7 Geopark Luar Biasa di Indonesia yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

7 Geopark Luar Biasa di Indonesia yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Indonesia adalah rumah bagi , dengan hal-hal yang dapat kamu temukan hampir di setiap sudut. Negara ini juga menjadi tuan rumah bagi beberapa yang diresmikan oleh , dan kebanyakan dari mereka dipenuhi oleh wisatawan.

Arti mungkin membingungkan bagi sebagian orang. atau Geological Park berarti area yang kaya dengan elemen geologi di mana orang juga mengambil bagian untuk menjaga, menggunakan, dan mengembangkan semua warisan yang terkandung di dalamnya termasuk nilai-nilai dalam ekologi, arkeologi, dan bahkan seni.

Suatu kawasan dapat dianggap sebagai Taman Geologi setelah memenuhi beberapa persyaratan. Yang paling terkenal adalah luasnya. Suatu daerah harus memiliki jangkauan yang luas untuk mengakomodasi tiga hal utama, yaitu konservasi, pendidikan, dan geowisata. Setelah itu, kawasan tersebut mungkin memiliki peluang untuk dimasukkan sebagai salah satu dari Jaringan Global .

Negara ini memiliki sekitar 15 berbeda yang berlokasi luas. Kali ini, kita akan memasukkan 7 dari mereka dalam daftar di Indonesia.

Rinjani, Nusa Tenggara Timur

7 Geopark Luar Biasa di Indonesia yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

pertama dalam daftar adalah Rinjani. ini juga termasuk sebagai salah satu hal terkenal untuk dilakukan di Nusa Tenggara Timur, dan juga salah satu yang populer di Indonesia.

Hampir setiap pejalan kaki di negara ini tahu namanya. Ini seperti salah satu tempat yang ingin mereka sertakan dalam daftarnya. Namun, keindahan Rinjani tidak terletak di pegunungannya saja, tetapi obyek lain yang berada di sekitarnya juga.

Baca juga  10 Arena Seluncur Es Spektakuler yang Patut Kamu Cobain

Masih di dalam area , kamu mungkin juga bertemu hal yang lain seperti air terjun Joben, atau objek buatan manusia lainnya seperti Pura Meru, dan desa tradisional yang disebut Karang Bayan.

 

Toba, Sumatra Utara

7 Geopark Luar Biasa di Indonesia yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Termasuk sebagai dongeng yang sangat berkesan di Indonesia, Toba juga menjadi yang populer untuk dikunjungi di Sumatra. itu tercipta karena letusan Toba yang terjadi berabad-abad lalu. ini diresmikan sebagai karena memiliki aspek lengkap keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya.

sepanjang 87 km ini juga merupakan rumah untuk festival tahunan Toba yang terjadi pada bulan Desember. Kamu dapat melihat acara tersebut pada tanggal 6 hingga 9 Desember setiap tahunnya, jika kamu beruntung.

Daya tarik lain yang terletak di dekatnya, yaitu Samosir, dapat dikunjungi juga karena sekarang khusus dibangun untuk menampung wisatawan. Ada juga hotel dan restoran di itu, menjadikannya satu set lengkap tempat untuk .

 

Batur, Bali

7 Geopark Luar Biasa di Indonesia yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Selain tempat populer dan arus utama untuk dinikmati seperti Sanur dan Kuta, kamu juga dapat menikmati satu hal lain yang sangat mencolok, yaitu Batur.

Baca juga  7 Tempat Mendaki Terbaik di Jawa Timur

Batur adalah lokasi favorit pejalan kaki populer yang juga termasuk sebagai salah satu tempat yang dapat dikunjungi di Bali. Karakteristik ini cukup ramah, bahkan untuk wisatawan umum.

Gunung itu masih termasuk sebagai gunung berapi aktif, dan diberi gelar Geopark oleh pada 20 September 2012. Sama seperti Toba, ada juga sebuah yang terletak di dekat gunung ini. Gunung itu memiliki bentuk bulan sabit yang terlihat sangat cantik.

 

Ciletuh Pelabuhanratu Geopark, Jawa Barat

7 Geopark Luar Biasa di Indonesia yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Ada juga Geopark yang terletak di sisi barat Jawa yang disebut Ciletuh. Ini adalah tempat favorit rakyat. Tempat ini memiliki atraksi yang tidak ada duanya seperti Palangpang, Taman Purba, dan Air Terjun Awang. Rute ini dilestarikan dengan baik, menjadikannya tempat favorit untuk tur sepeda juga.

Namun, peresmian Ciletuh tidak jauh dari fungsinya sebagai pariwisata terpadu. Selain mempromosikan dan meningkatkan aspek pariwisata, juga memberikan kemungkinan dalam pengembangan masyarakat melalui kolaborasi dengan masyarakat setempat untuk mempertahankan geowisata di sekitar Ciletuh.

 

Merangin, Jambi

7 Geopark Luar Biasa di Indonesia yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Tidak jauh dari pusat Jambi, kamu dapat menemukan Geopark lain bernama Gunung Merangin. Gunung yang sepi ini terletak di daerah bernama desa Air Baru yang dapat dicapai melalui kendaraan roda empat selama sekitar 7 jam. Perjalanan yang cukup panjang, tetapi kamu akan diberikan pemandangan hijau yang menenangkan di sepanjang jalan.

Baca juga  6 Tips Aman dan Nyaman Wisata Keluarga di Pantai

Sebagai salah satu hal yang dapat dikunjungi di Jambi, Gunung Merangin dapat menawarkan beberapa hal mulai dari aktivitas berperahu yang dapat memompa adrenalin hingga nilai sejarah yang dapat dilihat dari fosil flora berusia 350 tahun.

 

Gunung Sewu, Yogyakarta

7 Geopark Luar Biasa di Indonesia yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Ada geopark di Yogyakarta bernama Gunung Sewu. Ini adalah gunung yang kurang aktif dibandingkan Merapi, dan memiliki luas sekitar 1,802 kilometer persegi. Daerah yang luas ini terdiri dari tiga bagian yang lebih kecil, yaitu Gunung Kidul, Pacitan, dan Wonigiri. Kamu tidak hanya akan menemukan gunung di sekitar area yang luas ini, tetapi juga objek lainnya.

Kamu berkesempatan mengunjungi banyak tempat seperti Sungai Ngalang, Wediombo, Karangmojo, Bejiharjo, dan juga Gua Jomblang.

 

Banyuwangi Geopark

7 Geopark Luar Biasa di Indonesia yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Pada tahun 2018, Banyuwangi diberikan status Geopark. Judul Geopark ini dapat menyelesaikan semua hal yang dapat dikunjungi di Banyuwangi. Ada tiga situs utama yang termasuk di dalam area Geopark.

Yang pertama adalah Gunung Ijen, tempat di mana kamu dapat benar-benar melihat hujan meteor dan Blue Fire yang eksklusif. Kedua adalah Merah, yang direncanakan menjadi Laboratorium Internasional untuk mempelajari tambang dan gunung berapi. Dan yang terakhir adalah mitos legendaris Alas Purwo.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rado