7 Cara Meningkatkan Kualitas Hubungan Bersama Pasangan di Tahun 2021

7 Cara Meningkatkan Kualitas Hubungan Bersama Pasangan di Tahun 2021 1

Tahun 2021 rasanya cukup berat ya? Mulai dari pandemi yang berkepanjangan sampai dengan kondisi ekonomi yang sulit ditebak. Tetapi semua itu bukan berarti menjadi penghalang untuk selalu romantis bersama pasangan.

Sebab apapun yang terjadi, hubungan Anda bisa tetap kuat walau seberat apapun badai menerjang. 

Jika Anda ingin mencari cara bagaimana meningkatkan kualitas hubungan bersama pasangan, maka Anda berada di tempat yang tepat!

Lakukanlah beberapa hal berikut ini:

1. Mengenang Kembali Masa Lalu

Ingat bagaimana saltingnya Anda ketika pertama kali kencan dengan si dia? Atau Anda kebingungan kalimat apa yang harus Anda ucapkan ketika pertama kali menjemput dia ke rumah? Atau mungkin tidak nyambungnya baju yang Anda kenakan saking gugupnya untuk pergi berdua. 

Mengingat kembali kejadian lucu dan unik di masa lalu dapat meningkatkan kualitas hubungan Anda berdua dengan cara yang sederhana. Karena kenangan yang diingat kembali akan membangkitkan seluruh emosi dan keceriaan di masa-masa awal perjalanan cinta. 

2. Pelukan Setelah Kerja

Pekerjaan yang memusingkan dapat menguras tenaga dan emosi. Tahukah apa yang dapat meredakan segala lelah itu? Sebuah pelukan kecil dari pasangan. 

Anda dapat melakukan hal ini setiap kali pasangan selesai bekerja. Walaupun jika pekerjaan itu dilakukan di rumah. Sebab konsentrasi di depan laptop seharian juga sama melelahkannya ketika melakukan hal yang sama di kantor. 

Karena itu berikan pelukan setiap kali pasangan selesai atau beristirahat di sela pekerjaannya. 

3. Menikmati “Keanehan” Pasangan

Masing-masing dari diri kita pasti memiliki sisi aneh dan lucu. Apakah Anda dan pasangan tidak malu untuk saling menunjukkan sisi aneh ini satu sama lain? 

Jika jawabannya adalah “iya”, maka itu merupakan pertanda baik. 

Sebab dengan masing-masing mampu menunjukkan sisi lucu atau bahkan anehnya, tandanya Anda berdua merasa saling percaya dan menerima satu sama lain apa adanya. 

Tertawalah terhadap kebiasaan dirinya yang sering lupa menaruh kunci kendaraan. Usap halus kepalanya setiap kali ia merajuk ketika ketinggalan episode K-Pop favoritnya. 

Nikmatilah segala hal kecil yang aneh namun unik itu! 

4. Tidak Perlu Memberi Hadiah Mahal

Hadiah mahal mungkin berkesan, namun apakah menjamin kebahagiaan? Hadiah yang mahal memang bernilai tinggi dari segi ekonomi, namun bagaimana dengan maknanya? 

Karena dalam sebuah hubungan yang bersifat jangka panjang, hadiah mahal itu lebih bersifat seremonial saja. Lebih baik Anda memberikan hadiah yang tidak begitu mahal namun bermakna. 

Karena jika Anda mampu memberikan hadiah yang memiliki makna, artinya Anda memperhatikan kebutuhan dan keinginan pasangan. 

Dan hadiah ini tidak harus selalu berbentuk benda, sebab ucapan sederhana seperti “Aku bangga memiliki dirimu” sudah menjadi hadiah manis di penghujung hari. 

5. Bersedia Menjadi Pendengar yang Baik

Ada istilah klasik yang mengatakan kita diberikan dua telinga namun satu mulut artinya kita harus mampu mendengar lebih banyak daripada berbicara. 

Mendengar disini artinya bukan sekedar mendengar kata-kata yang diucapkan, melainkan bersedia memahami dan berempati terhadap apa yang disampaikan oleh pasangan. 

Sebab seringkali kita hanya ingin didengarkan saja dengan sepenuh hati, tanpa menghakimi dan penilaian. 

Bersikaplah seperti pasangan, karena toh kita bukan hakim bukan? Jadilah manusia yang saling memahami dan melengkapi dengan cara mudah; mendengarkan. 

6. Nikmati Setiap Detiknya

Mengapa harus jenuh jika harus bertemu setiap hari bersama pasangan ketika WFH? Justru ini adalah momen yang paling tepat untuk “membayar” segala hal yang terlewati selama Anda berdua terlalu sibuk sebelumnya. 

Pandemi yang masih berkepanjangan sampai tahun 2021 justru memberi kita peluang untuk lebih membuka diri, meninjau kembali apa saja yang telah dilewati bersama, dan mensyukuri apa saja yang berhasil diraih berdua. 

Nikmatilah setiap detik dari kebersamaan yang ada. Karena itulah sejatinya makna dari teman hidup bukan? 

7. Gunakan Kalimat “Saya”

Pertengkaran dapat terjadi hanya karena menggunakan kalimat yang salah. Niat hati ingin mencari solusi, apa daya seringkali berujung emosi. 

Agar tidak saling menyalahkan, ada baiknya setiap kali mengungkapkan sesuatu gunakanlah kalimat “Saya…”

Daripada mengatakan “Kamu tidak pernah mengerti!”, lebih baik ungkapkan seperti ini; “Saya merasa sedih karena kemarin kamu….”

Dengan menggunakan kalimat “Saya….” Anda sudah bersikap asertif namun tidak menyinggung perasaan pasangan. 

Sama halnya bukan seperti mengungkapkan “Saya cinta kamu”? Gunakan rumus yang sama setiap kali Anda marah atau kecewa kemudian lihat hasilnya. 

Tahun 2021 memang membawa tantangannya tersendiri. Namun bukan berarti menjadi penghalang Anda untuk terus bersikap baik dan romantis bersama pasangan. 

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk terus meningkatkan kualitas hubungan Anda berdua. 

Mulai dari mengenang perjalanan cinta sampai dengan menikmati setiap detik kebersamaan bersama si dia. 

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda memiliki resep khusus untuk meningkatkan kualitas hubungan bersama pasangan, silahkan jangan ragu untuk menyisipkan komentar ya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ario Seno