7 Hotel Mewah Dengan Bangunan Kuno di Indonesia


7 Hotel Mewah Dengan Bangunan Kuno di Indonesia 1

Menginap di hotel dengan bangunan kuno dapat memberikan kesan tersendiri, terutama jika bangunannya sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, berikut ini 7 hotel mewah dengan bangunan kuno di Indonesia.


Sebagai bagian dari perjalanan sejarah di Indonesia, tidak sedikit bangunan-bangunan kuno yang masih bertahan dari kerasnya perjalanan waktu maupun perubahan zaman hingga kini.

Selain menjadi sisa-sisa peninggalan zaman yang telah lalu, bangunan-bangunan kuno di Indonesia banyak yang dimasukkan menjadi cagar budaya agar tetap dapat bertahan di tengah derasnya pembangunan di era teknologi informasi saat ini.

Dalam perjalanan pembangunan peradaban, tidak sedikit bangunan kuno yang dirobohkan dan diganti dengan bangunan baru. Namun ada juga beberapa bangunan kuno yang bertahan karena difungsikan menjadi hotel dengan tetap mempertahankan nuansa bangunan kuno yang dibangun pada masanya.

Berikut ini beberapa hotel mewah dengan bangunan kuno di Indonesia, yang masih beroperasi hingga kini.

1. Hotel Majapahit, Surabaya

Bangunan yang menjadi saksi bisu peristiwa heroik bersejarah 10 Nopember 1945 ini masih kokoh berdiri di Jl. Tunjungan No.65, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

Bangunan yang dulu dikenal sebagai Hotel Oranje ini merupakan tempat terjadinya peristiwa perobekan kain biru pada bendera Belanda yang berkibar di atasnya pada 19 September 1945, yang dipercaya sebagai awal mula pertempuran sengit antara pejuang RI melawan tentara sekutu di Surabaya.

Walaupun kini Hotel Oranje, kini telah beralih menjadi Hotel Majapahit, bangunan kuno yang telah berdiri sejak tahun 1911 ini, tetap dipertahankan gaya bangunan era kolonialnya. Sehingga hotel mewah berbintang 5 ini sangat pantas jika dijadikan sebagai monumen hotel bersejarah di Indonesia.

Untuk bermalam di hotel mewah dengan bangunan kuno bergaya kolonial ini, kamu perlu menyiapkan dana setidaknya Rp. 2 juta.

Hotel Majapahit, Surabaya
Hotel Majapahit, Surabaya

2. Hotel Kartika Wijaya, Batu-Malang

Sebagai salah satu kota buatan Belanda Kota Batu di Jawa Timur masih menyisakan salah satu bangunan kuno bergaya kolonial yang kini dikenal sebagai Hotel Kartika Wijaya.

Bangunan hotel berbintang 4 yang terletak pada Jl. Panglima Sudirman No.127, Pesanggrahan, Batu ini telah berdiri sejak tahun 1891. Dengan menginap di hotel ini, kamu bisa menikmati sensasi beristirahat pada retreat ala kolonial, ditemani keindahan pemandangan Gunung Panderman.

Untuk itu kamu perlu menyiapkan dana setidaknya Rp. 1 juta untuk bermalan sehari di sana.

3. Kresna Hotel, Wonosobo

Selain Batu di Jawa Timur, Kota Wonosobo di Jawa Tengah juga menawarkan kesejukan udara dataran tinggi dengan pemandangan pegunungan, sehingga sejak sebelum kemerdekaan kota ini telah dijadikan tempat beristirahat oleh tokoh-tokoh dunia.

Hotel Kresna yang dulunya bernama Hotel Dieng, telah menjadi saksi sejarah singgahnya tokoh-tokoh besar di Wonosobo. Mulai dari Presiden Soekarno, artis dunia Charlie Chaplin sampai presiden Joko Widodo, pernah bermalam di hotel bintang 4 yang terletak pada Jl. Pasukan Ronggolawe No.30, Wonosobo Timur.

Untuk bermalam pada hotel yang berada tidak jauh dari alun-alun Kota Wonosobo ini, kamu setidaknya perlu menyiapkan dana sebesar Rp. 1,5 juta.

4. Mercure Jakarta Batavia

Bagi kamu yang berwisata ke Kota Tua Jakarta, dapat bermalam di hotel Mercure Batavia yang berada di tengah kawasan wisata tersebut, sembari menikmati bangunan-bangunan pada kawasan wisata Kota Tua Jakarta yang sudah mulai dibangun sejak abad ke 16.

Walaupun sempat berganti-ganti pemilik dan fungsi, pada saat ini bangunan-bangunan di Kawasan Wisata Kota Tua tetap dijaga keasliannya sebagai cagar budaya, termasuk hotel berbintang 4 ini.

Untuk menginap di hotel tersebut semalam, kamu perlu menyiapkan dana sebesar sekitar Rp. 500 ribu.

5. Hotel Salak – Bogor

Bangunan yang berdiri di dekat alun-alun Kota Bogor ini, sudah didirikan pada tahun 1856 yang difungsikan sebagai penginapan. Saat ini bangunan yang berada tidak jauh dari Istana Bogor tersebut digunakan sebagai hotel dengan nama Hotel Salak.

Untuk bermalam di hotel berbintang 4 ini kamu perlu menyiapkan dana setidaknya Rp. 700 ribu.

Hotel Hermitage, Menteng
Hotel Hermitage, Menteng

6. The Hermitage, Menteng Jakarta

Bangunan hotel yang terletak di Jl. Cilacap No.1, Menteng, Jakarta Pusat ini telah berdiri sejak tahun 1920 an. Terletak tidak jauh dari museum proklamasi hotel ini berada di kawasan yang dulunya merupakan hunian elite zaman Belanda.

Untuk menginap di hotel berbintang 5 dengan bangunan kuno yang masih dijaga keasliannya ini, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 1 juta..

7. Grand Inna Malioboro, Yogyakarta

Hotel yang berdiri pada tahun 1911 di kawasan Malioboro, Yogyakarta ini telah beberapa kali berganti pemilik dan nama. Seperti halnya bangunan kuno lain yang berada pada kawasan bersejarah tersebut Hotel Grand Inna Malioboro juga termasuk bangunan yang dilestarikan sebagai cagar budaya.

Untuk menginap pada hotel berbintang 4 yang masih mempertahankan bangunan bergaya kolonial ini, kamu perlu menyiapkan anggaran sekitar Rp. 1 juta.

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi hotel-hotel lain di Indonesia yang masih tetap mempertahankan keaslian bangunannya yang telah berusia lebih dari 1 abad, sehingga memberikan kesan kuno dan bersejarah. Namun dari sekian banyak hotel tersebut, hanya 7 hotel di atas yang merupakan hotel mewah berbintang 4 ke atas.

Sehingga selain menawarkan sensasi bermalam di bangunan kuno bergaya kolonial, hotel-hotel tersebut juga memberikan layanan mewah standar hotel berbintang.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Hening S

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap