6 Rekomendasi Serial Lagu Vocaloid yang Tidak Kalah dari Musik Pop Modern

6 Rekomendasi Serial Lagu Vocaloid yang Tidak Kalah dari Musik Pop Modern 1

Apa itu Vocaloid? Vocaloid (ボーカロイド) adalah perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diinginkan. Suara nyanyian diambil dari “pustaka suara” yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya.

Salah satu karakter Vocaloid, Hatsune Miku, begitu terkenal di dunia otaku sehingga orang yang tidak pernah mendengar Vocaloid pun setidaknya mengenal design 2D-nya yang ikonik. 

6 Rekomendasi Serial Lagu Vocaloid yang Tidak Kalah dari Musik Pop Modern 3

Dengan perangkat suara yang imut dan karakter 2D yang memikat hati para otaku, serial Vocaloid menjadi semakin populer, apalagi karena lagunya dikemas dengan Music Video yang top-notch  dan dilengkapi dengan jalan cerita yang seru.

Berikut adalah 6 rekomendasi seri lagu Vocaloid terbaik yang wajib kamu dengarkan.

1. Night ∞ Series

6 Rekomendasi Serial Lagu Vocaloid yang Tidak Kalah dari Musik Pop Modern 4

Seri yang diciptakan oleh Hitoshizuku-PxYama dan diilustrasikan oleh Suzunosuke ini terdiri dari 4 lagu, antara lain: “Bad ∞ End ∞ Night”, “Crazy ∞ nighT”, “Twilight ∞ nighT”, and “EveR ∞ LastinG ∞ NighT”.

Berkisah tentang Gadis Desa yang menemukan mansion misterius, keempat lagu ini ditulis dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Seri ini begitu populer sehingga mendapat adaptasi light novel dan Manga.

2. Evillious Chronicle

6 Rekomendasi Serial Lagu Vocaloid yang Tidak Kalah dari Musik Pop Modern 5

Evillious Chronicle ciptaan produser Akuno-P/mothy ini adalah seri dark fantasy yang berfokus pada “wadah” dosa, 7 objek yang didiami para iblis untuk menyebarkan kesengsaraan, dan berbagai karakternya yang terlibat dari masa ke masa.

Meskipun mothy memulai serial ini dengan merilis lagu-lagu dengan video sederhana seperti “Wordplay” dan “The Daughter of Evil”, karena popularitas dan anggarannya meningkat, dia menghasilkan PV yang lebih bervariasi dengan kualitas yang jauh lebih tinggi dan menggunakan lebih banyak Vocaloid. “Wordplay”, lagu Evillious pertamanya yang diketahui, dirilis pada Maret 2008. Selain lagu, mothy telah menyampaikan narasi Evillious Chronicles melalui novel ringan, buku data, cerita pendek, manga, puisi, wawancara, dan twitter.

Lagunya yang paling populer,  “Daughter of Evil”, mendapat adaptasi pertunjukan theater dan sudah sering ditampilkan di konser Vocaloid.

3. Kagerou Days

6 Rekomendasi Serial Lagu Vocaloid yang Tidak Kalah dari Musik Pop Modern 6

Kagerou Days, atau yang bisa dikenal dengan Kagerou Project, adalah serangkaian lagu Vocaloid oleh produser Jin (Shizen no teki-P), dengan desain karakter oleh artis Sidu dan Wannyanpuu. Setiap lagu dalam serial ini terhubung satu sama lain untuk menceritakan kisah yang berpusat pada sekelompok orang dengan kemampuan khusus yang lahir dari mata mereka.

Ada juga seri novel yang ditulis oleh produsernya sendiri, dilengkapi dengan lagu dan informasi yang dirilis oleh Jin untuk menceritakan plot kompleks di balik sebuah kota yang tampaknya menyembunyikan lebih daripada kelihatannya.

Pada tahun 2014, seri ini mendapat adaptasi anime berjudul Mekakucity Actor, diproduksi oleh Studio SHAFT.

4. Bookmark of Demise

6 Rekomendasi Serial Lagu Vocaloid yang Tidak Kalah dari Musik Pop Modern 7

Shuuen no Shiori Project (Bookmark of Demise) adalah seri lagu oleh produser Vocaloid 150-P dan Suzumu, dengan desain karakter oleh Saine. Illustrasi PV digambar oleh Komine, Kara dan Wannyanpu. Semua lagu dalam seri ini terhubung, membentuk cerita tentang sekelompok empat siswa sekolah yang memainkan permainan mematikan.

Seri ini mendapat adaptasi novel yang pertama diterbitkan pada tahun 2013 dan memiliki adaptasi Manga yang diilustrasikan oleh Yuki Amino.

5. Synchronicity

6 Rekomendasi Serial Lagu Vocaloid yang Tidak Kalah dari Musik Pop Modern 8

Dari pembuat yang sama dengan Night ∞ Series diatas, Synchronicity adalah serial lagu yang bercerita tentang saudara kembar yang terpisah beberapa saat setelah mereka lahir. Hal ini dikarenakan salah satu dari mereka (Rin) telah dipilih menjadi Diva, dan takdirnya adalah untuk menyanyi selamanya agar Naga Kuno terus tertidur. Saat saudara laki-laki Rin (Len) sudah cukup dewasa, dia mulai mencari saudarinya demi membebaskan takdirnya sebagai Diva.

Seri ini terdiri dari 3 lagu, antara lain: “The Sky Where I Look for You”, “Paradise of Light and Shadow”, dan “Requiem of the Endless World”.

6. Parties Are For Losers

6 Rekomendasi Serial Lagu Vocaloid yang Tidak Kalah dari Musik Pop Modern 9

Parties Are For Losers (atau bisa disingkat PAFL) adalah seri VOCALOID berbahasa Inggris yang dibuat oleh Ferry, dimana dia juga bertanggung jawab untuk membuat ilustrasi dan videonya. Lagu pertama (yang menjadi judul serial tersebut) Party Are For Losers, dirilis pada Januari 2019, dengan dua lagu lagi dalam serial tersebut dirilis pada bulan-bulan berikutnya. Ferry juga memberikan banyak pengetahuan dibalik seri dan informasi latar belakang karakter di blog tumblrnya.

Lagu pertama memperkenalkan sekelompok remaja bermasalah yang tinggal di kota: Yura, temannya Sanya, kakak laki-lakinya Sergei, dan Katya (atau KT) seorang gadis muda yang diduga melarikan diri dari rumah dan bertemu Yura dan Sanya di pesta suatu malam. Yura dan Sanya dengan cepat menjadi dekat dengan KT selama dua minggu ke depan, tapi persahabatan mereka terputus ketika terungkap bahwa dia adalah mutan yang melarikan diri…


Semua seri Vocaloid yang disebut diatas bisa ditemukan di Youtube. Sudah banyak juga penggemar yang membuatkan subtitle agar penggemar lain bisa memahami jalan ceritanya.

Jika sudah terlanjur suka, jangan lupa mengecek lagu Vocaloid lainnya juga karena meski kepopulerannya sudah memudar, masih banyak lagu Vocaloid bagus yang tidak akan kalah dari musik pop modern!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lyra