6 Tips Atasi Insomnia, Tak Perlu Obat tidur

6 Tips Atasi Insomnia, Tak Perlu Obat tidur 1

Kurang tidur bisa menjadi penyebab fungsi tubuh menurun. Seperti daya konsentrasi yang rendah serta daya tahan tubuh menurun. Namun, meski demikian, kamu tak perlu mengandalkan obat tidur untuk mengatasi insomnia.

Penyebab umun insomnia adalah kecemasan, stress, dan kebiasaan tidur yang buruk. Sebelum tergoda dengan obat tidur, ada baiknya kamu simak tips berikut ini, untuk mengatasi insomnia. Selain untuk menghindari obat tidur, yang keras dan harus dengan resep dokter, cara ini lebih lebih efektif dan sederhana mengatasi insomnia.

 

1. Membaca buku

6 Tips Atasi Insomnia, Tak Perlu Obat tidur 3

Bangun dari tidur saat malam hari dan susah untuk tidur kembali, adalah hal yang sering dialami oleh penderita insomnia. Daripada mata kamu tidak mau terpejam dan tidak melakukan apapun, membaca buku bisa menjadi solusi. Cobalah untuk membaca buku 20 hingga 30 menit, jika tidak tertidur, pindahlah ketempat lain untuk bersantai.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan atifitas lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan, seperti membaca dan mendengarkan musik. Ada baiknya untuk menjauhi gadget, karena cahaya biru yang terpancar dari gadget dapat mengaganggu produksi hormon melatonin.

 

2. Konsumsi buah kiwi

6 Tips Atasi Insomnia, Tak Perlu Obat tidur 4

Cobalah untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan melatonin. Melatonin adalah hormon yang membantu kita tidur. Dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan melatonin di harapkan bisa nyenyak tidur.

Kamu bisa mengonsumsi buah kiwi sebelum tidur. Sebuah riset menjelaskan mengonsumsi dua buah kiwi secara rutin, satu jam sebelum tidur selama empat minggu dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur nyenyak.

 

3. Minum jus ceri tart

6 Tips Atasi Insomnia, Tak Perlu Obat tidur 5

Sebuah riset pada tahun 2018 mengemukakan mengonsumsi jus ceri tart sebelum tidur, dua kali sehari selama satu minggu dapat meningkatkan waktu tidur selama 84 menit. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi satu gelas susu, satu jam sebelum tidur, untuk mengundang kantuk.

 

4. Coba teknik relaksasi

6 Tips Atasi Insomnia, Tak Perlu Obat tidur 6

Tubuh yang rileks adalah kunci untuk tidur nyenyak. Oleh karena itu, hindarilah melakukan pekerjaan yang merangsang aktifitas mental 20 hingga 30 menit sebelum waktu tidur. Sebaiknya gunakan waktu beberapa jam sebelum waktu tidur untuk bersantai. Agar tubuh rileks, dan bisa tidur nyenyak.

 

5. Makan malam lebih awal

6 Tips Atasi Insomnia, Tak Perlu Obat tidur 7

Makanlah lebih awal yakni 3 sampai 4 jam sebelum waktu tidur, agar perut yang terisi penuh tidak mengganggu waktu tidur kamu. Pasalnya jika perut kamu terisi penuh oleh makanan, terutama makanan berlemak, dapat menyebabkan refluk naik atau naiknya asam lambung, sehingga bisa mengganggu tidur kamu.

 

6. Singkirkan televisi dari kamar

6 Tips Atasi Insomnia, Tak Perlu Obat tidur 8

Meletakan televisi di kamar tidur tidak lagi disarankan. Pasalnya kondisi tersebut bisa memperparah insomnia. Suara dan cahaya dari televisi bisa merangsang otak. Dan justru membuat kamu sulit untuk tidur.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty