6 Tempat Mendownload Gambar Gratis Bagi Penulis Artikel

6 Tempat Mendownload Gambar Gratis Bagi Penulis Artikel

Kebanyak bagi para penulis artikel di website mengandalkan gambar untuk dapat menghidupkan sebuah cerita. Namun, terkadang sulit untuk dapat menemukan gambar orang ataupun tempat beresolusi tinggi yang tidak mengabiskan banyak biaya.

Dalam artikel Anda berikutnya, pertimbangkan salah satu dari sepuluh situs web praktis berikut untuk mendapatkan gambar gratis.

Perhatikan juga beberapa situs web yang memiliki opsi berbayar, sementara yang lain gratis tetapi tekadang ada sebuah perjanjian lisensi yang berbeda jadi pastikan Anda untuk dapat memeriksa syarat dan ketentuan sebelum Anda mengunduh gambar tersebut.

Seperti yang disadur dari Journalism.co.uk berikut ini 6 website penyedia gambar gratis.

1. Unsplash

Unsplash adalah sebuah situs gambar gratis, yang dimana gambar yang diunggah oleh fotografer dari seluruh dunia yang kemudian dapat diunduh dan dapat digunakan tanpa perlu mencantumkan nama fotografernya. Anda cukup gunakan kata kunci pada bilah pencarian dan temukan gambar yang sesuai dengan topik yang akan Anda tulis.

Semua gambar dapat dipergunakan dengan bebasa, dimodifikasi, dan kemudian dibagikan untuk digunakan secara pribadi ataupu komersia. Atribus pun tidak diperlukan tetapi setelah mengundul file, ada opsi yang dimana perlu untuk mengakreditasi gambar melalui fungsi salin dan tempel yang membuat praktik yang baik menjadi begitu mudah.

2. Pixabay

Pixabay adalah sebuah situs penyedia gambar yang dapat bekerja dengan cara yang hampir sama seperti Unsplash. Inia adalah situs penyedia gambar gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh gambar, ilustrasi, dan vektor, tetapi juga video, semuanya tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun atau diperlukan izin terlebih dahulu.

Perhatikan juga jika hasil pencarian juga dapat menampilkan konten bersponsor dari Shutterstock, yang dimana dapat Anda beli sebagai gambar yang bebas royalti.

3. Death To The Stock Photo

Masalah dengan situs gambar stock adalah mereka yang dapat dengan cepat menjadi sebuah satu catatan dan generik. Ini juga bisa dapat memakan waktu untuk dapat menemukan gambar dengan tepat, dan bahkan kemudian Anda juga perlu berjuang untuk menonjol dari pesaing Anda.

Death To Stock terlihat seperti membunuh sebuah block stok. Ini juga menawarkan sebuah paket media khusus, yang kemudia diambil para fotografer dari seluruh dunia, diedit oleh tim internal dan kemudian tersedia bagi pelanggannya.

Ada juga tingkatan keanggotaan yang tersedia dengan harga bervaritif seperti 12 Dollar Amerika Serikat per bulan bagi merk bisnis dan 21 Dollar Amerika Serikat bagi freelancer dan agensi yang dimana didiskon jika dibayar setiap tahunnya. Ini juga memberika Anda unduhan yang tak terbatas dan akses ke database yang lengkap, yang juga telah diperbarui setiap bulan.

Jika ini di luar anggaran Anda, Anda juga dapat memiliki beberapa opsi gratis. Ada juga pake goodie bag gratis yang dapat Anda unduh, uji coba gratis standar 14 hari, atau pake foto gratis yang sesekali jika Anda mendaftar dengan menggunakan email Anda.

4. Creative Commons

Semua konten yang berada di situs web Creative Commons telah dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Atribution 4.0 International, meskipun juga ada jenis lisensi Creative Commons lainya.

Lisensi 4.0 yang bearti bahwa materi tersebut bebas untuk disalin dibagikan, dan diadaptasi untuk penggunaan apa pun, termasuk komersial, selama kredit yang sesuai diberikan. Situs web ini juga telah menyediakan konten domain publik, yang bearti Anda juga dapat membantu diri Anda sendiri untuk itu.

Ada juga lebih dari sekedar gambar yang tersedia juga. Anda juga dapat menemukan berbagai karya sastara, video, audio dan penelitian lainnya. Untuk gambar, buka fungsi pencarian dan gunakan juga kata kunci untuk dapat menemukan apa yang Anda cari. Anda juga dapa mempersempit dari pencarian dengan memfilter lain pada halaman hasil pencarian yang dapat berguna adalah menggunakan menu tarik-turun untuk memfilter bedasarkan lisensi.

5. Flickr

Flick sudah dikenal sebagai komunitas foto jurnalistik sebagai platfrom Creative Commons tetapi juga Flickr juga menyebut dirinya sebagai manajemen dan berbagi foto online.

Dengan kata lain, fotografer dapat membuat dai akun dan kemudian mengunggah gambar apa pun yang ciptanya mereka miliki, dan kemudian menetapkan persyaratan lisensi dan penggunaan mereka sendiri agar karyanya dapat terlihat lebih luas.

Anda juga dapat mencari melalui profil fotografer dan hasil pencarian untuk dapat menemukan gambar dan kemudian menggunakannya sesuai dengan batas individiu yang berlaku.

Sebagian besar pengguna juga dapat mengoperasikan Creative Commons yang dapat menuntukan penggunaan antribusi tertentu, sementara untuk yang ditandai sebagai semua hak yang dilindungi dengan undang-undang yang Anda tidak dapat menggunakan gambar dengan cara apa pun tanpa terlebih dahulu mengubungi pengguna dan mencapai perjanjian lisensi.

6. Stock Sandwich

Masih dalam versi beta, situs penyedia gambar ini beroperasi di bawah Lisensi Creative Commons Zero yang bearti semua gambar gratis dan dapat digunakan, dimodifikasi, atau dapat didistribusikan untuk proyek pribadi atau komersial apa pun tanpa memerlukan atribusi. Cukup unduh dan gunakan sepuasnya.

Apa yang membuat Stock Sandwich sangat berbeda dengan situs penyedia gambar lainya adalah gambar yang diberanda dapat Anda pilih sendiri oleh tim setiap minggu dan Anda dapat tetap mengikuti perkembangan terbaru dengan menggunakan daftar ke buletin.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Radiansyah