6 Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak


6 Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak 1

Tak disangka, tanpa disadari sebelumnya, ternyata beberapa permainan yang biasa dimainkan oleh anak-anak, mampu memberikan manfaat bagi kecerdasan otak  mereka.  

Misalnya saja, jika anak-anak suka bermain sebagai dokter, mereka mungkin menunjukkan lebih banyak empati terhadap anak-anak lain. Sebagaimana dilansir dari Brightside, berikut ini ulasan tentang beberapa permainan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak-anak.

1. Permainan Dokter dan Pasien

6 Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak 3

Permainan sebagai dokter dan pasien bisa menjadi alat yang hebat untuk perkembangan otak serta perkembangan sosial dan kognitif. Permainan ini membantu keterampilan sosial dan bahasa anak, meningkatkan imajinasi mereka, dan memperluas pengetahuan anak untuk mengenal dunia. Permainan berpura-pura menjadi dokter adalah salah satu dari banyak permainan peran yang dapat dimainkan anak-anak, dan permainan ini membuat mereka lebih berempati ketika mereka lebih besar nanti.

Manfaat lain dari permainan berpura-pura menjadi dokter ini adalah:

  • Membangun kreativitas dan imajinasi
  • Memunculkan empati
  • Meningkatkan kemampuan berpikir
  • Membantu meningkatkan keterampilan sosial
  • Menciptakan kesehatan mental yang baik
  • Membangun keterampilan bahasa dan komunikasi

2. Bermain Make-Up

6 Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak 4

Bermain dengan riasan atau make up terbukti sangat penting untuk harga diri anak bertahun-tahun kemudian. Bermain dengan riasan dapat menumbuhkan kepercayaan diri pada anak-anak, karena mereka akan merasa dilibatkan dalam apa yang Anda lakukan, yaitu bersenang-senang dalam suatu aktivitas dengan orang favoritnya, mendapatkan banyak perhatian, dan mendapatkan pujian atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik.

3. Jigsaw Puzzle

6 Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak 5

Teka-teki jigsaw adalah salah satu permainan terbaik untuk anak-anak. Permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi aktivitasnya juga dapat sangat mempengaruhi kemampuan kognitif. Jigsaw puzzle juga mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit mental, seperti kehilangan ingatan, Demensia, atau penyakit Alzheimer.

4. Catur

6 Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak 6

Catur adalah permainan anak-anak yang sangat bermanfaat. Tentu saja hal ini membutuhkan banyak strategi, pemecahan masalah, dan pemikiran kritis. Tetapi menurut penelitian, permainan ini juga dapat membantu anak-anak dalam memproses informasi lebih cepat di dalam otaknya.

5. Bermain Kapal Peran

6 Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak 7

Bermain kapal perang membutuhkan banyak nalar, pemikiran kritis, dan logika. Anak-anak harus membuat banyak pilihan, mencari tahu di mana harus menembak, melacak bidikan lawan, dan membuat keputusan di mana harus menempatkan bidikan berikutnya. Semua manfaat inilah yang mendasari mengapa permainan kapal perang ini sangat bagus untuk anak-anak.

6. Scrabble/ Menyusun Kata

6 Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak 8

Scrabble memperkaya kosakata anak-anak dan meningkatkan daya ingat. Menurut penelitian, mereka yang bermain Scrabble banyak menggunakan bagian-bagian dalam otaknya dengan intensitas yang lebih tinggi saat membuat keputusan leksikal dibandingkan mereka yang tidak memainkannya.

Apkah anak-anda Anda menyukai salah satu permainan di atas sebagai permainan favorit mereka?


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Dewi Mariya Ulfah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap