7 Destinasi Wisata Menarik di Kulon Progo, Cocok Untuk Liburan!

7 Destinasi Wisata Menarik di Kulon Progo, Cocok Untuk Liburan!

dikenal sebagai permata Jawa dan juga menjadi daerah populer yang memiliki banyak tujuan . Ini adalah yang kedua setelah Wilayah Gunung Kidul yang terkenal dengan beberapa pantai di dekatnya. Sedangkan memiliki tujuan yang lebih beragam seperti pantai, desa , taman alam, hutan, dan banyak lagi. Berikut ini adalah 7 tempat di yang sangat dan dapat digunakan sebagai salah satu tujuan ketika musim tiba.

1. Air Terjun Kedung Pedut  

description

Tujuan pertama adalah Air Terjun Kedung Pedut. Air terjun ini adalah tujuan yang baru populer di dan tingginya 15 meter. Siapkan saja Rp3.000 untuk tiket masuk dan Rp5.000 IDR untuk tiket parkir mobil.

Sebelum mencapai air terjun utama, kamu akan melewati dua air terjun kecil yang disebut Kedung Merak (tinggi 2 meter) dan Kedung Lanang (tinggi 5 meter). Kedung Pedut memiliki warna biru-piru indah yang memberikan kesan dingin dan mengundangmu untuk berenang di dalamnya. Kamu bisa merasakan kesegaran dan kesejukan setelah terjun ke dalam airnya.

2. Desa Kalibiru  

description

Tujuan kedua tempat alam di adalah Desa Kalibiru. Perjalanan membutuhkan mobil atau motor dalam kondisi baik dan pengemudi yang ahli untuk sampai ke sana karena jalannya sangat curam serta sempit dengan belokan tajam.

Baca juga  7 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Bila Kamu Gagal Mudik Tahun Ini

Terletak di Bukit Menoreh, 450 meter di atas permukaan laut, tempat ini memberikan indah bagi semua orang yang berkunjung. Desa Kalibiru menyediakan villa untuk pengunjung, dan juga kegiatan luar ruangan seperti flying fox. Kamu hanya perlu membayar Rp2.000 IDR untuk tiket masuk.

Hal yang populer untuk dilakukan adalah mengambil foto dari pohon pinus. Kamu dapat mengambil foto romantis dengan pasanganmu, atau mengambil foto keluargamu di salah satu papan kayu yang dipasang di sekitar pohon pinus. Tiket untuk naik pohon pinus adalah Rp10.000 dan fotografer akan mengambil beberapa fotomu. Kamu dapat memilih minimal 4 foto, dan harga untuk satu foto adalah Rp5.000.

3. Waduk Sermo  

description

Waduk Sermo memiliki luas permukaan air lebih dari 157 hektar dan dapat menampung hingga 25 juta meter kubik air. Bagian terdalam waduk ini mencapai lebih dari 60 meter. Ada dua cara untuk menikmati Waduk Sermo sebagai tujuan . Yang pertama adalah mengunjungi di sore hari dan menunggu untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah. Opsi kedua adalah menyewa kapal seharga Rp100.000 untuk 10 orang.

Berlayar mengelilingi waduk selama satu jam, biarkan air menyentuh tanganmu, rasakan angin di wajah, dan nikmati pepohonan hijau di atas air biru. Untuk memasuki Waduk Sermo, kamu cukup membayar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk tiket parkir.

Baca juga  10 Kota Berwarna-warni yang Bisa Membuatmu Takjub

4. Pantai Glagah  

description

Pantai Glagah memiliki laguna dan ratusan tetrapoda (pemecah gelombang dengan empat “lengan”) di sebelah barat. Tetrapoda ini menjinakkan ombak keras di pantai laut selatan . Pantai berpasir hitam ini menjadi tempat populer untuk menyaksikan matahari terbenam dan memotret pantai yang indah. Tiket masuk hanya Rp4.000 dan Rp5.000 untuk tiket parkir.

5. Puncak Suroloyo  

description

Puncak Suroloyo adalah puncak tertinggi dari Bukit Menoreh yang memiliki ketinggian 1.017 meter di atas permukaan laut. Puncak ini memiliki tempat indah di perbatasan dan . Puncak Suroloyo terletak sekitar 50 kilometer dari di dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh.

Ketika berada di Puncak Suroloyo, pengunjung dapat menikmati Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing di sisi utara dan serta Samudera Hindia di sisi selatan. Puncak Suroloyo adalah tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit dan terbenam dengan Menoreh yang indah.

Ritual “Jamasan Pusaka” selalu diadakan setiap 1 Sura di “Sendang Kawidodaren” yang terletak di Suroloyo. Sekarang pengunjung dapat lebih bersantai di Daerah Peristirahatan Punakawan untuk minum secangkir Kopi Suroloyo dan produk Teh Suroloyo. Untuk yang ingin tinggal lebih lama bisa menyewa homestay yang dikelola oleh kelompok masyarakat setempat. Mari bertamasya ke Suroloyo untuk menikmati dari puncak Menoreh!

6. Goa Kiskendo

description

Goa Kiskendo adalah salah satu objek wisata bawah tanah yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo di Bukit Menoreh. Tempat ini berjarak 38 kilometer dari Yogjakarta dan 21 kilometer dari Wates. Gua aktif ini memiliki berbagai ornamen stalagmit dan stalaktit.

Baca juga  Bertemu "Oppa" Lokal Indonesia

Serangkaian relief menceritakan bagian dari kisah Ramayana yang dipahat secara buatan di gerbang goa. Fasilitas maupun infrastruktur seperti area berkemah dan area jalur jogging di wilayah Goa Kiskendo terus ditingkatkan sehingga pengunjung dapat menggunakannya.

Goa Kiskendo dikelola dalam paket wisata Desa Wisata Jatimulyo bersama Air Terjun Mudal, Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Kembangsoka, Grojogan Sewu, Curug Setawing, dan Goa Sikidang. Mari bertamasya ke Goa Kiskendo dan menikmati indah karts Menoreh!

7. Desa Pariwisata Jatimulyo

description

Desa Pariwisata Jatimulyo terletak antara 500-800 meter di atas permukaan laut di bukit Menoreh, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten . Desa ini memiliki banyak potensi alam yang indah terutama sebagai daerah karts Menoreh, agrowisata dan potensi sosiokultur.

Masyarakat Jatimulyo secara aktif berkontribusi dalam mengelola potensi wisata yang ada yaitu Goa Kiskendo, Goa Sumitro, Air Terjun Mudal, Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Kembangsoka, Air Terjun Grojogan, Air Terjun Setawing dan Goa Sikidang sebagai kepedulian terhadap pengembangan masyarakat melalui pariwisata serta ekonomi lokal.

Bagaimana? Kamu sudah siap berlibur ke ?

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rado