6 Tips Tenangkan Pikiran Setelah Dipecat Dari Pekerjaan

6 Tips Tenangkan Pikiran Setelah Dipecat Dari Pekerjaan 1

Tidak ada orang yang ingin di pecat dari pekerjaannya. Namun di pecat dari pekerjaan sudah pasti terjadi pada karyawan. Perasaan campur aduk sudah pasti dirasakan setelah tau tidak lagi bekerja. Momen emosi yang berkecamuk, adalah hal yang wajar saat sesuatu hal negatif menimpa Anda. Namun jangan biarkan emosi negatif itu berlarut-larut.

Ada beberapa orang yang menjadi frustasi karena kehilangan pekerjaannya. Selain itu, emosi negatif yang berlarut-larut juga menyebabkan kesehatan fisik dan psikis terganggu. Pekerjaan merupakan identitas diri seseorang. Pekerjaan juga perlambang kekayaan serta pendapatan. Jika kehilangan ketiganya, bukan hanya frustasi, namun bisa berujung depresi.

Ada sejumlah cara untuk menenangkan pikiran saat kehilangan pekerjaan. Anda bisa mengikuti 6 tips berikut ini.

1. Bercerita hanya pada orang terdekat

6 Tips Tenangkan Pikiran Setelah Dipecat Dari Pekerjaan 3

Emosi negatif yang sedang Anda rasakan sedang pada puncaknya. Bisa saja Anda mengatakan hal buruk mengenai rekan kerja Anda tanpa sadar. Sehingga ada baiknya tidak berbicara hal terkait pekerjaannya dengan orang lain, selain orang terdekat.

Selain itu, usahakan selama masih dalam emosi Anda tidak menggunakan media sosial. Setidaknya hingga pikiran Anda tenang.

 

2. Jangan berlarut-larut dalam emosi

6 Tips Tenangkan Pikiran Setelah Dipecat Dari Pekerjaan 4

Berikan waktu pada diri Anda untuk merasa kecewa, sedih dan marah. Namun jangan biarkan diri Anda tenggelam dalam emosi negatif. Hal tersebut tidak hanya membuat Anda frustasi, tapi juga menguras energi yang sebenarnya dapat Anda manfaatkan untuk mengejar kesempatan berkarir kembali.

 

3. Jangan mengisolasi diri

6 Tips Tenangkan Pikiran Setelah Dipecat Dari Pekerjaan 5

Jika Anda berada dalam posisi tidak lagi memiliki pekerjaan, kebanyakan orang memang memilih untuk mengisolasi diri. Kecenderungan untuk mengisolasi diri merupakan salah satu cara untuk menenangkan pikiran dari emosi negatif. Hal hal tersebut juga tidak baik untuk dilakukan, karena dapat merusak hubungan dengan teman, saudara, maupun keluarga. Anda juga bisa saja melewatkan tawaran pekerjaan baru, jika terus mengisolasi diri.

 

4. Jangan menyendiri

6 Tips Tenangkan Pikiran Setelah Dipecat Dari Pekerjaan 6

Ada baiknya Anda tidak menyendiri. Kecenderungan menyendiri justru dapat membuat Anda semakin terpuruk. Berceritalah pada orang yang Anda percaya, mengenai apa yang Anda rasakan. Bila perlu Anda bisa berkonsultasi pada psikolog untuk menemukan cara tepat menghadapinya.

 

5. Jadilah lebih aktif

6 Tips Tenangkan Pikiran Setelah Dipecat Dari Pekerjaan 7

Menjadi lebih aktif adalah cara terbaik bagi Anda agar tidak berlarut-larut dalam emosi negatif. Cari kegiatan apa pun yang dapat bermanfaat bagi kesehatanmu. Olahraga misalnya. Anda bisa melakukan kegiatan olahraga untuk menghilangkan emosi. Selain membuat tubuh sehat, olahraga juga bisa menambah energi untuk menghadapi hari baru.

 

6. Cari referensi sebanyak-banyaknya

6 Tips Tenangkan Pikiran Setelah Dipecat Dari Pekerjaan 8

Carilah referensi sebanyak-banyaknya agar Anda bisa kembali meniti karir. Anda bisa menghubungi rekan kerja atau mantan atasan Anda, untuk berkonsultasi agar bisa mendapatkan perkerjaan baru. Anda juga bisa menulis lamaran pekerjaan untuk Anda masukan ke beberapa perusahaan.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.