6 Tips Memilih Telur yang Baik & Berkualitas

6 Tips Memilih Telur yang Baik & Berkualitas

Kebutuhan protein tubuh kita salah satunya dapat dipenuhi dengan mengonsumsi . merupakan salah satu sumber protein hewani. Kandungan nutrisi di dalam sangat baik untuk tubuh, terutama untuk anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan.

Harga yang jauh lebih murah daripada daging dan dapat diolah menjadi beragam masakan membuat sangat digemari oleh masyarakat. Tidak heran pula, sebagian besar masyarakat selalu memiliki stok atau simpanan di dapurnya. menjadi salah satu bahan yang sangat mudah diolah saat kamu tidak memiliki banyak waktu untuk . Rasa pun tidak pernah salah di lidah kita bahkan saat diolah menjadi beragam masakan hingga lauk yang sangat sederhana, ataupun .

Agar yang kita simpan untuk persediaan di dapur berkualitas dan bertahan lama, kita perlu berhati-hati dalam membelinya. Pasalnya, tidak sedikit - yang beredar di pasaran tersebut sudah dalam kondisi yang kurang berkualitas. Berikut merupakan beberapa tips yang perlu kamu kuasai agar kamu dapat membeli dan memilih yang baik serta berkualitas supaya yang akan kamu konsumsi tersebut bermanfaat untuk tubuh kamu dan tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Baca juga  Yuk Kenali Telur Ayam Omega : Telur Ayam dengan Segudang Manfaat

1. Perhatikan kondisi cangkang telur

Langkah paling mudah agar kita mendapatkan telur yang sehat adalah dengan melihat kondisi cangkangnya. Pastikan tidak ada retakan bahkan retakan halus pada cangkang telur yang kita beli. Retakan pada cangkang bahkan retakan yang sangat halus pun dapat menjadi jalan bakteri untuk masuk ke dalam telur dan mengontaminasi bagian dalam telur.

2. Perhatikan tekstur cangkang telur

Salah satu ciri telur dalam kondisi baik dan berkualitas adalah cangkang telur tidak bertekstur. Bintik-bintik pada cangkang telur dapat menjadi salah satu tanda telur telah ditumbuhi jamur atau sudah disimpan terlalu lama. Oleh karena itu, saat hendak membeli telur, pilihlah telur yang memiliki tekstur cangkang yang halus.

Baca juga  Mentega vs Margarin, Apa Bedanya?

3. Perhatikan warna cangkang telur

Salah satu ciri telur dalam kondisi baik, berkualitas, dan masih segar adalah cangkang telur berwarna coklat, pekat, dan cerah. Telur yang berwarna kusam dan keruh pada cangkangnya dapat menandakan bahwa telur tersebut sudah disimpan lama dan sudah tidak lagi segar.

4. Perhatikan ukuran telur

Saat hendak membeli telur, sudah pasti kita akan memilih telur dengan ukuran yang besar, bukan? Sayangnya, ukuran telur yang besar tidak dapat menjamin kualitas isi telur, loh. Lebih baik kita memilih telur yang memiliki ukuran normal. Jangan juga memilih telur berukuran kecil agar mendapatkan jumlah telur yang lebih banyak saat kita membeli telur kiloan. Telur dengan ukuran kecil biasanya diperoleh dari yang masih berusia muda. 

Baca juga  Tips Telur Goreng Setengah Matang

5. Guncang telur secara perlahan

Mengguncangkan telur secara perlahan dapat membantu kita memastikan bagian dalam telur dalam kondisi baik. Telur yang masih dalam keadaan bagus, tidak akan mengeluarkan suara ketika kita guncang. Selain itu, apabila kita merasakan gerakan dari bagian dalam telur saat kita mengguncangnya, itu menandakan bagian dalam telur sudah mulai encer. Oleh karena itu, pastikan ketika kita mengguncang telur, tidak ada suara atau gerakan dari bagian dalam telur. Hal yang juga perlu kita perhatikan ketika mengguncang telur adalah jangan terlalu kencang. Hal tersebut justru dapat merusak kondisi bagian dalam telur.

6. Pecahkan telur di dalam wadah

Memecahkan telur di dalam wadah merupakan tips yang dapat kita lakukan terutama saat kita akan mengonsumsinya. Memecahkan telur dan meletakkannya dalam wadah sebelum kita mengonsumsinya atau mengolahnya dapat membantu kita melihat kondisi bagian dalam telur, apakah masih dalam kondisi baik, segar, dan berkualitas ataukah sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh