7 Manfaat Pare, Si Pahit yang Menyehatkan

7 Manfaat Pare, Si Pahit yang Menyehatkan

Pare (Momordica charantia) memiliki rasa yang sangat pahit, namun mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Umumnya pare ditambahkan dalam makanan seperti tumis atau isian.

Kandungan nutrisi dalam pare membawa manfaat bagi kesehatan, sehingga selain untuk konsumsi buah ini banyak digunakan sebagai pengobatan alternatif atau komplementer.

Baca juga  10 Khasiat Tomat, Kamu Wajib Tahu!

Berikut berbagai manfaat pare bagi kesehatan:

Menurunkan Gula Darah

Pare telah digunakan oleh populasi di seluruh penjuru dunia untuk membantu mengatasi kondisi terkait diabetes. Mengkonsumsi pare diduga berkaitan dengan penurunan kadar gula darah. Hal ini terjadi karena pare mengandung senyawa yang berfungsi seperti insulin, yang mana membantu memindahkan glukosa kedalam sel untuk digunakan sebagai energi.

Baca juga  5 Manfaat Sayuran Brokoli Bagi Kesehatan

Konsumsi pare dapat membantu sel-sel tubuh menggunakan glukosa dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak. Pare juga diduga meningkatkan sekresi insulin (hormon yang bertanggungjawab dalam pengaturan kadar gula darah).

Bukan itu saja, pare juga dapat membantu tubuh mempertahankan bentuk nutrisi dengan menghambat pengubahan nutrisi menjadi glukosa yang kemudian masuk ke aliran darah.

Baca juga  7 Tanaman Ampuh Pengusir Serangga dan Bikin Rumah Harum Terus

Beberapa studi telah membuktikan keterkaitan antara konsumsi pare dengan penurunan kadar gula darah. Meski demikian, pare bukan termasuk pengobatan untuk diabetes yang disetujui secara medis.

Melawan Kanker

Penelitian mengindikasikan bahwa pare mengandung beberapa senyawa yang memiliki manfaat melawan kanker. Senyawa tersebut dapat melawan proliferasi sel-sel kanker dan menghentikan pembentukan tumor.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Laila NF