7 Pemain Timnas AFF 2010 yang Sudah Tidak Asing Didengar Fans Sepak Bola Indonesia

7 Pemain Timnas AFF 2010 yang Sudah Tidak Asing Didengar Fans Sepak Bola Indonesia

Sudah sebelas tahun berlalu euforia masyarakat Indonesia menyaksikan batapa hebatnya timnas kita berlaga di kejuaraan AFF 2010. Kala itu timnas kita masih dilatih oleh mendiang Alfred Riedl yang mampu menelurkan banyak talenta muda Indonesia.

Meskipun gagal meraih juara, namun sejatinya para pemain timnas Indonesia sudah merebut hati para penggemar sepak bola di tanah air. Bahkan saking boomingnya saat itu, orang-orang yang awalnya tidak begitu suka akan sepak bola pun menjadi penggemar dadakan.

Kita semua mungkin sudah tidak akan asing lagi dengan nama-nama beken seperti Irfan Bachdim, Cristian Gonzáles, Bambang Pamungkas, Firman Utina, hingga Okto Maniani yang mampu membawa timnas Indonesia ke babak final AFF 2010 sebelum ditumbangkan oleh rival tetangga Malaysia.

Saat itu saya menonton pertandingan AFF 2010 bersama orang-orang kampung di rumah Pak RW menggunakan layar tancep. Anak-anak, remaja, dewasa, bapak-bapak, bahkan hingga ibu-ibu pun ikut bergabung.

Bagi saya, untuk kalian penggemar sejati sepak bola Indonesia pastinya tidak akan asing lagi dengan nama-nama punggawa timnas hingga pelatih yang berlaga di AFF 2010 sampai sekarang. Beberapa dari mereka ada yang masih bermain sebagai pesepakbola professional ada pula yang sudah gantung sepatu karena faktor usia.

1. Safee Sali

Nama pertama yang pastinya sudah tidak asing di telinga fans Indonesia dari tim lawan adalah Safee Sali sang ujung tombak dari timnas Malaysia.

Saat itu kehadirannya di lini depan menjadi ancaman setiap tim lawan hingga mampu membawa negaranya juara piala AFF 2010 dan berhasil mencetak gol di final saat melawan Indonesia.

Setelah pergelaran AFF 2010, Safee Sali sempat bermain untuk tim Indonesia Pelita Jaya dan Arema Cronus hingga sekarang masih berkarir di liga Malaysia dengan umur 37 tahun.

2. Teerasil Dangda

Nama penyerang selanjutnya yang ditakuti di Piala AFF 2010 adalah Teerasil Dangda ujung tombak andalan timnas Thailand meskipun doi belum bisa mengantarkan negaranya untuk lolos grup.

Kala itu timnas Thailand berhasil dikalahkan oleh timnas Indonesia dengan skor 2-0 lewat sepasang gol dari Bambang Pamungkas. Meskipun begitu, karir Teerasil Dangda semakin mentereng hingga pernah dipinjam oleh klub Spanyol, Almeria.

Sebelum itu pun doi pernah mencicipi sebagai pemain Manchester City. Saat ini ia masih aktif bermain di Liga Thailand dengan bergabung bersama BG Pathum United sesuai data di transfermarkt.

3. Noh Alam Shah

Salah satu pemain mentereng di timnas AFF 2010 yang pernah bermain di liga Indonesia adalah Noh Alam Shah bomber asal Singapura. Kala itu timnas Singapura tidak mampu berbuat banyak di pagelaran AFF 2010 karena hanya menempati posisi ketiga di fase grup di bawah Filipina.

Tercatat Noh Alam Shah pernah membela tim Arema Indonesia dan Persib Bandung. Kini doi sudah gantung sepatu dan bekerja di perusahaan swasta.

4. Younghusband bersaudara

Selanjutnya ada dua pemain naturalisasi Filipina bernama Philip Youghusband dan James Younghusband atau biasa dikenal dengan Younghusband bersaudara. Dua bersaudara ini memulai karirnya di akademi Chelsea.

Di timnas Filipina, James berposisi sebagai gelandang sedangkan saudaranya Phil Younghusband bermain sebagai penyerang. Phil Younghusband pernah membobol gawang Indonesia di ajang AFF 2014 saat melumat timnas kita dengan skor telak 4-0.

5. Shintaweechai Hathairattanakool

Pemain berikutnya datang dari penjaga gawang timnas Thailand yang namanya mungkin sudah sangat tidak asing bagi fans Persib Bandung alias bobotoh karena doi pernah bermain di sana pada tahun 2006 dan 2009 sebagai pemain pinjaman. Sampai saat ini doi masih aktif bermain di usianya yang hampir kepala empat di klub Muangkan United.

6. Baihakki Khaizan

Lalu ada Baihakki Kaizan rekan senegara Noh Alam Shah. Doi bermain sebagai pemain bertahan tepatnya posisi centre-back. Sama seperti Shntaweechai dan Noh Alam Shah, doi juga pernah bemain untuk Persib Bandung musim 2010-2011.

Sebelum bermain untuk Persib Bandung, Baihakki Kaizan sebenarnya lebih dulu membela tim rival Persib yaitu Persija Jakarta. Kini ia masih bermain di usianya yang ke-37 tahun untuk klub di Singapura, Tampines Rovers.

7. Rajagobal

Nama terakhir yang sudah tidak asing lagi bagi fans sepak bola di tanah air adalah pelatih timnas Malaysia bernama Rajagobal. Doi berhasil membawa timnas Malaysia menjuarai piala AFF 2010 meskipun pada pertandingan grup timnya dikalahkan oleh timnas kita dengan skor telak 1-5 yang yang dihiasi oleh gol debut Irfan Bachdim bagi timnas Indonesia.

Kala itu saya hafal betul gestur-gestur yang diperlihatkan blio. Tercatat saat ini Rajagobal menjabat sebagai pelatih timnas Brunei Darussalam agar bisa lolos di AFF 2021.

Itulah nama-nama para pemain timnas AFF 2010 selain punggawa timnas Indonesia yang sudah tidak akan asing lagi bagi kita terutama fans sepak bola sejati.

Sepertinya meskipun bukan fans sepakbola, nama-nama di atas tersebut setidaknya pernah didengar oleh sebagian orang karena euforia AFF 2010 saat itu begitu besar. Kini semua euforia itu hanya tinggal kenangan. Semoga timnas senior kita bisa segera merebut piala AFF 2021.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Erfransdo