7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut 1

Masalah gigi dan mulut sangat kompleks. Sariawan, gusi bengkak, sakit gigi dan bau mulut merupakan contoh dari kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Masalah gigi dan mulut tidak sekedar membuat sulit makan atau bicara, namun sebuah studi menemukan bahwa kesehatan gigi dan mulut dapat menimbulkan berbagai komplikasi membahayakan.

Nah, gak mau punya masalah gigi dan mulut yang buruk. Yuk dijaga dengan 7 cara mudah menjaga kesehatan gigi dan mulut berikut ini!

 

1. Jangan menyikat gigi terlalu keras

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut 3

Salah satu tujuan sikat gigi adalah untuk menghilangkan plak pada gigi. Namun jika menggosok gigi terlalu keras dapat menyebabkan gusi robek dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Selain itu cara sikat gigi yang tidak benar dapat menyebabkan plak gigi menumpuk dan mengeras yang dapat berakibat pada gingivitis atau peradangan gusi.

 

2. Sikat gigi sebelum tidur

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut 4

Anjuran sikat gigi sebelum tidur dapat menghilangkan kuman dan plak pada gigi yang menumpuk sepanjang hari. Selain menyikat gigi sebelum tidur juga dianjurlan untuk menyikat lidah demi menghilangkan kuman atau plak yang menempel pada lidah.

 

3. Gunakan pasta gigi berfluorida

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut 5

Fluorida adalah unsur alami yang dapat ditemukan di banyak hal, seperti air minum dan makan yang dikonsumsi. Fluorida diserap tubuh untuk digunakan oleh sel-sel yang membangun gigi untuk menguatkan enamel gigi.

Fluorida memiliki manfaat penting bagi kesehatan gigi dan mulut diantaranya pertahanan utama terhadap kerusakan gigi, memerangi kuman, dan menyediakan perlindungan alami gigi.

 

4. Jangan merokok

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut 6

Tembakau dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan penyakit lain seperti kanker mulut.

 

5. Banyak minum air

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut 7

Air putih merupakan minuman terbaik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Aktifitas minum air dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang menemppada gigi.

 

6. Batasi komsumsi makanan manis & asam

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut 8

Makanan manis akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulut yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigi. Asam inilah yang menyebabkan gigi cepat berlubang. Tidak perlu menghentikan makanan manis dan asam, kamu hanya perlu membatasinya.

 

7. Makan makanan yang bergizi

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut 9

Sama halnya dengan banyak minum air, makan makanan yang bergizi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Makanan tersebut termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran, juga produk susu yang dapat memberikan semua nutrisi yang di butuhkan gigi dan mulut.

Bahkan omega 3 dalam lemak-lemak sehat dan makanan laut dapat mengurangi risiko peradangan, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit gusi.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty