7 Langkah Supaya Pola Tidur Bisa Normal Setelah Ramadhan


7 Langkah Supaya Pola Tidur Bisa Normal Setelah Ramadhan 1

Saat bulan Ramadhan, banyak orang yang mengalami pola tidur tidak normal, karena harus memperbanyak amal ibadah dan makan sahur di jam-jam yang tidak seperti biasanya.

Yang biasanya jam 9 malam atau 10 malam sudah mulai tidur, saat puasa bisa tidur di atas jam 10 malam, dan hanya tidur 3 jam harus bangun lagi untuk makan sahur hingga waktu shalat subuh tiba.         

Saat puasa, meski mata terasa ngantuk sekali, kita akan sulit tidur siang karena perut terasa lapar, belum lagi bagi yang bekerja harus menyelesaikan pekerjaan.

Pada masa perubahan dari bulan puasa Ramadhan kembali ke jadwal yang normal banyak proses yang harus dilakukan supaya pola tidur bisa kembali normal dan memiliki kualitas yang baik untuk kesehatan.       

Jika kita tidak bisa mengembalikan pola tidur yang sempurna, akan menggangu kesehatan, yang dapat menimbulkan beragam penyakit, seperti jantung, stroke dan juga peradangan.      

Ada baiknya kita kembali memperbaiki pola tidur yang sehat, supaya jasmani dan ruhani juga sehat, karena kesehatan sangat penting, terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini.     

Tentu Anda sangat ingin bisa kembali menjalani pola tidur normal supaya sehat setelah menjalani ibadah puasa Ramadhan selama 1 bulan penuh. Ada banyak cara supaya bisa melakukan pola tidur kembali normal, nah berikut ini langkah-langkah supaya pola tidur kembali normal.      

1. Atur cahaya di dalam kamar supaya tidak terlalu terang 

Jika Anda tidak suka dengan ruangan yang gelap, buatlah pencahayaan di dalam kamar tidak terlalu terang.     

Jika cahaya terlalu terang, bisa mengganggu otak saat memproduksi melatonin yang bekerja untuk mengatur waktu tidur.     

2. Relaksasi

Dengan melakukan relaksasi pikiran bisa menjadi tenang bahkan bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Relaksasi juga bisa mengurangi setres dan rasa cemas berlebihan.     

Anda bisa melakukan relaksasi dengan cara seperti yoga, peregangan, meditasi dan tarik nafas secara perlahan dan mendalam.     

3. Hindari tidur siang

Usahakan untuk tidak tidur di siang hari, jika terpkasa Anda bisa tidur tidak lebih dari 30 menit, jangan tidur di waktu sore hari supaya jam tidur di malam hari tidak terganggu.     

4. Rajin berolahraga

Lakukan olahraga secara rutin selama 30 menit setiap harinya, selain bisa sehat, olahraga juga bisa membantu tidur menjadi lebih nyenyak dengan produksi hormone melatonin.    

5. Jauhkan dari keramaian

Usahakan untuk berada di lingkungan yang tenang. Otak merupakan salah satu organ yang merespon suara, bahkan saat tidur.

Hindari penggunaan alat elektronik yang menyala pada malam hari seperti televisi dan lainnya yang bisa membuat kebisingan pada saat tidur.

6. Atur suhu ruangan

Sebisa mungkin untuk berada di suhu kamar yang sejuk agar tidur menjadi lebih nyaman.

Dengan berada di sebuah ruangan yang nyaman merupakan faktor terpenting dalam mencapai kualitas tidur yang baik.

7. Hindari makan sebelum tidur

Berhenti makan 2-3 jam sebelum tidur agar tubuh dapat mencerna makanan dengan baik.

Jangan mengkonsumsi makanan yang berat dan mengandung lemak tinggi serta jangan konsumsi minuman yang ada kafeinnya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Bangjek

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap