7 Kue Tradisional Berbahan Dasar Kelapa Parut, Manis dan Legitnya Mantul

7 Kue Tradisional Berbahan Dasar Kelapa Parut, Manis dan Legitnya Mantul 1

Daging buah kelapa gak melulu diparut lalu diambil santannya lho, namun daging buah kelapa yang diparut pun bisa ditambahkan ke dalam beberapa kue khas Indonesia ini. Penambahan kelapa parut dalam pembuatan kue inilah menghasilkan cita rasa kue lebih gurih meski tanpa ditambah bahan penyedap lain.

Gak heran kan, camilan khas Indonesia yang diberi tambahan kelapa parut selalu diminati oleh banyak orang. Mau tahu kue khas Indonesia apa saja yang diberi tambahan kelapa parut? Simak, artikel ini sampai selesai ya!

1. Kue pancong

7 Kue Tradisional Berbahan Dasar Kelapa Parut, Manis dan Legitnya Mantul 3

Kue pancong merupakan kue tradisional khas Betawi yang terdiri dari tepung beras, santan kelapa, dan tak lupa kelapa parut. Kemudian bahan-bahan tersebut dicampur dan di adonan, lalu dicetak di dalam sebuah cetakan berbentuk setengah lingkaran.

Setelah itu dibakar di atas api hingga matang. Umumnya kue pancong disajikan dengan taburan gula pasir untuk menambah cita rasa, sehingga jajanan jadul ini memiliki sensasi rasa manis plus gurih.

2. Kue rangi

7 Kue Tradisional Berbahan Dasar Kelapa Parut, Manis dan Legitnya Mantul 4

Jajanan jadul khas Betawi gak hanya kue pancong saja lho, tapi ada juga kue rangi. Kue rangi terbuat dari adonan tepung sagu yang dicampur kelapa parut, lalu dicetak ke dalam cetakan berbentuk setengah lingkaran.

Selanjutnya dibakar di atas bara api sampai matang. Aroma wangi khas yang keluar saat proses pembakaran, kue rangi biasanya disajikan bersama siraman saus gula merah. Rasanya manis dan gurih, cocok dinikmati bareng segelas teh hangat. Mantap euy!

3. Geplak

7 Kue Tradisional Berbahan Dasar Kelapa Parut, Manis dan Legitnya Mantul 5

Geplak merupakan kue khas Jogja yang terbuat dari kelapa parut, tepung beras, dan gula pasir lalu dicampur menjadi satu. Kemudian kue ini diberi pewarna makanan seperti warna merah muda, hijau, dan biarkan berwarna putih.

Geplak merupakan kue khas Jogja yang terbuat dari kelapa parut, tepung beras, dan gula pasir lalu dicampur menjadi satu. Kemudian kue ini diberi pewarna makanan seperti warna merah muda, hijau, dan biarkan berwarna putih.Setelah itu dimasak sambil terus diaduk hingga matang, barulah dibentuk kecil-kecil dan biarkan mengeras. Memiliki ciri khas warna yang beraneka ragam serta rasanya yang manis gurih, membuatnya kue geplak banyak dijadikan oleh-oleh para wisatawan saat berkunjung ke Jogja.

4. Gemblong

7 Kue Tradisional Berbahan Dasar Kelapa Parut, Manis dan Legitnya Mantul 6

Gemblong termasuk salah satu kue yang biasa ditemui di antara deretan jajanan pasar. Gemblong terbuat dari tepung beras ketan putih, santan, margarin, dan kelapa parut. Lalu bahan-bahan ini di adonan dan diuleni hingga kalis, selanjutnya setelah adonan kalis kemudian adonan dibentuk bulat agak lonjong.

Setelah itu adonan yang telah dibentuk, kemudian digoreng hingga matang. Barulah dilapisi dengan gula merah yang sudah dilarutkan, teksturnya yang agak keras di luar tapi sangat lembut di bagian dalam. Cita rasa manis dan gurihnya pun gak bikin eneg, dijamin enak banget!

5. Wingko babat

7 Kue Tradisional Berbahan Dasar Kelapa Parut, Manis dan Legitnya Mantul 7

Wingko babat menjadi salah satu kue khas Jawa yang terbuat dari kelapa parut, tepung beras ketan, dan gula pasir. Lalu bahan-bahan ini kemudian di adonan hingga tercampur rata.

Selanjutnya adonan wingko babat dibentuk bulat pipih. Setelah itu adonan dipanggang hingga matang. Teksturnya yang empuk dan bercita rasa manis gurih, gak cukup cuma makan satu!

6. Kue sagon

7 Kue Tradisional Berbahan Dasar Kelapa Parut, Manis dan Legitnya Mantul 8

Kue sagon merupakan salah satu kue kering yang biasa kita temui saat perayaan Lebaran tiba. Terdiri dari adonan tepung beras ketan putih, kelapa parut, margarin, gula pasir, dan vanili. Lalu adonan tersebut dicetak ke dalam cetakan khusus, setelah itu barulah dipanggang sampai matang.

Memiliki ciri khas warna kecoklatan, kue sagon pun identik ada rasa manis dan gurih. Selain itu teksturnya yang keras di luar, namun saat digigit tekstur di dalamnya terasa sangat lembut. Bikin ngiler, kan?

7. Kue putu

7 Kue Tradisional Berbahan Dasar Kelapa Parut, Manis dan Legitnya Mantul 9

Kue putu menjadi jajanan tradisional yang kini sudah mulai sulit ditemukan. Memiliki bentuk unik, kue putu terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan pasta pandan, kelapa parut, dan garam. Lalu bahan adonan tersebut dituang setengahnya ke dalam cetakan bambu, kemudian diisi dengan gula merah.

Selanjutnya ditutup kembali dengan sisa adonan, setelah itu dikukus hingga matang. Setelah matang kue putu umumnya dihidangkan dengan parutan kelapa. Teksturnya yang lembut, dijamin bisa bikin menggoyang lidah!

Nah dari ketujuh kue di atas, mana nih yang jadi favorit kamu?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Amir Rosadi