7 Cara Mudah Mengatasi Rasa Galau


7 Cara Mudah Mengatasi Rasa Galau 1

Galau adalah sebuah kondisi, dimana hati dan perasaan kita bercampur aduk tidak menentu, antara sedih, resah, gelisah, gundah dan juga bingung. Mereka yang diliputi perasaan galau ibarat sebuah perahu yang diombang-ambingkan ombak di tengah luasnya samodra. Tidak ada sesuatu yang bisa dipakai untuk berpegangan dan juga untuk bertahan, karena pikiran sudah tidak dapat dipakai bekerja dengan baik akibat akibat tekanan dari perasaan.

Kondisi galau sebenarnya merupakan kondisi yang manusiawi dan temporer. Artinya setiap orang  pasti pernah mengalami perasaan galau dalam hidupnya, dan galau tersebut juga akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu.

Namun, pada kasus-kasus tertentu, perasaan galau bisa mengendap cukup lama pada diri seseorang, sehingga dapat mengganggu aktifitas rutin yang harus dijalani. Jika hal tersebut terjadi, praktikkan cara mengatasi galau di bawah ini, siapa tahu bisa menjadi solusi.

1. Jangan Salahkan Diri Sendiri

7 Cara Mudah Mengatasi Rasa Galau 3

Galau yang berkepanjangan sering disebabkan oleh peristiwa yang menempatkan diri kita pada posisi bersalah. Celakanya, kita justru membenarkan posisi tersebut, bahkan terus menyalahkan diri sendiri. Hal tersebut tentu saja menjadi beban bagi pikiran, selama kita tidak dapat melupakan kesalahan tersebut atau melepaskan diri dari posisi bersalah.

Untuk itu, terima dengan ikhlas apapun yang terjadi dan menimpah diri serta orang-orang di sekeliling kita. Anggap, apapun yang terjadi semua sudah digariskan oleh Tuhan, dan kita sebagai hamba-Nya hanya bisa menjalani.

2. Persoalan adalah Ujian

Tidak berbeda halnya dengan ujian sekolah, persoalan adalah ujian kehidupan untuk menakar kemampuan kita apakah meningkat pada level yang lebih dewasa dan lebih sempurna, atau tidak. Jika kita berhasil mengatasi persoalan tersebut artinya tingkat kedewasaan kita akan semakin meningkat, namun jika tidak, maka level kita akan tetap pada posisi yang sama.

Cara mengatasi galau dengan memandang persoalan sebagai ujian, akan membuat kita tidak larut oleh kegalauan disaat persoalan datang, tapi berusaha dengan tegar menghadapi dan mengatasi persoalan tersebut untuk dapat menuju ke level kedewasaan yang lebih sempurna.

3. Jangan Ditanggung Sendiri

7 Cara Mudah Mengatasi Rasa Galau 4

Ibarat pekerjaan, akan lebih ringan dan lebih cepat terselesaikan jika dikerjakan dengan bergotong royong. Demikian pula halnya dengan persoalan, akan terasa lebih ringan dan cepat terselesaikan sehingga tidak sampai berdampak pada kegalauan manakala tidak dipikirkan seorang diri, tapi dipecahkan bersama dengan orang-orang terdekat dan dapat dipercaya.

4. Sibukkan dengan Berbagai Aktifitas

Menyibukkan diri dengan berbagai macam aktifitas juga salah satu cara mengatasi galau yang efektif, karena persoalan yang menjadi sumber kegalauan akan dapat terlupakan jika tubuh dan pikiran aktif bergerak untuk menyelesaikan berbagai macam aktifitas. Mereka yang dihantui  perasaan galau, pada umumnya adalah pribadi-pribadi yang lebih banyak diam dan suka mengurung diri di dalam kamar.

 5, Jangan Laarut dalam Kesedihan

Banyak orang yang dalam keadaan sedih bukan berusaha untuk menghibur diri, tapi justru menenggelamkan diri dan menikmati kesedihan yang dirasakan dengan lebih banyak melamun atau mendengarkan lagu-lagu yang menyayat. Mereka yang berusaha keras untuk mengusir kesedihan saja masih dihinggapi perasaan galau, apalagi mereka yang justru tenggelam dalam kesedihan.

6. Lakukan Refleksi dan Introspeksi

Jika perasaan tidak enak hati terus menghantui, cobalah untuk melakukan refleksi dengan membayangkan perjalanan hidup yang telah kita lalui. Lakukan pula introspeksi, untuk mencari tahu kebenaran yang lebih hakiki diantara sejumlah persoalan yang menyelimuti.

Jika kita sadar akan kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan, dan berusaha untuk memperbaiki kesalahan tersebut, sama artinya dengan mengusir berbagai persoalan yang membuat perasaan menjadi galau.

7. Terima dan Syukuri

Perasaan galau tidak jarang disebabkan karena ketidakikhlasan kita dalam menerima kenyataan. Padahal Tuhan selalu memberikan yang terbaik kepada umatnya, hanya saja kebaikan tersebut terkadang berbentuk sesuatu yang tidak kita kehendaki.

Untuk itu, senantiasa berprasangka baiklah kepada Tuhan. Yakini bahwa sepahit apapun kondisi yang harus kita hadapi, semua diberikan oleh Tuhan untuk kebaikan kita di masa depan. Dengan menerima dan mensyukuri apapun yang diberikan Tuhan kepada kita, akan membuat hati kita senantiasa damai, dapat menerima kenyataan meskipun sangat pahit dirasakan, dan senantiasa tegar dalam menghadapi berbagai persoalan.

Demikiancara mengatasi galau yang dapat kalian coba, agar hari-hari yang kalian lalui dapat kembali sebagaimana biasa, penuh dengan warna dan penuh dengan senyum serta tawa. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap