6 Olahraga Simpel yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

6 Olahraga Simpel yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah 1

Jangan beralasan kamu tidak punya waktu untuk berolahraga. Olahraga ringan dapat kamu lakukan di rumah di sela-sela aktivitas harian kamu, seperti saat baru bangun tidur, di sela-sela kegiatan belajar atau bekerja kamu, ataupun saat kamu hendak tidur. Dengan berolahraga secara rutin, imun hingga produktivitas kamu dalam melakukan aktivitas harian akan terjaga.

Berikut ini merupakan beberapa kegiatan olahraga yang dapat kamu lakukan di rumah, baik kamu lakukan secara mandiri ataupun dengan bantuan panduan dari video di youtube atau tutor olahraga kamu.

1. Yoga

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Selain meregangkan otot, persendian, dan manfaat-manfaat lain untuk kekuatan tubuh kamu, gerakan-gerakan yoga juga dipercaya dapat membantu kamu meredakan stress hingga meredakan kecemasan yang mungkin sedang kamu alami.

Dengan melakukan yoga secara rutin, dapat membantu menjaga pikiran kamu tetap fokus dan positif, serta tubuh kamu pun juga akan terasa lebih nyaman. Ada banyak video panduan gerakan yoga di youtube. Kamu dapat melakukannya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh kamu, ya.

2. Naik Turun Tangga

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Jika di rumah kamu ada tangga, kamu dapat memanfaatkannya sebagai tempat kamu berolahraga. Meskipun gerakannya sangat sederhana, yaitu hanya naik turun tangga, tapi jika gerakannya dilakukan secara maksimal dan rutin dapat melatih kekuatan otot kaki kamu, loh. Sebelum melakukan olahraga ini, jangan lupa lakukan stretching (peregangan otot) dulu, ya.

3. Sit Up

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Saat kamu berbaring hendak tidur, kamu dapat melakukan gerakan olahraga ini sebentar. Cara melakukannya pun sangat sederhana. Kamu hanya perlu berbaring di tempat yang datar, letakkan tangan di belakang kepala, kemudian angkat badan kamu dalam posisi duduk dan kaki masih tetap lurus. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali. Jika dilakukan secara rutin, gerakan sit up ini dapat melatih dan menjaga kekuatan otot perut kamu.

4. Push Up

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Kegiatan olahraga selanjutnya yang dapat kamu lakukan di rumah adalah push up. Fungsi utama gerakan push up ini adalah untuk menjaga kekuatan dan ketahanan tubuh bagian atas. Gerakan olahraga ini sangat sederhana dan dapat dilakukan tanpa bantuan alat-alat lain. Ada beragam gerakan push up yang dapat kamu praktikkan. Kamu dapat mencari referensinya di youtube, ya.

5. Jalan-Jalan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Saat kamu banyak melakukan aktivitas sembari duduk, ada baiknya kamu beristirahat sebentar untuk meregangkan otot-otot kamu. Cara yang paling mudah adalah kamu dapat berjalan-jalan di dalam rumah, dari ruang tamu ke dapur, lalu kembali lagi. Bergerak secara berkala bagi kamu yang banyak melakukan aktivitas sembari duduk akan sangat bermanfaat untuk kondisi tubuh kamu agar tidak mudah capek dan pegal-pegal.

6. Olahraga Kardio

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Jika kamu membutuhkan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat agar tubuh kamu terasa lebih ringan, olahraga kardio dapat menjadi pilihan. Jika kamu melakukan gerakan-gerakan kardio secara maksimal, lemak-lemak dalam tubuh kamu dapat terbakar. Olahraga kardio ini dapat kamu lakukan dengan treadmill, bersepeda statis, hingga skipping.

Hasil dari olahraga yang kamu lakukan memang tidak dapat langsung terlihat. Namun, kamu tetap perlu berolahraga secara rutin agar kesehatan, kekuatan, dan ketahanan tubuh kamu terjaga yang akan menunjang produktivitas harian kamu. Yang perlu diingat, agar dijauhkan dari cedera, sebelum berolahraga jangan lupa stretching dulu, ya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh