7 Peralatan Kuliah Penting Jurusan DKV 


7 Peralatan Kuliah Penting Jurusan DKV 

Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) membutuhkan berbagai peralatan untuk menunjang kegiatan kuliahnya.

Banyaknya peralatan tersebut dikarenakan banyak tugas dan mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa untuk memakai alat tersebut.

Oleh karena itu, mahasiswa DKV harus mempersiapkan alat ini jika ingin kuliah dengan lancar.

Dari sekian banyaknya alat yang ada, sebaiknya mahasiswa baru di jurusan DKV mempersiapkan beberapa peralatan dasar berikut ini.

Karena alat ini sifatnya wajib dan akan digunakan terus-menerus.

1. Peralatan Kuliah Penting Jurusan DKV yang Wajib Dimiliki

Peralatan kuliah penting jurusan DKV sebenarnya sangat banyak. Bahkan dengan perkembangan zaman jumlah peralatan ini semakin bertambah.

Karena terdapat alat yang sifatnya digital dan tidak. Namun, peralatan kuliah penting yang mendasar harus diketahui oleh anak DKV agar bisa kuliah dengan baik. Adapun beberapa peralatan tersebut adalah:

2. Pensil dan Pulpen

Pensil dan pulpen merupakan salah satu alat paling wajib bagi anak DKV.

Karena dua alat ini akan memudahkan kamu dalam membuat sketsa. Namun, ingat jenis pensil sangat banyak seperti HB, H, seri B dan lainnya.

Kamu tidak membutuhkan semuanya, namun jika punya dana lebih maka akan lebih baik jika memiliki semua serinya karena pastinya kamu butuhkan suatu saat.

Jangan lupa untuk memiliki alat serut dan penghapusnya sekalian.

3. Sketchbook

Jurusan DKV pasti tidak asing dengan menggambar. Karenanya. Mereka membutuhkan buku sketsa.

Ukuran buku sketsa ini cukup beragam jadi kamu tinggal membeli sesuai kebutuhan saja.

Semakin lama kamu kuliah, kamu akan mengenal kertas aquarel yang biasa dipakai saat menggunakan cat air. Kertas ini berbeda dengan lainnya yang tersedia di tukang foto copy.

Oleh karena itu, kamu harus memiliki kertas ini suatu saat nanti.

4. Jangka dan Penggaris

Kedua alat ini sangat penting karena akan membantu kamu membuat sketsa dan karya yang baik, simetris dan hasil akhirnya terlihat lebih indah.

Akan lebih baik jika kamu membeli penggaris besar dan jangka yang kokoh agar bisa dipakai untuk waktu yang lama.

5. Pulpen Gambar

Anak jurusan DKV pasti sangat mengenal pulpen menggambar karena akan selalu digunakan setiap harinya.

Sesuai dengan namanya, pulpen ini dipakai untuk menggambar, menebalkan garis dan lain sebagainya.

Setiap pulpen ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Semakin besar angkanya maka akan semakin tebal pula kepala pulpen tersebut.

Biasanya drawing pen yang dipakai bermerek Snowman. Karena mudah didapatkan dan harganya cukup ringan di kantong mahasiswa.

6. Palet dan Kuas

Lambat laun anak DKV akan menggunakan cat air. Oleh karena itu, kamu membutuhkan palet sebagai tempat meletakkan dan mencampur cat tersebut.

Sedangkan kuas berguna untuk membuat gambar dan lukisan di kertas aquarel.

Palet ini sendiri mudah kamu dapatkan di toko ATK dan harganya sangat murah.Kuas ini juga mudah didapat namun ukurannya berbeda-beda sehingga kamu sebaiknya memiliki beberapa kuas agar bisa dipakai untuk kepentingan yang berbeda. 

7. Cat, Tinta dan Perlengkapannya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kebutuhan palet dan kuas pastinya membuat kamu membutuhkan cat.

Pada semester-semester awal kamu akan memakai cat air terlebih dahulu dan nantinya akan meningkat ke cat minyak dan lainnya.

Memakai cat air lebih dianjurkan karena mudah digunakan dan dibersihkan. Khususnya untuk mahasiswa semester awal. 

Selain itu, kamu juga membutuhkan tinta karena nanti dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Khususnya melukis, membuat garis, sketsa dan lainnya.

Selain kedua alat tersebut, kamu juga harus memiliki perlengkapan lain yang mendukung seperti cutter, gunting dan papan cutting.

Alat-alat ini berguna saat kamu untuk membuat karya tertentu. Sedangkan papan cutting (cutting mat) akan membantu memotong gambar tanpa merusak alas lain.

8. Drawing Bag

Perlatan satu ini merupakan salah satu yang terpenting karena fungsinya adalah menjaga karya kamu agar tidak lecek, rusak dan terkena air.

Jadi, karya yang dimiliki dapat dibawa kemana-mana dengan aman. Drawing bag ini bisa berbentuk tas atau tabung. Kebanyakan anak DKV memilih tabung karena ringan dan mudah dibawa.

Itulah 7 peralatan utama untuk mahasiswa jurusan DKV. Tentunya masih banyak lagi peralatan pendukung yang penting untuk dimiliki mahasiswa jurusan ini.

Namun, peralatan di atas merupakan yang paling dasar sehingga wajib dimiliki oleh mahasiswa jurusan DKV.