6 Tempat Liburan di Jakarta yang Menarik untuk Dijelajahi

6 Tempat Liburan di Jakarta yang Menarik untuk Dijelajahi

Sebagai ibukota Republik Indonesia, tidak hanya menjadi pusat pemerintahan, tidak pula hanya menjadi pusat perekonomian, bisnis dan keuangan, tapi menjadi pusat dari hampir semua bidang yang memberi denyut kehidupan bagi masyarakat Indonesia. Di sini segala sesuatu tersedia. pun hadir dengan berbagai macam jenis dan corak, seiring dengan beragamnya kebutuhan masyarakat metropolitan ini yang populasinya lebih dari 9 juta jiwa.

Dengan banyaknya jenis dan corak dari tempat berlibur tersebut, membuat siapapun tinggal memilih, tempat liburan mana yang sesuai dengan selera dan keinginan. Berikut beberapa yang menarik untuk dijelajahi dan dinikmati:

Taman Impian Jaya Ancol

6 Tempat Liburan di Jakarta yang Menarik untuk Dijelajahi

Inilah taman rekreasi terbesar dan terpopuler di . Area wisata terintegrasi yang menempati lahan seluas 552 hektar ini dipenuhi dengan berbagai macam fasilitas hiburan dengan standar internasional. Terdapat 5 jenis hiburan utama yang disediakan di sini dengan harga mulai dari yang termurah sampai yang termahal. Kelima jenis hiburan utama tersebut adalah Dufan (Dunia Fantasi), Ocean Dream Samudra, Ocean Ecopark, Atlantis Water Adventure, serta Taman Impian dan Pasar Seni.

Disetiap jenis hiburan utama tersebut, terdapat berbagai wahana yang siap menghibur para pengunjung dengan daya tariknya tersendiri. Di Atlantis Water Adventure misalnya, dapat dijumpai 13 jenis permainan, 6 macam tantangan, 8 kolam utama, dan Crazy Highest Longest Slide, yakni tabung seluncur yang masing-masing berketinggian 18,6 meter dan 22,84 meter serta memiliki panjang 122 meter dan 149 meter. Begitu juga dengan hiburan utama yang lain, masing-masing memiliki wahana yang beragam dan siap memanjakan setiap pengunjung.

Baca juga  Liburan Menyenangkan di Berbagai Tempat Rekreasi di Jakarta Timur

Kebun Binatang Ragunan

6 Tempat Liburan di Jakarta yang Menarik untuk Dijelajahi

Kebun binatang yang menempati areal seluas 147 hektar ini sudah berdiri sejak tahun 1864. Dengan koleksi satwa sebanyak 2000 ekor serta ditumbuhi sekitar 50.000 tanaman, membuat tempat ini menarik untuk dipakai sebagai tempat berlibur keluarga. Apalagi di sini juga disiapkan berbagai macam fasilitas untuk bermain bagi anak-anak, seperti: sepeda ganda, kereta keliling, kuda dan onta tunggang, serta pentas satwa.

Kidzania

6 Tempat Liburan di Jakarta yang Menarik untuk Dijelajahi

yang satu ini diperuntukkan khusus bagi anak-anak, karena memang dibuat dengan konsep edutaintment yang pas bagi anak-anak berusia 2 – 16 tahun. Memasuki Kidzania, anak-anak akan dihadapkan pada berbagai bentuk replika kota yang sesungguhnya, namun dengan ukuran yang telah disesuaikan untuk anak-anak. Di dalamnya terdapat jalan raya dengan kendaraan yang berlalu lalang di sekitarnya, teater, salon, rumah sakit, dan berbagai bentuk replika yang lain.

Baca juga  6 Tempat Hangout Bergaya Jadul di Jakarta

Karena memang khusus untuk anak-anak, maka orang tua pun tidak diperbolehkan ikut dalam aktifitas wisata anak-anak. Para orang tua hanya didorong agar menjadi penonton di stasiun TV dan teater, serta disiapkan Parents Longue untuk dipakai beristirahat selama anak-anak sibuk bermain.

Museum Fatahillah

6 Tempat Liburan di Jakarta yang Menarik untuk Dijelajahi

Bagi mereka yang ingin menikmati liburan sambil belajar tentang sejarah kota , Museum Fatahillah adalah tempat yang paling tepat, karena di sini tersimpan sekitar 23.500 benda bersejarah yang  erat kaitannya dengan tempo dulu. Koleksi benda-benda bersejarah yang ada di museum Fatahillah, terbagi dalam beberapa ruang, yakni Ruang Prasejarah , Ruang Fatahillah, Ruang Tarumanegara, Ruang Sultan Agung, Ruang Jayakarta, dan Ruang MH Thamrin.

Museum yang berada di kawasan Kota Tua ini telah berdiri sejak tahun 1707 dengan bangunan bergaya arsitektur neoklasik. Tidak heran jika para pengunjung yang masuk ke dalam lokasi museum diharuskan melepas sepatu mereka, karena pemakaian sepatu dikhawatirkan dapat mengikis lantai. Sebagai gantinya pihak museum menyediakan sandal lunak yang dapat dipakai untuk berkeliling di dalam area museum.

Baca juga  Sinyal Waspada Demokrasi di Balik Cover Buku Anies

Grand Indonesia

6 Tempat Liburan di Jakarta yang Menarik untuk Dijelajahi

Jika ingin mencari sambil menikmati pengalaman wisata belanja dan wisata kuliner, dating saja ke Grand Indonesia , karena di tempat ini tersedia spot perbelanjaan yang komplit dengan berbagai produk fashion bersematkan brand dunia. Salah satu yang paling populer di dengan ukuran yang terbilang megah ini juga dilengkapi dengan bioskop, salon, , café, penjual desserts, serta yang lain. Setiap hari Grand Indonesia tidak pernah sepi dari pengunjung, karena mereka yang datang ke sini tidak hanya untuk berbelanja, tapi sekedar menghabiskan waktu untuk nongkrong dan mencuci mata.

Pecinan Glodok

6 Tempat Liburan di Jakarta yang Menarik untuk Dijelajahi

Kawasan pecinan terbesar di Indonesia ini merupakan salah satu motor penggerak perekonomian sejak dulu sampai sekarang. Berlibur ke China Town-nya , akan membuat kita terbawa pada romantisme masa lalu dengan bangunan bercitarasa oriental berhias vihara dan kelenteng-kelenteng besar. Tempat ini juga merupakan pusat perdagangan elektonik di , dan seperti China Town lainnya, kuliner di Pecinan Glodok juga menyajikan aneka menu yang bakal memanjakan lidah.

Itulah beberapatempat liburan di Jakarta yang menarik untuk dijelejahi dan dinikmati. (*)

 

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan