6 Tepung Sehat Pengganti Tepung Terigu, Bisa untuk Diet juga Lho!

6 Tepung Sehat Pengganti Tepung Terigu, Bisa untuk Diet juga Lho! 1

Siapa yang suka membuat aneka kue dan gorengan? Kalau iya, kamu pasti nggak akan melupakan bahan utama pembuatannya, tepung. Entah membuat kue, roti, hingga aneka gorengan pasti membutuhkan tepung terigu sebagai bahan utama dalam pembuatannya.

Tapi sayangnya proses pengolahan tepung yang dibuat dari biji gandum ini telah menghilangkan lapisan benih, dedak, serat, vitamin dan mineral yang sebetulnya sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu untuk kamu yang ingin diet, penggunaan tepung ini juga tidak disarankan karena akan menyebabkan kegemukan.

Lantas, tepung seperti apa sih yang baik untuk tubuh? Berikut adalah pengganti tepung yang baik untuk kesehatan. Simak yuk!

1. Tepung Kelapa

6 Tepung Sehat Pengganti Tepung Terigu, Bisa untuk Diet juga Lho! 3

Salah satu pengganti tepung terbaik yang pertama adalah tepung kelapa. Tepung kelapa memiliki karbohidrat rendah yang bagus untuk kamu yang tengah melaksanakan program diet karbo. Selain itu, tepung yang terbuat dari gilingan daging kelapa yang sudah dikeringkan dan dihaluskan ini juga mengandung banyak lemak, terutama lemak jenuh yang sebagian besarnya terdiri dari trigliserida rantai menengah (MCT), yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung metabolisme tubuh yang sehat.

Tepung kelapa juga kaya akan serat yang sangat bagus untuk menstabilkan kadar glukosa dalam darah dan mampu menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh.

Rasanya yang manis, tepung satu ini sangat cocok untuk pembuatan roti, kue dan makanan lainnya.

2. Tepung Almond

6 Tepung Sehat Pengganti Tepung Terigu, Bisa untuk Diet juga Lho! 4

Tepung almond adalah tepung yang dibuat dari almond utuh yang direbus dan kemudian digiling sampai halus. Karena tidak mengandung biji-bijian, secara alami tepung gandum ini bebas gluten. Tepung almond kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, diantaranya adalah peningkatan resistensi insulin, serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah. Selain itu tepung almond juga menjadi sumber magnesium, zat besi, protein nabati, dan vitamin E.

Namun, perlu diingat juga bahwa tepung almond memiliki kadar lemak tak jenuh dengan dosis yang besar dibandingkan tepung lainnya.

3. Tepung Gandum Utuh

6 Tepung Sehat Pengganti Tepung Terigu, Bisa untuk Diet juga Lho! 5

Tepung gandum utuh atau whole-wheat flour adalah tepung yang diolah dengan menggiling biji gandum utuh sampai menjadi bubuk tanpa menghilangkan nutrisi di dalamnya. Tepung gandum kaya akan protein, zat besi, serat, vitamin B6 dan mineral yang baik dibandingkan dengan tepung putih olahan.   Kamu bisa menjadikan tepung ini sebagai bahan untuk membuat roti, muffin, pancake, kue, cookies dan wafel.

Sayangnya, tepung gandum ini masih mengandung gluten sehingga tidak disarankan untuk kalian yang memiliki alergi pada gluten maupun penyakit celiac.

4. Tepung Singkong

6 Tepung Sehat Pengganti Tepung Terigu, Bisa untuk Diet juga Lho! 6

Tepung singkong merupakan tepung yang terbuat dari singkong yang telah dikeringkan dan digiling. Meski memiliki karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan dengan tepung terigu, nyatanya tepung singkong bebas gluten dan kaya serat jadi bisa dikonsumsi siapapun termasuk kamu yang memiliki alergi terhadap gluten.

Buat kamu yang suka membuat kue, maka tepung singkong ini cocok banget sebagai pengganti tepung terigu karena bisa membuat kue menjadi lebih lembut dan tentunya rendah kalori.

5. Tepung Quinoa

6 Tepung Sehat Pengganti Tepung Terigu, Bisa untuk Diet juga Lho! 7

Tepung quinoa merupakan tepung berbahan dasar gandum yang bebas gluten dan kaya akan protein, zat besi, serat, dan lemak tak jenuh. Sama halnya dengan tepung singkong, buat kamu yang tengah menghindari gluten, kamu bisa menggunakannya sebagai bahan dasar membuat makanan. Tapi, kamu harus hati-hati dalam menggunakannya, karena beberapa orang mengatakan rasa dari tepung satu ini cenderung pahit.

Tekstur dari tepung quinoa ini lembut sehingga sangat cocok untuk membuat pancakes, wafel dan muffin. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengentalkan sup dan saus.

6. Tepung Buckwheat

6 Tepung Sehat Pengganti Tepung Terigu, Bisa untuk Diet juga Lho! 8

Tepung buckwheat atau tepung soba adalah tepung yang terbuat dari biji-bijian kecil berbentuk segitiga yang biasanya digunakan untuk membuat mie soba di Jepang. Tepung buckwheat juga termasuk ke dalam tepung bebas gluten yang tinggi akan mineral, vitamin, serat dan antioksidan. Untuk kamu yang memiliki kolesterol cukup tinggi, maka tepung satu ini bisa kamu konsumsi.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa tepung satu ini bisa mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes, kanker dan hipertensi.

Kalau kamu ingin mencoba tepung buckwheat, kamu bisa membuatnya menjadi pancakes, roti, muffin, crepes dan kue

Jadi, sudah siap mengganti tepungmu dengan tepung yang lebih sehat? Jangan lupa untuk dicoba ya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arvi Resvita ES