6+1 Skill Digital Marketing Pemula, Untuk Membuka Usaha Atau Menambah Penghasilan Saat Pandemi

6+1 Skill Digital Marketing Pemula, Untuk Membuka Usaha Atau Menambah Penghasilan Saat Pandemi

 Tidak hanya kamu, rasanya hampir sebagian masyarakat merasakan situasi yang semakin sulit, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini. Yang kerja banyak yang kena phk dan yang kena phk pun sulit mencari kerja di tengah semakin terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia.

Tapi kesulitan bukan alasan untuk berpangku tangan, kalau kita jeli melihat peluang dari sudut pandang yang lain, selalu ada kesempatan di tengah keterbatasan, apalagi di era industri 4.0 ini, di mana ketika kita bisa dengan mudah meningkatkan ketrampilan, untuk tetap mendapatkan penghasilan.

Ada 6+1 skill atau ketrampilan dasar di era industri digital ini, dimana apabila kita menguasai salah satunya, kita akan selalu bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus berpikir ulang untuk menjadi karyawan,

Kabar baiknya, semua skill ini bisa kamu dapatkan secara gratis lewat youtube Atau bagi kamu yang sudah menjadi member Kartu Prakerja, kamu Bisa mempelajari ke 6+1 skill ini secara otodidak, Namun meskipun bisa di dapat secara cuma-cuma tetap di perlukan ketekunan, keyakinan dan konsistensi untuk mempelajarinya.

Siapa tahu suatu saat kita akan bisa jadi pengusaha sampai bisa menjadi next unicorn bukan? nasib tidak ada yang tahu, berikut di antara ke 6+1 skill itu antara lain:

1. Menulis

Menulis untuk mendapatkan penghasilan
Menulis untuk mendapatkan penghasilan

Kamu Punya Ide atau uneg-uneg untuk di keluarkan??? tidak ada salahnya menuangkan nya ke dalam suatu karya tulis, apalagi di era digital seperti sekarang, dimana Gawai bukan menjadi suatu hal yang mewah dan memudahkan kehidupan kita.

banyak aplikasi digital untuk mencatat ide2 spontan yang tiba2 terlintas di pikiran seperti google keep, atau evernote, setelah tulisan mu selesai apabila berbentuk artikel, banyak platform-platform yang membayar untuk menampung tulisanmu salah satu contohnya adalah digstraksi

Bila karya tulismu cukup panjang hingga bisa menjadi sebuah buku atau novel kamu juga bisa mengirimkannya kepada penerbit,

Skill menulis lain yang bisa meningkatkan penghasilan adalah Copywriting (ketrampilan membuat bahasa penawaran melalui tulisan)

2. Berbicara di depan umum

Berbicara di depan umum
Berbicara di depan umum

Mungkin kamu dulu adalah seorang yang aktif di organisasi dan terbiasa tampil di depan publik, menjadi pembicara juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan.

Tidak Sedikit orang-orang yang sukses di bidang ini dengan menjadi pembicara dengan konten2 motivasi seperti : mario teguh, tung desem waringin, merry riana dan lain sebagainya

Bisa juga dengan menjadi pembawa acara atau MC. atau mungkin setelah kamu menulis kamu lebih suka menyampaikan apa yang kamu tulis secara langsung. kamu bisa menyampaikannya lewat Video kemudian di unggah ke youtube siapa tahu kamu juga bisa menjadi seorang content creator

3. Video editor

Video Editor
Video Editor

Sejak youtube menjadi platform untuk berbagi video no 1 skill ini pun kian di butuhkan, Video editor diperlukan untuk membuat video yang direkam apa adanya menjadi luar biasa, dengan bantuan aplikasi seperti Adobe Premiere pro atau Filmora

Minimal bila kamu tidak menggunakan untuk dirimu sendiri, kamu bisa menjual jasamu ke mereka yang membutuhkan

4. Desain

Contoh Desain Logo
Contoh Desain Logo

Desain Tidak Melulu soal gambar, tapi juga membuat tampilan website agar terlihat lebih menarik dengan Html, css atau javascript juga salah satunya, atau desain vektor dengan aplikasi corel AI, Bisa juga Membuat logo untuk keperluan branding suatu perusahaan, jangan remehkan skill ini, meski kadang terlihat karya yang dihasilkan begitu sederhana tidak jarang penghasilannya sangat luar biasa

5. Programing

Programming
Programming

Kamu suka hal2 yang berbau koding atau pemrograman?? skill ini pun kian di butuhkan di era sekarang, tidak hanya membuat website kamu bisa menggunakan skill pemrogamanmu untuk membuat game atau aplikasi.

6. Digital marketing

Ilustrasi Digital Marketing
Ilustrasi Digital Marketing

Ini mungkin salah satu skill yang sering sekali kamu dengar akhir2 ini, digital marketing adalah ketrampilan menciptakan pengunjung (traffic) untuk meilhat penawaran kita.

Secara umum digital marketing ini terbagi ke dalam dua segmen yaitu:

Organic traffic (menciptakan pengunjung secara alami atau gratisan) Seo (Optimasi Mesin Pencari), Instagram organic, Tiktok Organik, Facebook organik, Email marketing, Youtube Organik

Paid traffic (menciptakan pengunjung dengan uang untuk beriklan)iklan berbayar (Facebook ads, Google ads, Tiktok ads, Instagram ads)

+1 Sales (Berjualan)

Berjualan Sekarang Tidak Harus Door To Door
Berjualan Sekarang Tidak Harus Door To Door

Banyak sekali yang meremehkan ketrampilan yang satu ini, padahal apabila di tekuni hasilnya bisa mengalahkan penghasilan seorang karyawan, apalagi di era internet seperti sekarang ini berjualan tidak harus langsung bertatap muka dari pintu ke pintu atau mencari tempat strategis seperti dulu.

Bila kamu mempunyai produk kamu bisa langsung menjajakan barang daganganmu ke banyak platform toko online seperti tokopedia atau shopee, Bila tidak punya produk pun tidak perlu berkecil hati karena kamu bisa memulainya dengan dropshipper.

Dengan kata lain kamu hanya tinggal menjual produk tanpa harus memiliki stok produk, di sini fungsimu hanya sebagai perantara atau calo, Dimana kamu hanya tinggal mempromosikan produk yang biasanya materi untuk berjualan pun sudah di siapkan oleh pemilik produk.

Kamu hanya tinggal menawarkan, apabila ada penjualan pihak produsenlah yang menyiapkan dan mengirimkan produk hingga sampai ke tangan konsumen dan kamu tinggal duduk manis di rumah mendapatkan komisi penjualan, asyik bukan???

Dari penjabaran di atas ada salah satu atau mungkin beberapa yang sudah kamu kuasai? bagi kamu yang pemula tidak di sarankan untuk langsung belajar semuanya, fokuslah ke salah satu yang menjadi minat atau 1 bidang yang kamu senangi.

Jangan langsung melompat untuk menguasai skill lainnya apabila kamu belum menguasainya, masalah utama seorang pemula biasanya terlalu cepat menyerah, padahal skill apapun perlu jam terbang yang konsisten untuk menguasainya dengan sempurna, Selamat Mencoba.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arief Sabkli