7 Cara Membentuk Gambar Diri Yang Sehat

7 Cara Membentuk Gambar Diri Yang Sehat

Saya memilih untuk berbahagia karena itu bagus untuk kesehatan saya. — Voltaire.

Membentuk gambar diri positif amatlah penting. Gambar diri positif memiliki tiga fondasi yaitu kinerja, penampilan, dan seberapa penting orang tersebut.

Jika seseorang merasa dirinya tidak dapat bekerja dengan baik, perasaan tersebut akan mengurangi gambar diri positif orang itu.

Jika seseorang merasa jelek, gambar dirinya akan terluka.

Demikian juga jika seseorang merasa dirinya tidak dibutuhkan, gambar diri orang tersebut juga akan terluka.

Ketiga fondasi tersebut harus sama kuat, sama tinggi dan sama sempurna dalam arti harus seimbang. 

Oleh karena itu untuk memiliki gambar diri positif yang sehat dan kuat, kita perlu menguatkan ke tiga fondasi ini.

Setidaknya ada tujuh langkah yang bisa kita lakukan untuk mengubah total gambar diri kita:

  1. Sadari bahwa diri anda adalah mahakarya Tuhan yang amat sangat mahal. Jadi langkah pertama untuk membangun gambar diri positif adalah dengan melihat diri sendiri seperti cara Tuhan memandang kita. Sadarilah bahwa diri kita sangat berharga. Karena kita ciptaan Tuhan, kita bukanlah orang yang layak untuk disingkirkan. Harga anda sangat mahal, tidak dapat dinilai dengan uang.
  2. Buang semua kebohongan yang ada dalam pikiran kita dan ganti dengan kebenaran. Membuang kebohongan dalam pikiran kita sama halnya dengan mengusir tikus-tikus dari rumah, setelah bebas dari tikus rumah anda akan terasa nyaman untuk ditinggali. Kebohongan yang dimaksud disini adalah pola pikir kita yang salah, sedangkan yang dimaksud dengan kebenaran adalah pola pikir kita yang baru.
  3. Ingatkan diri anda satu hal baik setiap hari. Kebaikan setiap orang berbeda-beda sehingga apa yang saya ingat setiap pagi mungkin tidak sama dengan yang anda ingat. Anda bisa mengingat talenta terbaik dibidang apa saja yang anda punya sekecil apapun. Anda juga bisa mengingat proses dalam mendapatkan pekerjaan yang membuat anda bersuka cita. Dalam hal ini kita diajarkan untuk bersyukur setiap harinya.
  4. Tidak ada yang sempurna, jangan biarkan kelemahan anda membuat diri anda negatif. Marilah kita menerima kelemahan-kelemahan diri kita sehingga tidak sampai berubah menjadi bibit negatif. Memiliki kelemahan adalah hal yang wajar, dengan demikian kita dapat menerima diri apa adanya.
  5. Belajar menyukai hidup kita. Tidaklah perlu membenci diri kita sendiri dengan membandingkan dengan orang lain. Cintai hidup anda. Nikmati keseharian anda sebagai sebuah rahmat yang akan indah pada waktunya. 
  6. Lupakan kesalahan di masa lalu dan berfokuslah memandang ke depan. Kejadian di masa lalu sudah lewat, kejadian yang akan datang masih belum terjadi, jalani kejadian saat ini. Jika dimasa lalu kita melakukan kesalahan, anggap sebagai pembelajaran yang berharga. 
  7. Jangan takut berkata positif untuk diri sendiri. Kesuksesan berkaitan erat dengan omongan atau ucapan yang keluar dari mulut anda. Jadi berhentilah mengatakan hal yang buruk tentang diri anda dan ucapkanlah hal-hal yang positif.
Baca juga  Kesehatan Mental Dikalangan Orang Tua

Dengan menerapkan 7 langkah diatas maka kita dengan sendirinya akan memperkuat kinerja, penampilan dan pengaruh kita dengan membentuk gambar diri yang sehat. Salam sukses dan semangat selalu…..:)

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

kumi inspiration