6 Tips Atasi Wajah Bruntusan

6 Tips Atasi Wajah Bruntusan 1

Jika wajah kamu mengalami bruntusan, pasti membuat penampilanmu gak percaya diri. Bruntusan adalah salah satu masalah kulit wajah yang umumnya disebabkan oleh alergi, digigit serangga, cuaca, polusi udara, infeksi, tidak tahan bahan kimia, atau sedang dalam pengobatan tertentu.

Bruntusan menyebabkan wajah tak mulus lagi. Terasa gatal hingga kemerahan. Jika kamu garuk pada area bruntusan dapat menyebabkan infeksi dan membekas. Nah, agar bruntusan kamu tidak bertambah parah, ada baiknya kamu segera mengatasinya. Salah satunya menggunakan bahan alami yang ada disekitar kita.

Bahan-bahan alami ini dapat mengatasi brutusan di kulit wajah, dan membuat kulit wajahmu muncul kembali. Berikut ini, 6 tips menggunakan bahan alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi wajah bruntusan.

 

1. Lidah buaya

6 Tips Atasi Wajah Bruntusan 3

Lidah buaya, kaya akan vitamin E, dan ampuh mengatasi luka bakar serta gatal akibat iritasi. Jika diaplikasikan pada kulit bruntusan, lidah buaya mampu meredakan rasa gatal akibat bruntusan dan memberikan efek dingin.

Caranya cukup aplikasikan gel lidah buaya, pada area wajah yang gatal. Kemudian bilas menggunakan air dingin.

 

2. Kayu manis

6 Tips Atasi Wajah Bruntusan 4

Selain lidah buaya, kamu juga bisa memanfaatkan kayu manis. Kayu manis efektif menghilangkan ruam atau bruntusan pada wajah. Caranya cukup mudah kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh jus lemon dan satu sendok tek bubuk kayu manis. Kemudian aplikasikan larutan tersebut pada wajah yang bruntusan. Diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu. Cara ini cukup efektif bagi kulit yang sensitif sekalipun.

 

3. Oatmeal

6 Tips Atasi Wajah Bruntusan 5

Oatmeal mengandung antioksidan dan ampuh mengatasi iritasi. Oatmeal memberikan efek dingin pada kulit, dan kulit menjadi lembut. Kamu bisa membuat masker dari oatmeal. Caranya cukup mudah, campurkan oatmeal dengan air hangat dan biarkan hingga mekar. Kemudian diamkan hingga oatmeal dingin. Setelah dingin aplikasikan pada wajah kamu, yang mengalami bruntusan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin.

 

4. Lemon

6 Tips Atasi Wajah Bruntusan 6

Lemon berperan sebagai anti septik dan anti peradangan, sehingga ampuh untuk mengatasi gatal akibat bruntusan. Caranya menggunakannya cukup mudah, yakni iris melon tipis-tipis kemudian aplikasikan pada wajahmu yang bruntusan. Diamkan hingga terasa dingin dan rasa gatal berkurang.

 

5. Air dingin

6 Tips Atasi Wajah Bruntusan 7

Sensasi dingin, akan membantu meredakan rasa gatal akibat bruntusan. Oleh karena itu, saat gatal karena bruntusan, lebih baik jangan di garuk, namun bisa dikompres menggunakan air dingin. Rasa gatal akan mereda dengan air dingin.

 

6. Minyak cengkeh

6 Tips Atasi Wajah Bruntusan 8

Minyak cengkeh mengandung bahan eugenol yang mampu mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit. Sebelum di aplikasi pada wajah, campurkan minyak cengkeh dengan sedikit air. Kamu cukup mengoleskan minyak cengkeh pada area wajah yang mengalami bruntusan. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

Wajah bruntusan bisa saja terjadi akibat penggunaan bahan kimia. Untuk memulihkannya menggunakan bahan alami akan lebih aman. Selain itu, lakukan tips diatas secara rutin, agar mendapatkan hasil yang optimal.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty