7 Manfaat Memulai Harimu dengan Berjalan Kaki

7 Manfaat Memulai Harimu dengan Berjalan Kaki

Apa yang kamu lakukan ketika dipagi hari ? mandi , sarapan ?. Menggerakan mungkin bukan hal prioritas yang dilakukan , padahal olah raga ringan sangat untuk tubuh, kamu bisa memulainya dengan  berjalan kaki dipagi hari yang akan sangat bermanfaat untuk kesehatanmu lho. 

Berikut  10 alasan mengapa kamu mungkin ingin memulai hari dengan berjalan kaki beberapa langkah.

1. Meningkatkan Energi

Memulai hari  dengan berjalan- dapat memberi  lebih banyak energi sepanjang hari. Terutama jika dilakukan di luar ruangan. 

Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang berjalan selama 20 menit di luar ruangan merasakan lebih dan berenergi daripada mereka yang berjalan selama 20 menit di dalam ruangan.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa 10 menit berjalan di tangga lebih berenergi daripada secangkir untuk 18 wanita yang merasa kurang tidur.

Lain kali ketika merasa tidak bersemangat di pagi hari atau merasa lelah saat bangun tidur, coba deh kamu jalan-jalan di sekitar .

2. Memperbaiki

Ada beberapa manfaat fisiologis berjalan di pagi hari diantaranya

  • Meningkatkan Self esteem
  • Meningkatkan Mood / suasana hati
  • Mengurangi
  • Mengurangi kecemasan
  • Mengurangi kelelahan
  • Meringankan gejala atau mengurangi risiko depresi

Untuk hasil terbaik, cobalah berjalan selama 20 hingga 30 menit setidaknya 5 hari seminggu.

3. Membantu mengurangi berat badan

Untuk kamu yang sedang menjalankan program kamu bisa memulai berjalan kaki setiap pagi. Berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori. Dikombinasikan dengan diet dan latihan kekuatan.

4. Mencegah atau kondisi kesehatan

Berjalan kaki dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan , termasuk meningkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah dan membantu mengelola berbagai kondisi kesehatan.

Studi menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 19 persen. Jika kamu mengidap diabetes, berjalan kaki juga dapat membantu menurunkan kadar Anda.

Bahkan dapat membantu meningkatkan rentang hidup dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan tertentu.

5. Memperkuat otot

Berjalan dapat membantu memperkuat otot-otot di kaki. Untuk hasil terbaik, berjalanlah dengan kecepatan sedang hingga cepat. Cobalah berbagai variasi berjalan kaki sebagai rutinitas Anda misalnya menaiki tangga, berjalan naik turun bukit, atau berjalan di tanjakan di atas treadmill.

Tambahkan latihan penguatan kaki seperti squat dan lunges beberapa kali seminggu untuk otot yang lebih kencang.

6. Meningkatkan kesehatan

Jalan kaki pagi dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dan kemampuan untuk fokus sepanjang hari. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa di antara orang dewasa yang lebih tua, mereka yang memulai hari mereka dengan jalan pagi meningkatkan fungsi kognitif mereka, dibandingkan dengan mereka yang tidak banyak bergerak. Berjalan kaki juga dapat membantu berpikir lebih

7. Tidur lebih nyenyak di malam hari

Berjalan kaki dapat membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Sebuah studi kecil tahun 2017 mengamati orang dewasa yang lebih tua berusia 55 hingga 65 tahun yang mengalami kesulitan tidur di malam hari atau hidup dengan insomnia ringan.

Mereka yang berolahraga di pagi hari mengalami tidur yang lebih baik di malam hari. 

Memulai hari dengan berjalan kaki sangat bermanfaat buntuk kesehatan.  Pastikan untuk melakukan peregangan sebelum dan sesudah berjalan dan banyak air agar tetap terhidrasi.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ivan