6 Tempat Rekreasi di Solo yang Memukau


6 Tempat Rekreasi di Solo yang Memukau 1

Berbicara tentang tempat rekreasi di Solo, tidak hanya seputar panoramanya saja. Solo adalah  perpaduan yang harmonis antara keindahan, nuansa sejarah, serta seni dan budaya masyarakatnya yang masih kental dengan nuansa Jawa.

Karena itu memberikan suguhan yang berbeda bagi para wisatawan, baik wisatawan yang datang dari daerah lain yang ada di seluruh pelosok Nusantara, maupun para wisatawan dari mancanegara.

Budaya asli Jawa yang masih terjaga kemurniannya itulah yang memiliki daya tarik kuat bagi para wisatawan

Tempat Rekreasi di Solo yang Memukau

Tempat-tempat rekreasi di Solo menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi tidak hanya karena keindahannya, tapi juga karena keindahan yang menjadi karunia alam tersebut dipadu dengan seni dan budaya yang tumbuh subur mewarnai keseharian masyarakatnya. Sehingga kata indah menjadi memiliki nilai tambah bagi tempat-tempat rekreasi yang ada.

Berikut 6 tempat rekreasi di Solo yang menyuguhkan pemandangan eksotis dan memukau bagi para wisatawan :

1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

6 Tempat Rekreasi di Solo yang Memukau 3

Didirikan oleh Sunan Paku Buwono II pada tahun 1977, Keraton ini menjadi simbol sekaligus cikal bakal dari Kota Surakarta yang juga bernama Solo.

Bangunan-bangunan yang ada di Keraton Kasunanan selain kaya akan nilai-nilai filosofi Jawa juga sarat dengan nuansa mistis. Salah satunya adalah Panggung Sanggabuwana yang konon menjadi tempat Susuhunan melakukan semedi untuk dapat bertemu dengan Penguasa Pantai Selatan, Nyai rara Kidul.

Jika berkunjung ke tempat wisata ini, para wisatawan harus mematuhi aturan yang berlaku, seperti tidak mengenakan kaca mata hitam, tidak memakai topi, tidak boleh memakai celana pendek, jaket, dan sandal.

2. THR Sriwedari

6 Tempat Rekreasi di Solo yang Memukau 4

THR (Taman Hiburan Rakyat) Sriwedari merupakan tempat rekreasi keluarga yang juga pas untuk dikunjungi anak-anak muda. Sebanyak 16 wahana permainan plus Mini Water Park mengisi tempat hiburan ini. Selain itu dilengkapi juga dengan 14 wahana stand ketangkasan, kafe dengan berbagai menu, serta panggung hiburan yang diisi dengan berbagai macam jenis musik.

3. Pandawa Water World

6 Tempat Rekreasi di Solo yang Memukau 5

Tempat wisata yang berlokasi di perbatasan Solo dengan Sukoharjo ini  memiliki 27 wahana air, seperti: Fantastic Slide, Wave Pool, Warm Spa, Aerated Spa, Action River, Sight Tower, serta yang lainnya. Bagi pengunjung yang ingin memanjakan putra-putrinya yang masih balita atau anak-anak, tersedia pula kolam untuk mereka.

4. Grojogan Sewu Tawangmangu

6 Tempat Rekreasi di Solo yang Memukau 6

Air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu ini berada di sisi sebelah Barat Gunung Lawu yang berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Solo. Selain menyajikan keindahan alam, nuansa mistis juga menyelimuti sekeliling lokasi tempat wisata ini.

5. Museum Manusia Purba Sangiran

6 Tempat Rekreasi di Solo yang Memukau 7

Manusia purba Sangiran tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, karena data tentang manusia purba ini dapat kita jumpai di buku-buku pelajaran sejarah mulai dari tingkat SD.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang Manusia Purba Sangiran, museum ini adalah tempat yang tepat, karena memiliki lebih dari 13.000 koleksi fosil manusia Sangiran, dan merupakan museum manusia purba terlengkap di Asia. Selain itu ada juga fosil tumbuhan, hewan batu, dan peralatan yang dipakai manusia purba.

6. Taman Balekambang

6 Tempat Rekreasi di Solo yang Memukau 8

Menempati areal seluas 10 hektar, tempat wisata yang bertempat di Jalan Ahmad Yani ini memiliki koleksi berbagai macam tanaman langka. Taman Balekambang yang mulai difungsikan sebagai tempat rekreasi dan wahana edukasi sejak tahun 2008 ini terbagi menjadi 2 bagian, yakni: hutan Partinah dengan koleksi tanamannya, serta Taman Air Partini yang merupakan tempat wisata air lengkap dengan permainan perahunya.

Keenam tempat wisata tersebut hanya sebagian saja dari tempat rekreasi di Solo, masih banyak tempat-tempat lain yang menarik untuk dikunjungi, seperti: Ngarsopura, Museum Batik Danar Hadi, Museum Radya Pustaka, Pasar Klewer, Galabo, Kampung Batik Laweyan, Tugu Lilin, Air Terjun Jumog, Kampung Batik Kauman, dan tempat-tempat wisata yang lain. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap