7 Item Alat Dapur Penting Yang Wajib Kamu Miliki

7 Item Alat Dapur Penting Yang Wajib Kamu Miliki 1

Bagi sebagian orang yang tidak biasa terjun secara langsung ke dapur, setelah memasuki babak baru yaitu memiliki keluarga kecil akan membuatmu lebih bersemangat terjun langsung ke dapur. Memastikan anggota keluarga memakan makanan hasil olahan tangan kamu sendiri. Namun biasanya, yang tidak biasa terjun ke dapur untuk memasak akan menemui kendala seperti peralatan apa yang wajib dimiliki keluarga baru dengan kehidupan yang tentunya baru juga. Apakah perlu selengkap peralatan dirumah orang tua, ataukah tidak harus langsung membeli dalam jumlah banyak? Lalu untuk peralatan tertentu apakah harus menggunakan model yang berbeda dengan fungsi yang sama, atau bagaimana? Menurut Hamimommy (youtuber konten minimalism), ada 7 alat dapur penting yang wajib dimiliki para pemula terutama ibu rumah tangga baru. Apa sajakah 7 alat dapur penting itu? Ini dia.

1. Peralatan memasak

Sudah terbayang kan apa saja peralatan yang masuk dalam item 1 ini? Ya, peralatan memasak yang dimaksud adalah seperti spatula, saringan, centong, alat pengupas kentang dan wortel, parutan keju, serta alat untuk mengerok buah-buahan untuk dijadikan es buah. Hamimommy menyarankan untuk peralatan memasak yang langsung bersentuhan dengan panci stainless menggunakan bahan dari stainless juga. Jika dirumahmu lebih banyak menggunakan teflon dibanding panci, maka lebih baik menggunakan spatula berbahan dasar kayu agar tidak membuat teflon kamu rusak dan tentu lebih ramah lingkungan. Kamu bisa membeli peralatan memasak masing-masing berjumlah 2 kecuali alat pengupas dan parutan keju.

Jika peralatan memasak kamu sudah lengkap, jangan lupa untuk menyimpan dengan cara digantung. Karena dengan begitu akan membuat masa pakai peralatan memasak kamu lebih lama dibanding umur aslinya.

2. Pisau dan talenan

Untuk pisau, kamu bisa membelinya dengan paket pisau lengkap yang banyak sekali bertebaran di marketplace kesayangan kamu. Ada 4 jenis pisau yang sebaiknya kamu miliki, pertama pisau kecil untuk memotong buah, kedua pisau untuk memotong sayuran, ketiga pisau untuk memotong daging atau kulit ikan, dan keempat pisau untuk memotong roti dan sandwich. Jangan lupa juga untuk membeli asahan pisaunya, karena suatu hari pasti akan dibutuhkan.

Sedangkan untuk talenan, disarankan untuk tidak membeli talenan dengan bahan microplastic. Kenapa tidak disarankan membeli talenan dengan bahan dasar tersebut, karena bahan tersebut tidak aman jika digunakan terlalu lama sebab pisah yang digunakan lama kelamaan akan merusak permukaan talenan dan boleh jadi serpihan microplastic tersebut masuk ke dalam masakan kamu. Akan jauh lebih baik jika kamu mencari talenan dengan bahan dasar kayu, masa pakainya akan lebih lama dan juga lebih ramah lingkungan.

3. Panci

Model panci yang Hamimommy sarankan terbagi menjadi 2. Yang pertama adalah panci dengan fungsi merebus makanan sederhana dengan bahan dasar stainless, dan yang kedua panci dengan fungsi tahan panas yang cukup lama yaitu panci yang dibuat dengan teknologi pengecoran. Untuk anggota keluarga yang terdiri dari 2 atau 3 orang, kamu cukup membeli 2 panci stainless dan 2 panci dengan teknologi pengecoran ya. Dengan menggunakan 2 model panci tersebut, akan memudahkan kamu dalam membuat masakan untuk keluarga tercinta.

4. Teflon

Jika kamu adalah salah satu orang yang belum terlalu mahir memasak dan belum terbayang akan masak setiap hari, kamu cukup membeli teflon pelapis biasa saja. Selain harganya lebih murah, perawatannya juga mudah. Namun jika kamu sudah membayangkan akan memasak setiap hari, kamu bisa membeli teflon dengan bahan dasar besi. Karena teflon dengan bahan dasar besi masa pakainya lebih lama, dan cara perawatannya pun lebih rumit. Teflon besi setelah selesai digunakan untuk memasak, sebaiknya langsung dicuci kemudian dikeringkan dan langsung diolesi minyak kembali supaya tidak berkarat.

5. Hidangan

Apa maksud dari hidangan? Dalam hal ini adalah alat yang digunakan untuk menghidangkan makanan yang sudah kamu buat, sudah terpikir kan apa saja? Ya benar, yang termasuk dalam hidangan adalah piring, sendok, gelas, mangkuk, mangkuk sambal dll. Pembelian alat hidangan tidak perlu banyak-banyak langsung, di sesuaikan saja dengan banyaknya anggota keluarga, dan pastikan pula membeli alat hidangan yang memudahkan kamu untuk mencucinya sehabis makan. Contohnya, jangan membeli mangkuk dengan bentuk kotak, atau bersudut-sudut. Tapi belilah mangkuk yang berbentuk oval atau bulat supaya pada saat pencucian lebih mudah dibersihkan.

6. Alat penyimpanan

Untuk kamu yang baru menjalani kehidupan baru bernama keluarga, tidak perlu menata barang terlalu indah, karena akan membuatmu semakin stress. Kegunaan alat penyimpanan adalah untuk memudahkan kamu menemukan item yang dibutuhkan. Jadi untuk pemula, kamu bisa memanfaatkan kardus kosong untuk menyimpan berbagai macam botol saus, atau kotak yang sudah tidak terpakai untuk menyimpan stok snack yang kamu punya. Untuk tambahan, kamu bisa membeli alas plastik yang lumayan tebal untuk menyimpan panci dan teflon yang bisa kamu letakkan di laci, supaya kotoran yang ada di bawah panci tidak menempel pada laci langsung.

7. Wadah untuk lemari es

Kamu bisa membeli wadah datar untuk memudahkan penyimpanan bahan makanan di freezer untuk diisi daging ataupun ikan. Ada banyak jenis wadah untuk lemari es yang bisa kamu beli, wadah dengan tutup silikon yang memiliki lubang uap bisa menjadi pilihan untuk kamu beli.

Itu dia 7 item peralatan dapur penting yang harus dimiliki oleh pemula. Pastikan jumlah yang dibeli disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga dan jumlah budget yang tersedia ya. Agar pembelian yang kamu lakukan memberikan manfaat yang maksimal untuk keluarga tercinta.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.