6 Manfaat Makan Cabe Bagi Kesehatan


6 Manfaat Makan Cabe Bagi Kesehatan 1

Apakah Anda adalah penyuka masakan dengan citarasa pedas? Jika ditotalkan, berapa banyak cabe yang bisa Anda makan setiap harinya?

Ternyata di balik penampilannya yang cukup kecil, cabe memiliki sangat banyak kandungan nutrisi serta manfaat.

Jika melihat dari jenisnya, cabe sebenarnya masih satu famili dengan tomat dan paprika. Spesies ini dikenal sebagai Capsicum annuum.

Walaupun memiliki ukuran yang kecil, cabe memiliki berbagai kandungan mineral dan vitamin yang berguna bagi tubuh, seperti Vitamin B6 untuk metabolisme, Vitamin C untuk Antioksidan, Vitamin K6 untuk kesehatan tulang dan ginjal, Potassium untuk mengurangi resiko serangan jantung, hingga karoten yang dapat diolah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Setelah anda mengetahui berbagai kandungan nutrisi di dalam cabe yang begitu banyak, kali ini kita akan memberikan sedikit manfaat dari cabe yang perlu anda ketahui.

Silahkan simak artikel berikut hingga selesai.

1. Penghilang rasa sakit

Manfaat pertama yang didapatkan ketika anda rutin mengonsumsi cabe adalah mampu menghilangkan rasa sakit yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan cabe dapat merangsang peleasan endorfin secara alami di dalam tubuh.

Endorfin sendiri merupakan salah satu senyawa kimia yang berfungsi untuk memberikan rasa tenang bagi seseorang serta membantu sistem imun tubuh.

Pelepasan endorfin ketika mengonsumsi cabe sendiri dapat terjadi akibat adanya zat Capsaicin di dalam cabe yang bekerja sama dengan reseptor rasa sakit tubuh.

2. Penurun berat badan

Penurun berat badan
Penurun berat badan

Manfaat berikutnya dari cabe adalah mampu menurunkan berat badan. Zat Capsaicin yang ada di dalam cabe dipercaya mampu mengurangi asupan kalori dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian, 10 gram cabe merah mampu meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh pada perempuan dan laki-laki.

3. Detoksifikasi

Manfaat berikutnya dari cabe adalah mampu membantu detoksifikasi gastrointestinal ketika mencerna makanan, serta membuang zat-zat yang tidak dapat diolah kembai oleh tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi cabe secara rutin mampu meningkatkan pasokan nutrisi ke dalam jaringan tubuh.

4. Mencegah bisul pada lambung

Kebanyakan orang di Indonesia berasumsi bahwa, jika memakan cabe dapat menimbulkan bisul pada lambung. Akan tetapi ternyata cabe dapat membantu membunuh bakteri yang kemungkinan tertelan oleh Anda dan memberikan stimulasi sel-sel yang melapisi lambung untuk mengeluarkan zat-zat yang melindungi lambung.

5. Mencegah penyakit jantung

Mencegah penyakit jantung
Mencegah penyakit jantung

Manfaat berikutnya dari cabe adalah dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan vitamin B6 dan asam folat yang terdapat pada cabe, serta potassium dan beta karoten, Anda dapat terhindar dari serangan jantung.

Vitamin B juga dapat dapat mengurangi level homocysteine; tingginya level homocysteine dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

6. Mencegah risiko kanker usus besar

Vitamin C sangat berpenagruh dalam peningkatan imun tubuh. Cartonoid lycopene, beta karoten dan asam folat pada cabe merah mampu mengurangi risiko kanker usus besar. Asam folat sangat berguna untuk metabolisme tubuh yang sehat.

Itulah manfaat yang anda dapatkan ketika rutin mengonsumsi cabe. Semoga bermanfaat


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Thomy

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap