7 Fakta Kemampuan Founding Titan Yang Harus Kamu Tahu dari Serial Attack On Titan


7 Fakta Kemampuan Founding Titan Yang Harus Kamu Tahu dari Serial Attack On Titan 1

Founding Titan menjadi kekuatan dari yang paling kuat dari kesembilan kekuatan Titan yang ada. Founding Titan juga dipercaya sebagai kekuatan dari pemilik Titan pertama atau pencipta para Titan. Kepemilikan kekuatan Founding Titan sendiri juga tidak bisa didapatkan dengan mudah, ke-eksklusivitas-an dari kekuatan Founding Titan sangat dijaga oleh pemiliknya. 

Dari semua fakta yang ada, berikut ini adalah beberapa fakta mengenai kekuatan Founding Titan:

1. Penciptaan Titan

Gambaran keganasan Titan di masa lalu
Gambaran keganasan Titan di masa lalu

Founding Titan sebagai pemimpin para Titan, memiliki kekuatan yang paling ultimate dari para Titan yang lain. Founding Titan dapat membuat Titan sesuka hati mereka, langsung dari subjek Ymir.

Setiap subjek Ymir atau yang memiliki garis keturunan Ymir akan dapat berubah menjadi Titan jika mendapatkan suntikan cairan tulang belakang Titan. Berbeda dengan Founding Titan, tanpa perlu campur tangan cairan tulang belakang, pemilik kekuatan Founding Titan dapat dengan mudah mengubah subjek Ymir menjadi Titan sesuai keinginannya.

Karl Frizt adalah salah satu pemilik Founding Titan yang pernah menggunakan kekuatan ini. Karl Frizt dipercaya telah mengubah sebagian besar bangsa Eldia untuk menjadi Titan Kolosal dan menggunakannya sebagai bahan dari dinding pelindung di Pulau Paradise.

Selain Founding Titan, Zeke dengan kekuatan Beast Titan miliknya juga dapat mengubah subjek Ymir menjadi Titan. Berbeda dengan Founding Titan yang dapat dengan mudah mengubah subjek Ymir menjadi Titan secara langsung, Zeke harus menyuntikan cairan tulang belakangnya pada subjek Ymir sebelum dapat mengubah mereka menjadi titan dengan teriakannya.

2. Pengendalian Titan

Mindless Titan yang mengejar Female Titan
Mindless Titan yang mengejar Female Titan

Selain dapat mengubah subjek Ymir menjadi Titan, Founding Titan juga dapat mengendalikan para Titan sepenuhnya. Kemampuan pengendalian Titan satu ini pernah dipraktikan oleh Eren ketika ia bersentuhan dengan Titan Dina Frizt.

Secara tidak sadar, Eren memerintahkan para titan untuk menyerang Dina Frizt serta Armored Titan. Dengan kemampuan ini, pemilik kekuatannya dapat dengan mudah mengendalikan para Titan bahkan tanpa harus berteriak seperti yang dilakukan oleh Eren. 

Selain Founding Titan, Zeke juga dapat memerintah para Titan, namun terbatas hanya pada para Titan yang tersuntik cairan tulang belakangnya. Selain Zeke, Annie yang memiliki kekuatan Female Titan juga memiliki kekuatan satu ini. Berbeda dengan Zeke yang mana Titan yang akan dikendalikan harus disuntikan cairan tulang belakangnya, Female Titan dapat dengan mudah memerintah para titan tanpa harus ada campur tangan cairan tulang belakang. Kekuatan Female Titan lebih mirip dengan kekuatan Founding Titan daripada milik Zeke.

3. Memanipulasi Ingatan

Ingatan Historia semasa kecil yang dihilangkan
Ingatan Historia semasa kecil yang dihilangkan

Pemilik kekuatan ini juga dapat menghapus serta memanipulasi ingatan dari subjek Ymir. Karl Frizt adalah orang yang diketahui telah menggunakan kekuatan ini secara massal. 

Setelah memindahkan semua bangsa Eldia ke Pulau Paradise, Karl Frizt langsung mengubah ingatan mereka. Karl Frizt menghapus ingatan mereka akan daratan utama dan membuat bangsa Eldia hidup bahagia dengan damai di dalam Pulau Paradise tanpa ingatan akan adanya pulau lain selain Paradise.

Kekuatan ini juga pernah digunakan oleh Frieda Reiss untuk menghapuskan ingatan adiknya, Historia akan siapa dirinya sebenarnya. 

