7 Candi Di Yogyakarta, Alternatif Wisata Murah, Namun Tetap Instragamable


7 Candi Di Yogyakarta, Alternatif Wisata Murah, Namun Tetap Instragamable 1

Kantong kamu lagi tipis, tapi pengen liburan? Coba kunjungi 7 candi yang ada di Yogyakarta ini. Wisata candi Yogyakarta ini tak kalah menarik dengan wisata alam lainnya. Selain kamu bisa menambah ilmu karena sarat akan sejarah candi, kamu juga bisa mengabadikan liburanmu melalui jepretan kamera yang instagenic.

Nah, yang paling penting 7 wisata candi ini, harga tiketnya sangat terjangkau, pas buat kamu yang lagi berkantong tipis. Salah satu candi, bahkan menawarkan sunset yang cukup indah untuk dinikmati bersama keluarga, teman, saudara maupun pasangan.

Penasaran, 7 wisata candi yang murah tapi tetep keren? Yuk disimak, yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Candi ijo

7 Candi Di Yogyakarta, Alternatif Wisata Murah, Namun Tetap Instragamable 3

Candi ijo dibangun disebuah bukit yang dikenal dengan bukit hijau atau gumuk ijo pada abad ke-9. Oleh karena itu candi bercorak Hindu ini disebut candi ijo. Candi ini berada 4 kilometer arah tenggara candi Ratu Boko atau sekitar 18 kilometer disebelah timur Yogyakarta.

Komplek candi ijo, berupa teras berundak dengan teras paling bawah berada disisi timur dan paling tinggi berada disisi barat. Candi ini merupakan yang tertinggi di wilayah Yogyakarta karena berada diketinggia 375 diatas permukaan laut. Untuk masuk ke wisata candi ijo ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000 saja. Murah bukan?

 

2. Candi plaosan

7 Candi Di Yogyakarta, Alternatif Wisata Murah, Namun Tetap Instragamable 4

Candi kedua yang bisa kamu kunjungi jika berlibur ke Yogyakarta adalah candi Plaosan. Kawasan candi Plaosan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kawasan Plaosan Lor dan Kidul. Candi Plaosan Lor memiliki dua candi utama yang dikelilingi 116 stupa perwara dan 50 buah candi perwara.

Jika dilihat dari jauh, candi Plaosan Lor dan kidul hampir serupa, sehingga candi ini juga dikenal sebagai candi kembar. Jika beruntung, kamu bisa menikmati acara tahunan di candi ini yang menampilkan berbagai macam tarian dari seluruh nusantara. Untuk menikmati keindahan candi Plaosan. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 saja.

 

3. Candi kalasan

7 Candi Di Yogyakarta, Alternatif Wisata Murah, Namun Tetap Instragamable 5

Candi Kalasan merupakan  candi umat Budha yang berlokasi di desa Kalibening, Tirtamani, Kabupaten Sleman. Candi Kalasan memiliki penutup candi yang dinamakan Bajralepa, yang merupakan semacam plesteran diukiran batu halus. Hiasan Bajralepa ini merupakan salah satu ciri khas dari Candi Kalasan, yang juga di jumpai pada Candi Sari. Untuk berlibur ke candi Kalasan kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000.

 

4. Candi sari

7 Candi Di Yogyakarta, Alternatif Wisata Murah, Namun Tetap Instragamable 6

Dahulu, candi Sari merupakan Vihara Budha, yang digunakan sebagai tempat belajar dan berguru para bikshu. Jika dilihat dari segi relief dan bentuk, candi Sari tidak jauh berbeda dengan Candi Plaosan.

Candi Sari juga dikenal dengan nama candi Benda, karena letaknya berada di desa Bendan, Tirtamartani, Kalasan, Sleman. Untuk berlibur ke candi ini, hanya perlu membayar retribusi sebesar 5 ribu rupiah saja.

 

5. Candi sambisari

7 Candi Di Yogyakarta, Alternatif Wisata Murah, Namun Tetap Instragamable 7

Jangan tertukar dengan candi sari yah, karena memiliki nama yang mirip. Candi Sambisari merupakan candi bercoral Hindu sedangkan candi Sari merupakan Candi Budha. Candi Sambisari berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Di komplek candi Sambisari, pada candi utama kamu bisa melihat tiga perwara. Disediakan pula ruang yang berisi foto-foto selama penggalian dan rekonstruksi didekat candi. Harga tiket masuk candi Sambisari sebesar Rp. 5.000.

 

6. Candi Barong

7 Candi Di Yogyakarta, Alternatif Wisata Murah, Namun Tetap Instragamable 8

Candi Barong terletak di desa Candisari, tenggara kawasan Ratu Boko, Prambanan. Candi Barong merupakan  candi peninggalan kerajaan Medang yang bercorak Hindu. Candi ini dahulu merupakan tempat pemujaan dewa Wisnu dan istrinya dewi Laksmi, atau di sebut juga dewi Sri (dewi kemakmuran pertanian). Candi Barong memiliki tiga tingkatan tanpa adanya candi utama. Untuk melihat sejarah candi Barong kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah.

 

7. Candi abang

7 Candi Di Yogyakarta, Alternatif Wisata Murah, Namun Tetap Instragamable 9
via tukangngider.com

Candi Abang terletak didesa Senyonorejo, desa Jogotirto, kecamatan Berbah, Sleman. Candi ini dibangun sekitar abad ke-9 sampai abad ke -10 zaman kerajaan Mataram Kuno. Dinamakan candi Abang, karena candi ini terbuat dari batu bata merah yang dalam bahasa jawa merah berarti abang. Candi abang memiliki bentuk piramid.

Jika di lihat dari jauh, candi ini lebih mirip dengan bukit. Karena saat ini banyak ditumbuhi rerumputan. Lebih tepatnya candi ini mirip dengan bukit pada acara kartun Teletubies. Sehingga tak heran candi ini juga di kenal sebagai bukit Teletubies.

Meski kantong kamu tipis, bisa nih, pilih salah satu dari alternatif wisata candi di Yogyakarta. Meski murah, kamu bisa belajar tentang sejarah, bisa berfoto yang instagramable dan tentu bisa dapat liburan.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Asih Kurniaty

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments