7 Fakta Paus Biru, Hewan Terbesar di Bumi

7 Fakta Paus Biru, Hewan Terbesar di Bumi 1

Berbagai jenis spesies ikan ada sekitar 27.000 spesies ikan ada di dunia. Dari berbagai jenis ikan tersebut tentunya kita penasaran, ikan apa yang paling besar di dunia dan pasti kalian bertanya-tanya ikan terbesar itu melebihi jenis hewan seperti gajah yang menurut manusia merupakan hewan terbesar di dunia.

7 Fakta Paus Biru, Hewan Terbesar di Bumi 3

Ikan paus biru dinobatkan sebagai ikan terbesar di dunia yang hidup di lautan Antartika, dan merupakan ikan terbesar di dunia saat ini. Namun keberadaan ikan ini diprediksi akan mengalami kepunahan karena ada perburuan ikan ilegal sejak tahun 1904 silam.

Berikut 7 fakta mengenai paus biru yang merupakan ikan terbesar di dunia saat ini.

1. Beratnya 181 ton.

Ikan paus biru memiliki berat yang menurut manusia itu hal yang tak lazim seekor hewan primata laut memiliki berat yang melebih truk tronton, dan pesawat. Bahkan ukuran hantunya pun bisa menyamai dengan ukuran mobil atau kendaraan mobil kecil.

2.  Memiliki suara yang sangat keras di dunia

Ikan paus biru memiliki postur sangat besar dan dentuman suaranya pun bisa dibilang paling keras di dunia melebih suara pesawat jet. Suara Ikan paus biru ini bisa mencapai hingga 188 desibel yang dapat dikatakan memiliki suara paling keras di Bumi, dan dapat dikatakan suaranya bahkan lebih keras dari suara mesin jet pesawat yang dapat mencapai dengan 140 desibel.

3. Hewan terbesar di dunia

Ikan paus biru dinobatkan sebagai hewan terbesar di dunia dengan panjang rata-rata 30 meter, dan dat dikatakan bahwa paus biru ini memiliki fakta lebih panjang dari 3 bus serta lebih berat dari 3 gerbong kereta. 

Tidak hanya itu saja, lidahnya memiliki berat seberat gajah, jantungnya pun sebesar mobil kecil, serta tidak hanya itu bahkan pembuluh darahnya bisa dilewati oleh manusia. Wow, bayangkan ikan paus ini ada didarat, pasti sudah buat geger banyak orang ya.

4. Bisa berkomunikasi dengan sesama paus biru

Paus biru mampu berkomunikasi dengan sesama paus biru bahkan suara nya bisa terdengar hingga ratusan kilometer. Mereka juga bisa berenang diseluruh lautan di dunia.

5. Bayi paus biru

Bayi paus biru ketika lahir ukuran nya saja bisa mencapai panjang 8 meter dengan beratnya mencapai 4 ton. Bayi paus biru selama 7 hingga 8 bulan, bagi paus biru akan minum susu dari ibu nya atau induk paus biru yang didalam susu itu terdapat banyak lemak serta protein besar.

Setiap harinya bayi paus biru ini akan mengalami pertambahan berat badannya dengan rata-rata berat badannya bertambah 90 kilogram perhari.

6. Makanan paus biru adalah udang

Untuk makanan paus biru dewasa ini setiap harinya bisa memakan udang berjuta-juta masuk ke perut paus biru dewasa setiap harinya.

7. Terancam punah

Ikan paus biru ini diprediksi akan mengalami kepunahan beberapa tahun depan. Jumlah paus biru saat ini  diperkirakan tinggal 25.000 ekor tersisa di bumi ini. Sementara dampak dari perburuan liar pada tahun 1966 akhirnya diberhentikan, karena hampir 70-90 persen mengalami penurunan jumlah.

Nah itu tadi 7 fakta dari paus biru, dari beberapa fakta tersebut diatas, banyak orang yang menyayangkan jika hewan yang termasuk kategori hewan terbesar di bumi ini, akan terancam mengalami kepunahan sebagai akibat ulah manusia.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

BLUTS