4. Memanipulasi Tubuh

Gambaran Ymir sebagai Titan pertama
Gambaran Ymir sebagai Titan pertama

Tidak hanya memanipulasi ingatan, subjek Ymir juga dapat memanipulasi keseluruhan tubuh subjek Ymir. Raja Eldia, 600 tahun sebelum adanya dinding diketahui telah mengubah tubuh para subjek Ymir agar dapat kebal terhadap penyakit yang menular bahkan menjadi endemi waktu itu. Dengan adanya kekuatan ini, subjek Ymir bisa saja hidup bebas dari sakit penyakit.

Zeke yang mengetahui akan rahasia kekuatan ini ingin menggunakannya untuk membuat bangsa Eldia steril.

5. Telepati

Dunia Path
Dunia Path

Dunia Path adalah dunia yang menghubungkan semua subjek Ymir. Ymir sebagai pemilik kekuatan Titan yang pertama, setelah meninggal tidak langsung berada di alam baka, melainkan berada di dunia Path. Dunia Path menjadi alam baka bagi para subjek Ymir.

Di dalam dunia Path, semua subjek Ymir saling terhubung, baik yang masih hidup maupun yang sudah mati. Ymir menggunakan dunia Path sebagai penghubung antar subjek Ymir. Baik yang masih hidup maupun sudah mati, mereka dapat dihubungi kembali dan dapat diajak melalui dunia Path

Eren sebagai pemilik kekuatan Founding Titan adalah yang pertama diketahui telah menggunakan kekuatan ini. Eren menggunakan kekuatan ini untuk memberi tahu seluruh subjek Ymir jika Rumbling akan dijalankan.

6. Keturunan Bangsawan

Historia sebagai Ratu yang sah
Historia sebagai Ratu yang sah

Berbeda dengan kedelapan kekuatan Titan lainnya yang jatuh ke tangan orang biasa, kekuatan Founding Titan sangat dijaga oleh keluarga kerajaan. Karena keistimewaannya, kekuatan Founding Titan sangat dijaga kerahasiaannya dan tidak sembarangan orang yang boleh tahu mengenai siapa sebenarnya yang mewarisi kekuatan Founding Titan.

Pewarisannya Founding Titan dilakukan menggunakan ritual khusus. Bukan dengan upacara atau segala bentuk urutan acara yang rumit, pewarisan kekuatan Founding Titan dilakukan dengan menjadikan pemilik kekuatannya sebagai umpan bagi penerus selanjutnya. Penerus kekuatan Founding Titan akan dijadikan Titan Murni yang kemudian akan memakan pemilik kekuatan Founding Titan yang sengaja dijadikan umpan dalam keadaan dirantai.

Selain itu semua, satu hal lagi yang paling spesial. Mungkin karena pemilik kekuatan ini terlalu lama diwariskan dalam darah keluarga kerajaan, menyebabkan kekuatan dari Founding Titan tidak dapat digunakan oleh orang selain dari keluarga kerajaan. 

Eren yang tidak memiliki darah keturunan bangsawan tidak dapat menggunakan kekuatan Founding Titan. Titan harus memakan atau bersentuhan dengan pemilik darah keturunan bangsawan Eldia untuk dapat menggunakan kekuatan Founding Titan sepenuhnya

7. Sumpah Karl Frizt

Sumpah Karl Frizt
Sumpah Karl Frizt

Selain hanya dapat digunakan oleh keluarga kerajaan, ada satu hal lagi yang mengganjal. Setiap pewaris kekuatan Founding Titan yang berasal dari keturunan bangsawan Eldia akan terus mewarisi Sumpah Karl Frizt

Karl Frizt sebagai salah satu Raja Eldia telah bersumpah untuk menjaga kedamaian dengan tidak lagi menggunakan kekuatan Titan untuk kekerasan maupun sebagai senjata perang. Bersama dengan sumpahnya ini, Karl Frizt kemudian menyegel bangsa Eldia di dalam dinding dan mengasingkan bangsa Eldia di Pulau Paradise. Karena sumpahnya juga, para bangsawan penerus kekuatannya tidak akan mau menyerang orang di luar dinding dan lebih memilih diam di dalam dinding dengan tidak berbuat apa-apa. 

Para bangsawan yang mewarisi kekuatan ini akan selalu terikat pada Sumpah Karl Frizt. Tak hanya pada sumpahnya, pemilik kekuatan Founding Titan akan dapat melihat semua masa lalu pewaris kekuatan Founding Titan beserta cara pikir mereka. Oleh karema hal itulah, pewaris kekuatan ini tidak dapat bertindak semaunya karena telah terpengaruh oleh pemikiran Karl Frizt.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Adriel Prastyanto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap