbogger yang memaparkan berbagai terobosan dalam menambah ide kreativitas. Dibalik seni dari microblogging itu sendiri yang sebenarnya selalu memiliki nilai seni dibalik dari jenis feed mereka yang mengandalkan ilustrasi dan juga ciri khas dalam sebuah karya microblogging mereka.

Konten ini biasa hanya digunakan bagi para microblogger yang menjadikan akun Ig mereka sebagai sebuah portfolio dari jenis seni yang memang mereka jalani. Layaknya bagi para kebanyakan para pekerja dibidang digital creator dan masih banyak lagi. Karena ide kreativitas itu biasa ditemukan di kebanyakan seluruh jenis microblogging berbau seni illustration drawing, music, author atau masih banyak lainnya lagi.

Contoh dari konten microblogging yang mengandalkan konten yang menambah ide kreatifitas seperti halnya akun Ig yang berupa trend forecaster dimana mereka menambahkan perkembangan jenis seni dari masa ke masa dimana bisa menjadi panutan jika anda ingin membuat sebuah karya. Atau kalian bisa sendiri memulai dengan membuat konten yang berisi ide dari kreativitas untuk menginspirasi. Membuat sebuah katalog ide packaging misalnya. Dan masih banyak lainnya yang menyangkut macam seni yang bermacam.

Ternyata jenis dari ide konten microblogging itu banyak yah. Untuk kalian yang ingin memulai menjadi microblogging, bisa memilih salah satu dari jenis ide konten apa yang akan anda buat. Dan jangan terlalu mengurung diri kalian dari segala macam ide fresh yang bisa membuat anda menjadi seorang microblogging yang terkenal. Mau microblogging suka-suka tapi masih tetep punya fungsi sesuai jenis konten itu juga nggak apa-apa kok. Yang penting jangan lupa untuk selalu inspiratif ya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Anargya Andini

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap