7 Fakta Unik Mengenai Planet Venus


7 Fakta Unik Mengenai Planet Venus 1

Venus adalah planet di tata surya yang paling mirip dengan bumi. Meskipun planet ini paling dekat dengan Matahari, yang membuatnya lebih panas daripada bumi, kedua planet ini yaitu Venus dan Bumi, mempunyai persamaan dalam hal ukuran, massa, dan komposisinya. Akan tetapi, Venus tidak memiliki air dan tanda-tanda kehidupan makhluk hidup. Venus ditutupi oleh atmosfer yang sangat tebal dan pekat. 

Perbandingan antar Venus dan Bumi
Perbandingan antar Venus dan Bumi

Jangan pergi kesana!

Venus memang dekat dengan Bumi dibandingkan dengan planet lainnya, akan tetapi kamu tidak akan bisa mendarat di sana dengan selamat. Awan tebal pekat yang terbuat dari asam sulfat dan gas karbon dioksida, memerangkap panas Matahari tetap berada di permukaan venus, menjadikan Venus bagaikan oven yang sangat panas. Astronot yang mengunjungi Venus akan mati akibat mengalami “acid burn“, terpanggang, dan mati lemas.

Ring on Fire Venus
Ring on Fire Venus

Bukan hanya astronot yang tidak dapat bertahan hidup di Venus. Pesawat luar angkasa yang mendarat di permukaan Venus hanya dapat beroperasi sekitar satu atau dua jam sebelum hancur akibat panas dan tekanan ekstrem di Venus.

Awan Penutup Venus

Venus Cloud
Venus Cloud

Permukaan Venus ditutupi oleh lapisan padat yakni awan berwarna kuning pucat. Awan ini terbuat dari belerang dan asam sulfat. Angin menggerakkan awan tersebut mengelilingi Venus dari timur ke barat dengan kecepatan 220 mph atau sekitar 250 km/jam. Angin membawa awan tersebut melintasi seluruh permukaan Venus hanya dalam waktu empat hari!

Venus Touchdown

Foto permukaan Venus diambil oleh Venera 13
Foto permukaan Venus diambil oleh Venera 13

Pada Maret 1982, pesawat ruang angkasa Venera 13 dan Venera 14 mendarat di permukaan Venus dan mengambil foto permukaan Venus. Foto tersebut menampilkan langit berwarna oranye dan padang gurun yang ditutupi bebatuan dengan ukuran beragam. Banyak batu tersebut berbentuk pipih, yang berarti batu tersebut terbuat dari lava yang sudah mendingin. Paling sedikit 85 persen permukaan Venus ditutupi oleh batu vulkanik.

Rotasi Venus

Rotasi Venus dan planet lainnya
Rotasi Venus dan planet lainnya

Venus berotasi sangat pelan dengan arah searah putaran jam, lawan arah putaran dari kebanyakan planet lainnya. Jika kamu berdiri di Venus, kamu akan melihat Matahari berputar terbalik melintasi langit, terbit di barat dan terbenam di timur. Fakta yang paling mencengangkan dari Venus adalah waktu rotasi dari Venus memakan waktu selama 243 hari bumi. Sedangkan waktu untuk mengorbit matahari memakan waktu 224,7 hari bumi. Jadi jika kamu berada di Venus, waktu yang diperlukan untuk mengalami 1 hari layaknya di Bumi, memakan waktu sekitar 5832 jam. Sedangkan waktu Venus untuk mengorbit Matahari  memerlukan waktu lebih singkat yaitu sekitar 5392,8 jam.

Venussian Volcanoes

Maat Mons
Maat Mons

Saintis memperkirakan terdapat lebih dari 1600 gunung berapi (volcano) di planet Venus. Uniknya gunung berapi di Venus memiliki kubah seperti pancake. Diameter masing-masing gunung berapi sekitar 15 mil (25 km) dan tingginya sekitar 750 meter. Gunung yang paling tinggi bernama Maat Mons dengan tinggi 5 km. Gunung tersebut mengeluarkan erupsi lava yang tebal dan lengket yang menyebar ke dataran sekitarnya dan kemudian mendingin.

Aphrodite Terra

Ovda Regio
Ovda Regio

Seperti halnya gunung dan dataran di bumi, Venus mempunyai dataran tinggi dan dataran rendah juga. Dataran tertinggi di Venus bernama Aphrodite Terra, berada di daerah ekuator Venus. Dataran ini kurang lebih berukuran sama dengan benua di bumi. Aphrodite Terra terbagi menjadi dua wilayah, yakni Ovda Regio barat dan Thetis Regio di timur.

Kawah Tumbukan

Salah satu kawah di Venus bernama Lavinia Planitia
Salah satu kawah di Venus bernama Lavinia Planitia

Dibandingkan dengan planet lain, Venus tidak memiliki banyak kawah. Hal tersebut kemungkinan disebabkan meteorit banyak yang terbakar di atmosfer Venus sebelum mencapai permukaan Venus. Penyebab lainnya adalah permukaan Venus memiliki umur yang muda untuk mengalami banyak tumbukan meteorit. Banyak dari kawah di Venus yang masih berumur kurang dari 500 juta tahun!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arion Ulibasa

   

writer, engineer

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap