7 Langkah Decluttering untuk Merapikan Rumah


7 Langkah Decluttering untuk Merapikan Rumah

Apakah kamu sudah pernah mendengar istilah decluttering?

Nah, pas sekali nih! Buat kamu yang saat ini menempati hunian di perumahan baru atau rumah seken, decluttering cocok untukmu!

Pada dasarnya kegiatan decluttering ini merujuk pada aktivitas bersih-bersih dan beres-beres rumah.

Kemudian menata rumah menjadi lebih rapi dan hanya fokus menggunakan barang yang digunakan. Untuk barang yang tidak digunakan lagi bisa didonasikan atau dibuang. 

Apa itu Decluttering? 

Aktivitas decluttering berasal dari kata kerja declutter yang bisa diartikan sebagai upaya menyingkirkan barang-barang tidak terpakai untuk membuat rumah lebih nyaman.

Kegiatan ini hanya fokus pada kegiatan memisahkan barang yang masih akan terus digunakan dan yang tidak.

Barang yang terus digunakan akan tetap diletakkan pada tempatnya, sementara barang yang tidak akan digunakan lagi akan didonasikan atau dijual secara preloved. 

7 Langkah Decluttering

Berikut ini ada 7 langkah decluttering yang perlu kamu lakukan.

Proses penyelesaian setiap langkah dilakukan di 7 hari yang berbeda. Jadi setiap harinya kamu hanya akan fokus ke satu kegiatan dan area. Yuk dicek urutannya!

Hari Pertama Kamar tidur

Kamar tidur menjadi area pribadi yang harus dijaga kebersihannya. Kamu bisa membersihkan kamar tidur mulai dari ranjang.

Ganti sprei dan pastikan tidak ada dokumen, buku atau barang lain di atas kasur selain guling, bantal dan selimut. Cek juga bagian kolong tempat tidur, pastikan tidak ada barang yang kamu simpan di bawah kolong.

Tips yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir penumpukan barang di kolong kasur adalah jangan memilih kasur dengan kolong atau pilihlah ranjang yang tidak menggunakan kaki. 

Hari Kedua Lemari baju

Area kedua yang harus kamu bersihkan dan bereskan adalah lemari baju.

Biasanya baju yang masih dan tidak digunakan bercampur di satu lemari, oleh karena itu saatnya kamu beraksi memisahkan keduanya.

Untuk pakaian yang masih layak pakai kamu bisa tetap meletakannya di dalam lemari, sementara untuk pakaian yang tidak kamu gunakan lagi bisa kamu donasikan atau dijual secara online.

Apabila ada tumpukan kotak atau kardus di dalam lemari baju, buanglah kotak dan kardus tersebut agar membuat isi lemari lebih lapang (spacious). 

Hari Ketiga Kamar mandi

Area kedua adalah kamar mandi. Biasanya sampah plastik bekas botol sabun, sampo atau pasta gigi berada di area ini.

Jadi untuk mengantisipasi hal tersebut langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan semua sampah bekas botol atau plastik.

Langkah selanjutnya kamu bisa menggunakan botol isi ulang agar menghemat tempat dan mengurangi penggunaan sampah plastik. 

Hari Keempat Meja dan dokumen kerja 

Kemudian kamu perlu membersihkan dan merapikan meja dan dokumen kerja. Pastikan kamu menggunakan sistem paperless, artinya tidak menggunakan kertas atau dokumen yang dicetak.

Gunakan saja PC komputer atau laptop untuk menyelesaikan pekerjaan dan berkirim dokumen dengan email. Laptop kamu juga perlu ditata, lho.

Buang dokumen atau file yang tidak kamu gunakan lagi. Sementara kelompokan dokumen berdasarkan project tertentu agar suatu hari kamu bisa dengan mudah menemukannya.

Dokumen yang ada di dalam recycle bin juga sebaiknya dihapus secara permanen untuk menghemat ruang simpan di laptop.

Hari Kelima Laci (Miscellaneous

Selanjutnya kamu bisa mengecek bagian laci. Laci pada umumnya bukan tempat sampah.

Tapi pada kenyataannya, kita banyak menyimpan barang di laci hingga penuh dan tak ada sisa tempat lagi. Cara menyimpan barang seperti ini tentu tidak baik.

Selain sulit untuk mencari barang yang akan kita perlukan, cara ini juga akan menumpuk sampah.

Jadi pastikan yang ada di laci hanya peralatan kebutuhan dasar yang diperlukan seperti gunting, lem, dan lain sebagainya.

Sementara untuk obat-obatan yang dikonsumsi atau obat luar, upayakan untuk disimpan pada kotak P3K.

Hari Keenam Isi kulkas

Kulkas menjadi tempat yang sering berantakan. Untuk mengantisipasi hal ini kamu bisa membuang makanan yang memang sudah kedaluwarsa, kemudian cukup isi dengan makanan yang masih segar.

Gunakan storage untuk memastikan makanan tersimpan dengan rapi sesuai kategorinya masing-masing. 

Hari Ketujuh Dapur

Dapur juga sering menjadi area yang berantakan, untuk menanggulangi hal ini pastikan kamu menggunakan storage yang tepat untuk menyimpan bumbu makanan. Selain itu pastikan tidak ada sampah yang menumpuk di area dapur. 

Nah itu saja informasi mengenai cara menata rumah. Bagi kamu yang mungkin baru saja pindah ke perumahan baru di bekasi, jakarta atau kota-kota lain, pastikan untuk mengaplikasikan urutan declutter di atas.