7 Kampus Negeri Buat Kamu yang Pengen Ngampus di Bandung


7 Kampus Negeri Buat Kamu yang Pengen Ngampus di Bandung

Bulan Maret seperti ini memang sedang musimnya anak-anak kelas 12 mencari-cari kampus untuk nanti. Ditambah anak-anak gapyear yang tahun kemairn belum sempat juga, sih.

Ditambah lagi mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah mendapatkan jatah untuk , tapi nyesel dan ingin ngulang 

Kalian mungkin minder denger cerita-cerita mereka yang di kota-kota besar dan membuat kalian insecure. Misalnya, Jakarta dengan UI-nya, Yogyakarta dengan UGM-nya, Malang dengan Unibraw-nya, dan dengan ITB-nya, dan Unpad-nya juga, sih

Kalau menurut kalian cuma punya ITB dan Unpad yang masuknya susah, aduh, kalian mainnya kurang jauh. Sebenarnya, banyak kampus di yang menarik untuk kalian coba pelajari dan incar. 

Berikut adalah beberapa di yang patut dicoba!

Institut Teknologi (ITB)

Siapa sih yang tidak tahu kampus yang luar biasa terkenal dan sudah berusia seabad ini? Ya, ITB atau Institut Teknologi yang pasti tidak akan terdengar asing di telinga anak-anak ambis yang kegiatan sehari-harinya buka buku soal SBMPTN, bahkan sampe malamnya pun. 

Tapi jangan salah, walaupun banyak orang tahunya ITB itu identik dengan teknologi atau sains, sebetulnya ada sisi menarik dari kampus ini. Yaitu, salah satu Institut Teknologi yang punya fakultas seni. Menarik, kan?

Tidak selesai disitu, kampus ini juga punya sekolah bisnis, lho. Namanya adalah SBM atau Sekolah Bisnis dan Manajemen, atau sering diplesetkan jadi Sekolah Biaya Mahal karena memang biayanya mahal. 

Universitas Padjajaran (Unpad)

Aduh, kampus kedua yang ikonik ini juga bisa bikin stres anak-anak ambis. Karena, kampus ini termasuk ke salah satu kampus dengan peminat terbanyak se-Indonesia. Waduh auto banyak saingan, tuh. 

Tapi seharusnya hal ini wajar. Karena kampus ini merupakan almamater dari beberapa orang penting di Indonesia.

Misalnya adalah Hotman Paris, Ernest Prakasa, Ahmad Fuadi dan lain-lain. Kalian bisa cari di mbah gugel untuk tahu lebih lanjut siapa saja alumni penting dari kampus ini.

Universitas Pendidikan Indonesia

Untuk kalian yang ingin merasakan hawa asri dan memandang ukhti-ukhti pesantren, ini adalah kampus yang tepat. Memang agak jarang terdengar untuk orang-orang luar . Tapi sebetulnya kampus ini cukup terkenal dan bergengsi. Kampus yang dulunya bernama IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) ini terkenal dengan title-nya sebagai kampus pendidikan. 

UPI adalah satu dari beberapa kampus yang didalamnya memiliki situs bersejarah, yaitu ISOLA yang mana menjadi lambang ikonik UPI itu sendiri.

Tempat ini dulunya adalah villa pribadi milik hartawan Belanda zaman dulu, sempat dijadikan villa tempat pendudukan Jepang juga. Sekarang, bangunan ini menjadi kantor Rektorat. 

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati atau sering disingkat UIN SGD, atau bisa juga disebut UIN , adalah salah satu UIN diantara banyak UIN di Indonesia.

Negeri ini menarik untuk dicoba bagi kalian terutama yang beragama Islam. 

Kampus ini juga menarik bagi kalian yang ingin memperdalam pengetahuan agama dengan mengambil studi Pendidikan Agama Islam.

Tapi tenang saja, kampus ini juga memiliki pilihan bidang lain seperti Sains, Sosial, dan Ekonomi. Tentunya, tetap dengan budaya agama yang kuat.

Politeknik Negeri (Polban)

Bosan di Universitas? Tenang. Kali ini kita beralih ke vokasi. Apa itu vokasi? Cari sendiri, deh. Tapi kampus ini juga tak kalah besar dan lengkap dibanding Universitas, lho.

Bergerak di bidang vokasi, sangat cocok untuk lulusan SMK atau anak SMA yang setelah lulus ingin langsung bekerja.

Tapi, ada hal menarik dari kampus ini. Kampus ini dulunya adalah Politeknik ITB, alias anaknya ITB. Secara tidak langsung, kalau kalian masuk ke kampus ini, kalian adalah “Anak ITB”. Tapi kurang lengkap, “Anak Anaknya ITB”. Lumayan bangga, bukan?

Menariknya lagi, berbeda dengan kampus lain yang menyediakan program sarjana, kampus ini justru menyediakan program diploma dan sarjana terapan.

Studi di kampus ini juga sudah dirancang sedemikian rupa untuk kalian agar setelah lulus dapat langsung berjaya di dunia kerja.

Politeknik Manufaktur Bandung (Polman)

Tidak berbeda jauh dengan Polban, Polman juga anaknya ITB. Tapi, dulunya nama kampus ini adalah Politeknik Mekanik Swiss ITB atau PMS-ITB.

Seperti Polban, ini juga bergerak di bidang vokasi. Cocok untuk kalian yang ingin langsung berjaya di dunia pekerjaan. 

Poltekkes Kemenkes Bandung

Ini juga mirip seperti dua Politeknik diatas. Bedanya, kampus ini bergerak di bidang kesehatan. Ini juga sangat menarik untuk dicoba, lho.

Program studi yang ada di kampus ini juga berkaitan dengan kesehatan. Lumayan, kan? Bisa kesehatan, sambil healing ke wisata-wisata yang ada di Bandung. Jadi Dobel, deh pelajaran kesehatannya. 

Baik, sekian dulu dari saya untuk rekomendasi di Bandung. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang ingin berkuliah di Kota Kembang yang asri ini, atau pun sekadar menambah referensi kalian. Tetap semangat mengejar , ya!

Baca Juga

Exit mobile version