7 Model Truk Berdasarkan Sumbu Roda


7 Model Truk Berdasarkan Sumbu Roda 1

Transportasi merupakan suatu hal yang penting dalam menunjang roda perekonomian di masyarakat kita,dari berbagai macam alat transportasi tentunya kita mengenal truk,ya kendaraan yang mampu membawa beban yang berat bahkan lebih berat dari kendaraan nya sendiri.

truk sendiri memiliki bermacam ragam model dan bentuk nya,nah kali ini kita akan bahas 7 model truk berdasarkan gardan/sumbu rodanya yang ada di Indonesia.

 

Truk engkel

7 Model Truk Berdasarkan Sumbu Roda 3

Truk engkel adalah istilah bagi truk yang mempunyai dua sumbu roda,truk ini biasa di pakai untuk mengangkut beban yang ringan,mulai dari truk yang memiliki 4 roda dengan kapasitas 12 ton,hingga truk 6 roda yang memiliki kapasitas 16 ton.

truk model engkel ini sangat terkenal di Indonesia,dan berasal dari berbagai macam pabrikan seperti,Mitsubishi canter/ragasa,isuzu elf,Toyota dyna,hino dutro,dan bahkan perusahaan asal india yakni tata ultra dan lain sebagainya.

 

Truk tronton

7 Model Truk Berdasarkan Sumbu Roda 4

Truk tronton adalah istilah bagi truk yang mempunyai 3 sumbu roda/gardan,dengan konfigurasi susunan ban 1-2-2.yakni 1 ban di depan dan masing-masing 2 ban di belakang(tampilan dari samping).

Tenaga dari mesin yang berada di depan,di salurkan ke dua gardan nya sehingga di kenal dengan istilah 6×4,terkadang truk model ini hanya memiliki satu gardan penggerak di sebut 6×2,truk tipe ini mempunyai daya angkut sekitar 22 ton.

di Indonesia sendiri istilah tronton di gambarkan dengan sebuah truk yang besar,karena umumnya truk tronton memiliki ukuran yang besar,meskipun terkadang tronton tidak semuanya besar.

 

Truk trintin

7 Model Truk Berdasarkan Sumbu Roda 5

Truk trintin adalah istilah bagi truk yang memiliki 3 gardan dengan konfigurasi susunan ban 1-1-2,yakni 1 sumbu roda berada di depan dan satu sumbu roda di tengah dan satu sumbu roda berada di belakang sebagai penggerak.

keunikan dari truk ini ialah pada sumbu tengah dan depan nya,pada saat berbelok ke empat roda nya akan berbelok juga.umum nya truk ini adalah truk impor bekas dari luar negeri seperti jepang dan cina.

berbicara tentang kapasitas daya angkut truk trintin sedikit lebih di atas truk engkel yakni 18 ton,truk trintin ini paling banyak terlihat dari pabrikan Mitsubishi fuso meskipun ada juga dari pabrikan lain seperti Nissan diesel dan juga hino.

 

Truk trinton

7 Model Truk Berdasarkan Sumbu Roda 6

Truk trinton adalah istilah bagi truk yang memiliki 4 gardan dengan konfigurasi susunan ban 1-1-2-2,yakni 1 sumbu roda di depan 1 sumbu roda di tengah dan 2 sumbu roda di belakang layaknya tronton.

bisa di katakan truk trinton merupakan perpaduan antara truk tronton dan juga trintin,seperti hal nya trintin 2 gardan depannya di pakai untuk berbelok atau maneuver sedangkan 2 gardan belakang nya sebagai roda penggerak.

truk ini juga kebanyakan di impor dari luar negeri,karena pabrikan di Indonesia belum ada yang menjual nya secara resmi.

 

Truk tribal

7 Model Truk Berdasarkan Sumbu Roda 7

Truk tribal adalah istilah yang di pakai bagi truk yang memiliki 3 gardan belakang,umumnya truk ini banyak kita dapati di pulau sumatera.

sebenarnya truk tribal ini bukan buatan pabrik,melainkan hasil olahan sendiri,dengan cara menyambung sasis dan menambah gardan belakang nya,hal ini di maksudkan agar bertambah banyak kapasitas daya angkut truk.

namun pihak dinas perhubungan melarang hal ini untuk alasan keamanan di jalan karena truk tribal ini memiliki panjang sampai 16 meter,tetapi roda penggerak truk ini hanya terletak pada 2 gardan sedang gardan yang paling belakang hanya berfungsi sebagai penopang beban.

 

Truk gandeng

7 Model Truk Berdasarkan Sumbu Roda 8

Truk ini banyak di temukan di area perkebunan seperti hal nya pabrik gula untuk mengangkut tebu,meskipun di jalanan juga banyak yang berkeliaran,beda truk ini hanya pada bak muatan yang di tambah di belakang nya sekilas truk ini hampir mirip dengan kereta api.

 

Truk trailer

7 Model Truk Berdasarkan Sumbu Roda 9

Truk ini biasa di pakai untuk membawa container atau peti kemas dan alat berat,truk tipe ini memiliki bak muatan yang terpisah dengan kepalanya yang biasa di sebut tractor head.

tractor head sendiri memiliki variasi ada yang memiliki 2 gardan roda atau engkel dan ada juga yang memiliki 3 gardan roda atau tronton,sementara bak container nya juga beragam,mulai dari satu gardan hingga 3 gardan,tergantung berat beban yang di angkut.

Nah,itulah 7 ragam model truk berdasarkan sumbu roda nya.silahkan tinggalkan komentar anda di bawah.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Sayyid Aulia Akbar Alhabsyi

   

Menempuh dan fokus di jurusan halu selama beberapa dekade,hingga mencapai master

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap