7 Perlengkapan yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Naik Gunung

7 Perlengkapan yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Naik Gunung 1

Setiap orang pasti memiliki suatu hobi atau kegemaran tertentu untuk mengisi waktu luang, lari dari penat dan rutinitas atau bahkan meningkatkan kemampuanya. Saya adalah seorang termasuk orang yang hobi yang mendaki gunung yang sudah hampir 5 tahun, dan baru sadar bahwa selama ini saya sudah menghabiskan banyak uang untuk kegiatan mendaki gunung tersebut.

Sudah tau capek, namun kenapa saya terus menggelutinya dan justru semakin hari semakin banyak orang naik gunung. Namun jangan pernah mengira mendaki gunung adalah hobi yang murahan, hanya bermodal kalian memiliki fisik yang kuat bak seorang atlet, lalu kalian bisa  naik gunung seenaknya. Tidak seperti itu konsepnya.

Perlu kalian tahu bahwa setidaknya jika kalian menekuni hobi mendaki gunung yang perlu dipersiapakan adalah modal fisik dan finansial. Mengapa finansial ? karena perlatan mendaki gunung itu cukup mahal. Mengapa peralatan mendaki itu mahal ? karena dengan alat alat tersebutlah yang bakal akan memberikan rasa aman dan nyaman saat melakukan perjalanan mendaki gunung dengan kondisi bentang alam yang tak dapat diprediksi.

Jadi standar pendakian bukan hanya kondisi fisik yang prima namun ditinjau dari peralatan yang digunakan. Peralatan yang digunakan pun tidak hanya sebiji dua biji ada lumayan cukup banyak, apalagi untuk gunung diatas 3000 meter diatas permukaan laut. Berikut saya jabarkan peralatan dan naik gunung yang wajib harus dibawa beserta harganya.  

1. Tenda

7 Perlengkapan yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Naik Gunung 3

Tenda adalah tempat pengganti rumah kita sementara saat mendaki gunung. Tempat bagi kita bermalam dan berlindung dari terpaan angin dan dinginnya hawa pengunungan. Tenda sendiri terdiri dari 2 jenis tenda single layer dan double layer.

Harga untuk tenda yang single layer jelas lebih murah karena hanya memiliki 1 lapisan kain pelindung, harganya berkisar Rp 200.000-300.000. Sedangkan untuk tenda double layer yang memiliki 2 lapisan kain dalam dan luar  yang paling murah Rp 500.000 hingga jutaan.

2. Tas Carrier

7 Perlengkapan yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Naik Gunung 4

Tas adalah perlengkapan dasar yang wajib dimiliki bagi seorang pendaki. Pasalanya bagaimana kita membawa semua peralatanya tanpa adanya tas. Tas carrier sendiri memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari 35 liter hingga 85 liter.

Semakin tinggi kapasistasnya harga semakin mahal, brand atau merk juga mempengaruhi harga juga. Harga paling murah setahu saya untuk tas carrier dengan kapasitas 35 liter sekitar Rp 350.000-an.

3. Sleeping Bag

7 Perlengkapan yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Naik Gunung 5

Bagi kalian yang belum tahu sleeping bag adalah semacam selimut yang fleksibel yang digunakan saat tidur didalam tenda.  Sleeping bag akan membuat tidur kita nyaman dan hangat layaknya seekor kepompong.

Harga sleeping bag bervariasi tergantung dari bahan yang digunakan polar atau dakron. Harga paling murah untuk ukuran sleeping bag yang pernah saya temui ada Rp 180.000 itu sleeping bag berbahan dakron.

4. Kompor dan Nesting atau Cooking Set

7 Perlengkapan yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Naik Gunung 6

Bagaimana kita bisa memasak digunung ? apakah harus membawa gas elpiji 3 kg dan panci didapur. Tidak seribet itu Mylov. Sekarang sudah ada kompor portable yang berbentuk kotak yang dapat disi dengan tabung gas yang hanya seberat 220 gram saja.

Untuk meminimalisir besarnya panci kalian bisa membeli nesting atau panci tentara atau cooking set yang cukup lengkap, mulai panci berukuran kecil hingga besar lengkap dengan sendok dan centong nasi. Harga untuk kompor portable sekitar Rp 150.000 – 250.000 tergantung spesifikasi ada yang anti badai juga soalnya.  Untuk Cooking set sendiri juga tergantu kelengkapanya yang paling murah sekitar RP 120.000 an.

5. Matras

7 Perlengkapan yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Naik Gunung 7

Tidak hanya yoga saja yang membutuhkan matras, namun mendaki gunung juga perlu. Matras nantinya akan menjadi alas tidur kita didalam tenda sehingga tidur akan lebih empuk dan nyaman, walaupun gak sama persis seperti kasur di rumah. Matras sendiri memiliki kisaran harga bervariasi tergantung harga dan spesifikasinya, mulai dari Rp 50.000 – 500.000

6. Sepatu Gunung

7 Perlengkapan yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Naik Gunung 8

Sepatu gunung dirancang berbeda dari sepatu yang lainya. Sepatu gunung lumayan mahal, pasalanya sepatu gunung dirancang untuk mencapai medan medan yang lumayan ekstrem, mulai banjir, lumpur, pasir, bebatuan, hingga tanah super licin.

Harga sepatu gunung juga bervariasi, merk dan brand sangat mempengaruhi, yang paling murah setahu saya di grup jual beli outdoor malang sekitar Rp 350.000-an

7. Jaket Gunung

7 Perlengkapan yang Wajib Kamu Miliki Sebelum Naik Gunung 9

Di tengah perjalanan mendaki entah itu malam atau siang hari, yang jelas suhu di gunung itu sangat dingin. Meskipun kalian memakai jaket yang kalian biasa gunakan saat jalan jalan, tetep aja bakal nembus dinginya. Jaket gunung harganya juga bervariasi tergantung spesifikasinya ada yang polar, wol, bulu angsa, windproof (anti badai), bahkan water proof (anti air). Kisaran harga minimal untuk jaket gunung yakni sekitar Rp 250.000 – hingga jutaan.

Jadi itulah peralatan  dasar yang wajib dibawa yang setidaknya akan membuat mendaki gunung lebih aman. Jikalau ditotal semua, saya mengambil harga yang paling murahnya sekitar Rp 1.750.000.  Bisa berubah berubah tergantung kebutuhan kalian.  Jadi masih mau naik gunung ? dari peraatanya aja mahal, belum lagi logistik dan ongkos transportasi ke basecamp gunung nya.

Bagi sebagian orang yang cukup skeptis dan kritis, mendaki gunung adalah kegiatan yang sia sia yang sudah capek, menghabiskan banyak uang, secara teknis itu memang benar. Namun bagi saya sendiri mendaki gunung adalah pengalaman perjalanan dari rumah ke gunung dan balik lagi kerumah adalah pengalaman dan bahan cerita ke anak cucu yang justru lebih mahal yang tidak diperjualbelikan dimanapun.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

WIKAN AGUNG