6 Tips Menjadi Bahagia Pasca Perceraian agar Jangan Terus Bersedih


6 Tips Menjadi Bahagia Pasca Perceraian agar Jangan Terus Bersedih 1

Tidak ada yang menginginkan sebuah perceraian. Namun karena sesuatu hal perceraian harus terjadi. Tidak mudah menghadapi suatu perceraian, bagi diri sendiri, pasangan, dan keluarga.

Cibiran, cemooh, dan bisikan orang terasa menghujam. Akibatnya kesedihan yang mendalam akan terasa. Tetapi hal ini tidak boleh berlarut-larut. Karena hidup harus tetap berjalan. Berikut enam tips menjadi bahagia setelah bercerai, yaitu:             

1. Mencoba sesuatu yang baru

6 Tips Menjadi Bahagia Pasca Perceraian agar Jangan Terus Bersedih 3

Saat masih berkeluarga tidak waktu untuk melakukan kegiatan lain karena kesibukan rumah tangga yang menyita waktu. Setelah bercerai cobalah untuk melakukan sesuatu sesuai dengan minat.     

Belajar menjahit, melukis, menulis, membuat blog, dan lain-lain dapat dilakukan. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu dan mencoba kegiatan baru yang akan membuat bahagia dan melupakan perceraian yang kamu alami.   

2. Jalan-jalan

6 Tips Menjadi Bahagia Pasca Perceraian agar Jangan Terus Bersedih 4

Jangan mengurung diri, keluar atau jalan-jalan dengan teman dapat menjadi obat dari kesedihan setelah bercerai. Ambil cuti dari pekerjaan jika diperlukan, ya. Selain itu dapat juga manjakan diri dengan nonton di bioskop, bergaul dengan teman dan menikmati hidup.        

3. Pertimbangkan hubungan transisi

6 Tips Menjadi Bahagia Pasca Perceraian agar Jangan Terus Bersedih 5

Membuka diri setelah bercerai tidaklah dilarang. Namun jika ada yang dekat jangan terburu-buru menetapkan orang tersebut tepat sebagai pendamping yang baru.

Pertimbangkan dan jajaki terlebih dahulu pria tersebut, ya. Jadikan pengalaman saat perkawinan terdahulu sebagai gambaran akan seorang pria.

4. Berdamai dengan perasaan

6 Tips Menjadi Bahagia Pasca Perceraian agar Jangan Terus Bersedih 6

Jangan terlalu mana melibatkan rasa sedih setelah bercerai. Wajar saja perasaan tersebut ada. Dikutip dari psikolog Robert Alberti, PhD mengatakan, “Adalah hal wajar jika ingin segera melewat fase berat ini, namun harus dihadapi dan berdamai dengan perasaan.

Jangan biarkan beban yang dirasakan justru memengaruhi kehidupan di masa mendatang.”

5. Beri waktu pada diri untuk berduka

6 Tips Menjadi Bahagia Pasca Perceraian agar Jangan Terus Bersedih 7

Menangislah sepuas-puasnya jika hal tersebut ingin dilakukan. Beri kesempatan diri untuk bersedih. Hal ini sangat penting dalam kehidupan setelah perceraian.

Dikutip dari Florence Falk, PhD, MWS seorang Psikoterapi mengatakan,” Meskipun pernikahan berakhir dengan perceraian, adalah sesuatu hal yang wajar jika Anda sangat menjadi sangat emosional menghadapi hal ini.

Tak jarang Anda akan menyalahkan diri sendiri. Namun, jangan berkutat pada perasaan itu. Berikan ruang untuk memahami rasa sedih yang Anda rasakan.” Jadi beri kesempatan pada hati untuk memahami rasa kehilangan yang Anda hadapi.

6. Temukan sisi lain dari dalam diri

6 Tips Menjadi Bahagia Pasca Perceraian agar Jangan Terus Bersedih 8

Kehidupan pasca perceraian terasa sulit dan tidak menyenangkan tetapi hal tersebut dapat menjadi titik balik untuk mencoba hal-hal baru termasuk gaya dalam keseharian.

Misalnya mengubah model rambut dari panjang menjadi super pendek dapat merupakan salah satu sisi baru, sehingga akan membangkitkan semangat baru dan kebahagian.

Perceraian bukan akhir dari segalanya, hidup harus tetap berjalan meski harus mulai dari nol. Maka pasca perceraian jangan larut dalam kesedihan hadirkan kebahagiaan agar dapat menjalankan roda kehidupan kembali walau seorang diri.

Dan kamu berhak untuk hidup bahagia menurut caramu sendiri untuk menyongsong masa depan tanpa ada kesedihan akibat dari suatu perceraian.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andi Nitha Nahfiah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap