7 Sambal Populer Yang Bikin Kamu Gak Berhenti Makan


sambel

Hayo, siapa penggemar makanan pedas. Makan gak komplit rasanya,  kalau belum ada sambal. Yap, Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya dan suku, pasti juga memiliki ragam kuliner yang berbeda-beda. Begitu juga dengan sambal. Meski setiap daerah memiliki ciri khas sambal, namun 7 sambal yang sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia ini, bikin kamu gak berhenti untuk makan.

Sambal meskipun pedas dimulut, namun tetap menjadi primadona bagi banyak orang, apalagi para pecinta makanan pedas. Sambal memang salah satu penggugah selera makan. Sambal memiliki perpaduan bumbu yang enak, sehingga cocok untuk disantap dengan berbagai menu, seperti ayam, ikan bahkan gorengan.

Cara membuat sambal pun berbeda, ada yang dimasak dan juga ada yang mentah. Hemmmm,,,, sudah kebayang yah, rasa pedas sambal. Namun ada 7 sambal yang sudah populer di Indonesia. Sambal ini banyak dicari para penggemarnya. Nah, sambal apa saja kah itu? Kami sudah merangkumnya dari berbagai sumber.

 

1. Sambal terasi

7 Sambal Populer Yang Bikin Kamu Gak Berhenti Makan 1

Sambal terasi mungkin menjadi sambal yang paling mudah untuk ditemui. Hampir setiap warung makan menyediakan menu sambal terasi ini. Selain cara membuatnya yang cukup mudah, karena hanya membutuhkan bahan-bahan seperti cabai rawit, cabai besar, garam, gula, tomat dan terasi.  Aroma khas terasinya sangat menggugah selera makan.

Sambal terasi ini cocok dipadukan dengan berbagai menu makanan, seperti ayam goreng, ikan goreng ataupun jika kamu makan dengan lauk sayur dan merasa kurang pedas, sambal terasi adalah teman yang cocok untuk makan.  

 

2. Sambal bawang

7 Sambal Populer Yang Bikin Kamu Gak Berhenti Makan 2

Sambal bawang merupakan salah satu sambal yang populer di masyarakat. Rasanya yang pedas dan gurih terkadang membuat orang yang menyantapkan sampai keringetan. Karena sambal ini memang terkenal dengan rasanya yang super pedas.

Jika kamu berkunjung kewarung makan yang menyediakan aneka lauk yang digoreng atau warung lesehan, kamu pasti menjumpai menu sambal ini. Sambal bawang sangat cocok di cocol dengan berbagai menu makanan. Kamu akan merasakan sensai pedas sambal bawang, yang akan membuat kamu nambah nasi!

 

3. Sambal matah

7 Sambal Populer Yang Bikin Kamu Gak Berhenti Makan 3

Sambal matah, merupakan sambak khas bali, yang kini banyak disajikan diberbagai restoran. Tak heran jika sambal matah juga menjadi salah satu sambal yang digemari masyarakat Indonesia.

Saat ini sambal matah, menjadi menu sambal kekinian, yang tak hanya dicampur dengan nasi campur khas Bali, tetapi juga sebagai campuran spaghetti, fish dan chips. Sebab sambal matah memiliki rasa yang pedas, segar dan gurih sehingga cocok dicampur berbagai olahan makanan.

Sambal matah menggunakan berbagai bumbu, sehingga membuat sambal matah memiliki rasa yang segar, yaitu, bawah putih, bawang merah, serai, cabai rawit, daun jeruk purut dan jeruk nipis, jangan lupa ditambahkan sedikit minyak yang akan menambah kelezatan sambal matah.

 

4. Sambal bajak

7 Sambal Populer Yang Bikin Kamu Gak Berhenti Makan 4

Sambal bajak menjadi salah satu sambal yang populer di Jawa. Sambal bajak memiliki tekstur dan bentuk yang hampir sama dengan sambal terasi. Hal yang membedakan adalah sambal bajak ditambahkan, daun dalam, serai dan lengkuas. Sambal ini cocok dimakan bersama ayam goreng atau ikan bakar.

 

5. Sambal mangga

7 Sambal Populer Yang Bikin Kamu Gak Berhenti Makan 5

Seperti namanya, sambal ini memnggunakan bahan utama mangga muda. Mangga diiris kecil dan panjang kemudian dicampur dengan berbagai bumbu sambal. Saat menyantap sambal mangga, kamu akan merasakan sensasi rasa pedas, dan kecut dari mangga muda. Sambal ini paling cocok dinikmati bersama ayam goreng.

 

6. Sambal cabe ijo

7 Sambal Populer Yang Bikin Kamu Gak Berhenti Makan 6

Berbeda dengan kebanyakan menu sambal yang menggunakan bahan utama cabai rawit merah. Sambal cabe ijo menggunakan cabai hijau besar sebagai bahan utamanya, sehingga memiliki rasa khas cabai hijau. Sambal cabe ijo memiliki rasa pedas dan gurih. Sambal ini juga cocok disantap denga berbagai menu olahan makanan atau sebagai campuran nasi.

 

7. Sambal kecap

7 Sambal Populer Yang Bikin Kamu Gak Berhenti Makan 7

Sambal kecap merupakan sambal yang paling mudah dibuat karena hanya membutuhkan bahan-bahan seperti cabai rawit merah, bawang merah dan kecap. Iris cabai rawit dan bawang merah kemudian tuangkan dalam mangkuk dan tambahkan kecap. Sambal kecap siap untuk dinikmati dengan berbagai lauk dari ayam goreng hingga gorengan. Hemmm,,,, mudah bukan, perpaduan rasa pedas cabai rawit dengan manisnya kecap menjadi ciri khas tersendiri dari sambal kecap.

7 sambal populer ini, juga bisa kamu buat dirumah lho!

 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap