6 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

6 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

dikenal sebagai makanan yang dapat menimbulkan bau tidak sedap. Meski begitu, banyak orang tetap menggemari hidangan berbahan berkat kelegitan rasanya.

Sumber: kompas
Sumber: kompas

Pohon merupakan tumbuhan asli dari Asia Tenggara dengan nama ilmiah Archidendron pauciflorum. Pohon dapat tumbuh hingga lebih dari 20 meter dan menghasilkan biji berbentuk pipih dan bertekstur kaku saat mentah. Setelah dimasak, akan menjadi lebih empuk.

Rasa legit yang membuat disukai banyak orang berasal dari kandungan protein yang cukup tinggi. Selain protein, ternyata kaya akan berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti serat, vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi dan fosfor.

Kandungan nutrisi dalam membawa beberapa manfaat bagi kesehatan, antara lain:

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas ialah sebutan untuk atom tidak stabil dan berusaha memenuhi jumlah elektron pada lapisan luarnya, sehingga atom ini bereaksi cepat dengan senyawa lain. Banyaknya radikal bebas dapat menimbulkan kerusakan sel, menyebabkan penyakit dan proses penuaan.

Baca juga  Tahukah Kamu, Jengkol Bisa Menyebabkan Keracunan

kaya akan vitamin C dan vitamin B yang mana berperan sebagai antioksidan. Sehingga konsumsi akan membantu menangkal dampak dari radikal bebas, termasuk mencegah kanker.

Di samping itu, antioksidan juga berperan meningkatkan kesehatan peredaran darah dan jantung, serta menghilangkan zat beracun dalam tubuh.

Sumber Protein

dapat menjadi sumber protein yang baik. Menurut informasi nutrisi dari Nilai Gizi, dalam 100 gr mengandung 5,4 gr protein, atau mencakup 9% AKG.

Protein merupakan nutrisi yang sangat esensial bagi tubuh. Protein digunakan sebagai salah satu komponen penyusun sel dan jaringan. Sehingga penting konsumsi protein yang mencukupi berperan penting dalam proses pemulihan dan perbaikan kerusakan jaringan.

Baca juga  Tahukah Kamu, Jengkol Bisa Menyebabkan Keracunan

Protein juga digunakan sebagai bahan enzim, yang mana berperan penting dalam melangsungkan berbagai proses normal tubuh.

Sumber Karbohidrat dan Serat

Jengkol memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, yaitu 40,7 gr per 100 gr jengkol. Karbohidrat akan dipecah menjadi monosakarida oleh sistem pencernaan, dan dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk beraktivitas.

Kandungan karbohidrat dalam jengkol meliputi sejumlah serat. Dalam sistem pencernaan kita, serat tidak dapat dicerna, namun berfungsi untuk kesehatan flora baik di dalam usus sehingga membantu memperlancar proses pencernaan makanan.

Mengkonsumsi makanan berserat akan membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Bukan hanya itu, serat juga dikenal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca juga  Tahukah Kamu, Jengkol Bisa Menyebabkan Keracunan

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Biji jengkol memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium merupakan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tidak hanya kalsium, jengkol juga kaya kandungan fosfor. Kandungan kalsium dan fosfor berperan dalam mencegah hilangnya massa tulang sehingga menurunkan risiko osteoporosis.

Mencegah Anemia

Kurangnya asupan zat besi dapat mengarah pada produksi sel darah merah yang rendah dan menyebabkan kondisi anemia defisiensi zat besi. Anemia menimbulkan gejala seperti mudah lelah dan letih akibat jumlah sel darah yang sedikit menyebabkan berkurangnya suplai oksigen dan nutrisi.

Konsumsi jengkol dapat meningkatkan asupan zat besi bagi tubuh sehingga mencegah terjadinya anemia.

Digunakan sebagai Obat Tradisional

Biji jengkol memiliki kemampuan untuk membersihkan darah. Di beberapa negara Asia tenggara, jengkol digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu membersihkan darah dan mengobati disentri.

Di Malaysia, daun jengkol digunakan sebagai obat untuk masalah kulit dan digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi sakit dada.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Laila NF