7 Cara Atasi Banjir pada Musim Hujan di Wilayah Perkotaan


7 Cara Atasi Banjir pada Musim Hujan di Wilayah Perkotaan 1

Banjir dimusim hujan merupakan persoalan yang serius, karena setiap tahun masih menjadi ancaman, utamanya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan.

Dampak dari baniir tersebut selain mengganggu aktifitas sehari-hari, juga dapat merusak sarana-prasarana dan menjadi penyebab munculnya sejumlah penyakit tertentu.

Karena dampak yang ditimbulkan sangat besar, maka upaya untuk mencegah dan menanggulangi banjir wajib dilakukan, tidak hanya oleh pemerintah, tapi juga masyarakat.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi banjir pada musim hujan di wilayah perkotaan7 diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pelihara Hutan Kota

Mengingat pepohonan dapat membantu menyerap dan menyimpan air, merawat dan memelihara hutan kota penting untuk dilakukan guna mengatasi banjir.

7 Cara Atasi Banjir pada Musim Hujan di Wilayah Perkotaan 3

2. Perbanyak Ruang Terbuka Hijau

Idealnya, setiap wilayah harus memiliki minimal 30%  ruang terbuka hijau, yang fungsinya selain sebagai sarana untuk komunikasi publik, dan area untuk melakukan aktifitas olah raga, bermain serta rekreasi, juga mengurangi polusi udara dan mencegah banjir.

3. Bangun Sistem Perparitan

Banjir di musim hujan terjadi karena air tidak dapat mengalir dengan lancar. Dengan dibangunnya sistem perparitan yang baik, air yang menggenangi sebuah wilayah akan dibuang melalui parit-parit yang ada untuk selanjutnya dialirkan ke sungai-sungai.

4. Pengerukan Sungai

Besarnya debit air di musim hujan, membuat wadah penampungan dan pembungan air yakni sungai harus memiliki daya tampung yang lebih besar. Untuk itu pengerukan sungai wajib dilakukan, agar kedalaman sungai dapat lebih maksimal.

7 Cara Atasi Banjir pada Musim Hujan di Wilayah Perkotaan 4

5. Perbanyak Paving Stone

Banyaknya area yang tertutup bangunan, jalan beton dan jalan beraspal membuat air tidak dapat diserap oleh tanah. Karena itu, kurangi jalan beton atau yang dicor serta jalan beraspal dan menggantinya dengan paving, karena air masih dapat melewati sela-sela paving untuk diserap ke dalam tanah.

6. Buat Lobang Biopori

Biopori adalah lubang-lubang kecil sedalam kurang lebih 5 – 10 Cm yang berfungsi untuk menyerap air. Bagi rumah-rumah atau kantor-kantor yang masih memiliki halaman berupa hamparan tanah, disarankan untuk membuat biopori ini untuk membantu menyerap air di sekelilingnya.

7 Cara Atasi Banjir pada Musim Hujan di Wilayah Perkotaan 5

7. Pola Hidup Masyarakat

Upayamencegah banjir dimusim hujan mustahil akan dapat berhasil tanpa dukungan dari masyarakat, karena pola hidup masyarakat memberi pengaruh yang besar terhadap keberhasilan upaya terebut. Salah satu contoh, jika masyarakat tidak sadar untuk membuang sampah pada tempatnya, maka parit-paritpun akan tertutup oleh sampah, sehingga banjir tidak dapat dielakkan.

Itulah beberapa cara untuk mencegah banjir dimusim hujan yang dapat dilakukan di wilayah-wilayah perkotaan. Semoga bermanfaat (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments