7 Solusi Cerdas Membangun Pondasi Mandiri Finansial untuk Meraih Impian


7 Solusi Cerdas Membangun Pondasi Mandiri Finansial untuk Meraih Impian 1

Menemukan mentor bisnis yang tepat

Bisnis itu bisa untung dan rugi, itu semua tergantung dari kita. Jika kita pemula dan berusia belia, mungkin bisnis sangat beresiko buat kita jalani atau jangan.. jangan.. bisnis tidak pernah terfikirkan sebelumnya oleh kita yang tentunya sangat beresiko sekali jika kita belum mengetahui tentang seluk beluk bisnis.  Jika kita mempunyai 1 role mode pebisnis disekitar kita yang sangat sukses ataupun tokoh pebisnis favorit kita yang diidam – idamkan. kita bisa memilih mereka sebagai mentor agar kita juga bisa sukses seperti mereka. Bisa menghubungi dia langsung ataupun membaca buku autobiografinya.

Akan tetapi jika kita masih ragu untuk membuka bisnis apa, bertanyalah dan minta saran dari mentor bisnis kita. Pasti akan ada solusi yang sesuai dengan kemampuan kita. Posisi mentor sangat penting bagi kita yang awam akan bisnis. Karena mentor terlebih dahulu sudah berpengalaman, mengetahui, bisa mengarahkan dan mendampingi kita sekaligus partner curhat jika kita kesulitan dalam menjalankan bisnis.

 

Menentukan buka bisnis apa

Tahapan ini terkadang membuat kita bingung dan galau. Pasalnya, kita masih pemula dan berusia belia. Mau buka bisnis apa ya? Langkah mudah dan tepat adalah perhatikan masalah apa yang ada disekitar kita. Cari lah solusinya, maka itu adalah bisnis yang baik. setelah solusi atau idenya tepat berada di pikiran kita barulah minta pendapat mentor atau orang yang sudah sukses dalam hal itu. Saran dan masukkannya akan sangat berharga untuk pertimbangan bisnis apa yang ingin kita geluti nanti.

 

Belajar bisnis

Kita harus tetap membekali diri dengan ilmu – ilmu dasar bisnis supaya kita tau bagaimana cara menjalankan bisnis diusia muda supaya impian kita menjadi kaya bisa tercapai. Nah, sejak dini kita bisa belajar bisnis dari membaca buku – buku bisnis, manajemen dan kisah – kisah sukses pebisnis hebat. Akan tetapi, kalaw misalnya belum bisa untuk membeli buku bisnis,  kita bisa mengunjungi perpustakaan terdekat yang ada di wilayah kita, di sekolah, di kampus, ataupun kita bisa membaca melalui ebook, browsing di internet, menonton podcast di youtube dan lain – lain.

 

Mengumpulkan modal

Kebanyakan orang mempunyai pendapat bahwa untuk berbisnis butuh modal yang gede, jadinya bisnis itu terlalu beresiko. Ujung – ujungnya hanya segelintir orang yang mau terjun bebas dengan mempertaruhkan harta kekayaannya untuk membuka bisnis. Kalau kita sudah tau ilmu bisnis, dan belajar dari seorang mentor yang hebat, maka modal bukanlah segalanya untuk memulai sebuah bisnis. Malahan, ada banyak bisnis yang bisa kita jalani tanpa harus keluar duit sepersen pun. Modal itu penting dalam bisnis, ini tidak ada yang menyangkal. Tapi modal bukanlah segalanya dalam bisnis (ini masih bikin banyak yang galau). Nah, bagaimana caranya untuk dapatkan modal bisnis tanpa anggunan atau syarat yang ketat?

Kalau kita minjam ke bank, banyak syarat yang harus dipenuhi dan itu sering bikin puyeng apalagi harus ada anggunannya. Sumber modal tanpa ribet dan berbelit – belit adalah sakunya orang tua. Tapi ini kalau ortu kita masuk kategori mampu dan punya simpanan banyak, dengan jurus rayuan maut dana bisa cair dengan cepat. Namun bagi kita yang ortunya tidak punya uang yang berlebih, minta saja modal doa restunya untuk bisa mendapatkan modal dari hibah atau sejenisnya. Sekarang ini banyak sekali dana hibah yang bisa kita manfaatkan untuk modal bisnis.

Atau jika kita seorang mahasiswa yang terkendala dengan modal, kita bisa mengumpulkan modal dengan bekerja part time, mencari beasiswa, ataupun ikut event lomba yang juaranya dapat uang. Nah hasil dari kerja part time, beasiswa atau event lomba yang kita ikuti itu kita jadikan modal untuk bisnis kita nanti.

 

Jago nego

7 Solusi Cerdas Membangun Pondasi Mandiri Finansial untuk Meraih Impian 3

Syarat lain yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur/pebisnis adalah jago dalam negosiasi. Hal ini penting supaya kita bisa memaksimalkan keuntungan yang didapat. Perkara belajar negosiasi ini bisa kita pelajari dari sang mentor atau belajar dari buku, rekaman dan internet. Semua aspek bisnis pasti berhubungan dengan orang, nah kemampuan ini sangat erat hubungannya dengan interaksi kita untuk bisa mengoptimalkan semua potensi yang ada tersebut.

 

Jago jualan

Semua bisnis ujungnya pasti jualan. Tanpa jualan mana ada pemasukan. Baik itu bisnis jasa, tetap ada yang dijual yaitu jasanya. Kemampuan menjual ini sangat penting untuk kita kuasai. Malahan kemampuan ini harus terus kita asah setajam mungkin. Caranya adalah menguasai produk/jasa kita dengan baik, sampaikan dengan baik kepada banyak orang, bidik mereka yang potensial menjadi calon konsumen kita, lakukan evaluasi secara rutin.

 

Uang adalah ide

Kalau kita pegang uang banyak, seketika kita banyak ide untuk menghabiskannya. Ide adalah gagasan yang lahir dari pikiran. Pikiran yang aktif akan melahirkan kreativitas. Kreatif dapat melihat apa yang tidak dapat dilihat oleh mata biasa. Ide kreatif adalah uang. Uang itu sendiri berasal dari ide – ide yang kreatif. Temukan ide – ide gila dari bisnis yang ingin kita geluti, fokuskan tujuan kita ke bisnis itu dan dengan cara ini kita bisa menghasilkan uang.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

sena nisa

   

hopefully can help fellow reader and always spread kindness

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments