7 Gurita Bisnis Sang Fenomenal Elon Musk

7 Gurita Bisnis Sang Fenomenal Elon Musk 1

Siapa yang tidak kenal dengan Elon Musk? Setiap pengguna internet setidaknya pernah melihat atau mendengar namanya di dunia maya.

Elon Musk adalah seorang entrepreneur populer yang memulai usahanya dari sebuah website bernama X.com. Saat ini pria kelahiran Afrika Selatan tersebut telah berhasil memiliki banyak bisnis di berbagai bidang usaha. Berikut beberapa bisnis yang dimiliki Elon Musk:

1. Otomotif

7 Gurita Bisnis Sang Fenomenal Elon Musk 3

Elon Musk memulai usahanya di bidang otomotif melalui Tesla. Bisa dibilang Tesla merupakan perusahaan yang paling dikenal oleh khalayak ramai, selain karena teknologi baru yang diusungnya, serta kontroversi yang menyertainya . Pada mulanya banyak yang skeptis akan perkembangan mobil self-driving, lantaran faktor keselamatan yang masih dipertanyakan. Tapi itu semua tidak menyurutkan semangat pria dirumorkan memiliki IQ 155 tersebut. Buktinya, saat ini di tahun 2020 Tesla masih bertahan dan bahkan ikut menginspirasi pabrikan mobil untuk mengembangkan mobil listrik dan self-driving.

2. Energi

7 Gurita Bisnis Sang Fenomenal Elon Musk 4

SolarCity merupakan proyek pengembangan energi terbarukan yang bertujuan untuk menghilangkan ketergantungan terhadap minyak bumi. Sesuai dengan namanya, SolarCity memanfaatkan energi solar alias matahari. SolarCity saat ini berhasil mengembangkan beberapa proyek energi di bawah payung Tesla. Proyek energi terbarukan ini pun nantinya akan menjadi dasar bagi bisnis Elon Musk lainnya seperti mobil listrik dan SpaceX.

3. Aerospace

7 Gurita Bisnis Sang Fenomenal Elon Musk 5

Elon Musk memulai mimpinya travelling ke Mars dengan perusahaan SpaceX. Perusahaan yang didirikan tahun 2002 ini memiliki proyek ambisius yakni mengirim 1 juta orang ke Mars untuk hidup dan berkembang biak di sana. Untuk mewujudkan hal tersebut SpaceX tentunya harus mengembangkan teknologi roket terbaru dengan menggunakan energi yang reusable.

4. Infrastruktur dan Transportasi

7 Gurita Bisnis Sang Fenomenal Elon Musk 6

Awal Elon Musk mendirikan perusahaan The Boring Company cukup unik. Mulanya ia berkicau di Twitter bahwa ia merasa gila karena kepadatan lalu lintas. Di tweet yang sama ia mengatakan akan membuat terowongan untuk lalu lintas. Voila, tak lama kemudian terbentuklah perusahaan dengan julukan TBC tersebut.  Tidak cukup hanya membuat terowongan, pria berusia 48 tahun tersebut juga membuat kendaraan jenis baru yang disebutnya sebagai “fifth mode oft ransport”. Yakni hyperloop, sebuah kendaraan serupa kereta api dan memiliki kecepatan 3 kali lebih cepat dari Shinkansen (bullet train milik Jepang).

Sekadar infromasi, TBC sempat merilis produk Flamethrower, yang awalnya pun hanya disangka sebuah mainan.

5. Telekomunikasi

7 Gurita Bisnis Sang Fenomenal Elon Musk 7

Starlink merupakan penyedia jasa internet dengan menggunakan teknologi satelit. Starlink didirikan dan dioperasikan oleh SpaceX. Starlink digadang-gadang mampu menyediakan kecepatan internet super kencang dengan latency yang rendah. Tampaknya Starlink mampu menjadi primadona baru di bidang jasa penyedia internet, buktinya hingga tahun 2020 telah memiliki banyak proyek strategis dan diperkirakan mampu menjadi penyedia jasa telekomunikasi terbesar di dunia.

6. Artificial Intelligence

7 Gurita Bisnis Sang Fenomenal Elon Musk 8

Di tahun 2017, Elon Musk sempat berkicau via Twitter bahwa OpenAI -perusahaan nirlaba miliknya- mampu mengalahkan player terbaik dunia di kancah eSport. Menurutnya lagi, pengembangan OpenAI ini tidak hanya untuk urusan video game semata namun lebih besar dari itu. Suatu saat, jika AI terus dikembangkan maka lambat laun manusia tidak akan memiliki masa depan.

Ketakutan terbesar Elon Musk adalah suatu saat AI akan mampu mengembangkan dirinya sendiri dan menyingkirkan manusia lantaran manusia dianggap sebagai makhluk pengganggu. Berita baiknya, pengembangan AI hingga saat ini tetap difokuskan ke arah pengembangan kehidupan manusia yang lebih baik.

7. Kesehatan

7 Gurita Bisnis Sang Fenomenal Elon Musk 9

Satu lagi proyek ambisius Elon Musk yakni Neuralink, yakni sebuah proyek untk menyatukan otak manusia dengan komputer secara langsung. Tujuannya cukup mulia, agar manusia mampu bersaing dengan AI. Setidaknya, Elon Musk beranggapan bahwa satu-satunya cara manusia bisa bertahan hidup dari serangan AI adalah dengan menyatukan otak manusia langsung dengan komputer.

Saat ini, Neuralink difokuskan untuk membantu manusia yang terkena penyakit seperti stroke, kanker, gangguan syaraf, dan berbagai penyakit lainnya. Jika proyek ini berhasil, maka diharapkan akan dapat mengurangi biaya pengobatan yang tinggi dan waktu pengobatan yang lama.


Oke guys, itulah beberapa bisnis yang dimiliki oleh Elon Musk. Tidak menutup kemungkinan ia akan mengembangkan lagi usahanya, mengingat ia punya sumberdaya yang luar biasa besar untuk melakukan hal tersebut. Kita tunggu saja gebrakannya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.