6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan & Kecantikan

kunyit putih

yang juga dikenal dengan nama Temu Rapet atau Temu Putri meskipun bentuknya seperti merah, kuning, dan hitam, namun tidak termasuk dalam curcuma, sebagaimana ketiga yang lain. Hal ini disebabkan karena warna dagingnya yang putih.

yang hidup liar ini, sejak dahulu sudah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita untuk perawatan dan sebagai bahan obat-obatan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Hal tersebut disebabkan karena memiliki kandungan farmakologi untuk pengobatan diantaranya adalah: minyak atsiri, Ribozom Inacting Protein (RIP), Curcumin, Zat Anti Lipid Peroksida, Flavonoid Saponin, serta Antioksidan.

Baca juga  6 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Merawat Kecantikan Serta Cara Pengolahannya

kunyit putih

Inilah beberapa manfaat dari untuk kesehatan dan .

1. Anti Radang

Kandungan zat anti bakteri yang terdapat pada membuatnya bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan infeksi, serta sebagai zat anti radang sehingga kulit terbebas dari kapalan maupun bekas luka.

2. Mencegah Kanker

Ribozom Inacting Protein yang terkandung pada memiliki kemampuan untuk mencegah dan menonaktifkan sel-sel kanker dengan tanpa merusak sel-sel sehat yang ada di sekitarnya. Itu sebabnya efektif untuk mencegah penyakit kanker utamanya kanker serfiks.

Baca juga  Kunyit, Rempah Dapur yang Dapat Membantu Meringankan Nyeri Haid

3. Obat Asam Urat dan Darah Tinggi 

Penyakit asam urat dan darah tinggi, bahkan diabetes dan jantung koroner dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi secara rutin, karena ini memiliki kandungan zat Anti Lipid Peroksida.

6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan & Kecantikan

4. Meningkatkan Stamina

Sumber utama dari berbagai macam penyakit adalah kondisi stamina yang loyo, untuk itu mempertahankan stamina tubuh agar tetap fit perlu dilakukan. Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi yang memiliki kandungan Flavonoid Saponin yang bermanfaat sebagai immunomodulator atau menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

5. Melembabkan Kulit 

Kandungan antiseptik dan antioksidan yang terdapat pada membuatnya dapat menutrisi kulit yang kering sehingga bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan kelembaban serta elastisitas kulit.

Baca juga  Manfaat tanaman herbal kunyit untuk kesehatan

6. Obat Awet Muda

Dengan kandungan antioksidan itu pula, sel-sel akan terjaga dari racun yang dapat merusak serta menyusun kembali sel-sel yang telah rusak, sehingga organ-organ tubuh akan selalu teremajakan, dan membuat tubuh awet muda.

Selain manfaat sebagaimana tersebut di atas, juga dapat menyembuhkan luka bakar, obat sakit maag, penambah nafsu makan, obat masuk angin, serta mengobati berbagai macam penyakit lainnya. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan