7 Tanaman Ampuh Pengusir Serangga dan Bikin Rumah Harum Terus

7 Tanaman Ampuh Pengusir Serangga dan Bikin Rumah Harum Terus

mengusir itu gampang-gampang susah. Selain membuat tidak nyaman banyak serangga di rumah juga berpotensi menimbulkan penyakit, lho.

Walaupun sudah rutin dibersihkan, namun ada serangga yang balik lagi dan bikin kesal lagi. Mungkin kamu harus sedikit memutar untuk mencegah serangga itu balik lagi. Dengan menanam beberapa bunga misalnya.

Yap, menanam bunga adalah yang menarik. Apalagi jika kamu menanam bunga yang dibenci serangga. Tentunya hal ini akan membuat serangga pergi dari rumahmu untuk selamanya.

1. Mint

7 Tanaman Ampuh Pengusir Serangga dan Bikin Rumah Harum Terus

Menanam pohon mint mungkin menjadi alternatif yang tepat untuk mengusir serangga di tamanmu. Kamu bisa menanam pohon mint ini di pekarangan rumah. Pohon mint bisa tumbuh di tanah yang sedikit lembab. Perawatan pohon min pun bisa dibilang cukup sederhana. Sehingga kamu tidak perlu repot saat merawatnya.

Menanam pohon mint juga akan memberimu aroma yang segar dan bisa membuatmu nyaman. Nah, aroma segar dari mint ini ternyata mampu mengusir serangga dan hama, lho. Tamanan mint ini dapat mengusir semut, nyamuk, siput, siput, dan tikus.

Baca juga  12 Manfaat Kesehatan dari Biji Teratai, Bisa Memperlambat Penuaan

2. Bunga Petunia

Bunga Petunia via pexels.com
Bunga Petunia via pexels.com

Memiliki warna yang cantik, bunga petunia ternyata juga mampu mengusir serangga, lho. Secara , bunga petunia memiliki tinggi kisaran 16 hingga 30 cm. Kamu bisa menemukan bunga ini dengan berbagai jenis warna mahkotanya. Misal, merah, putih, kuning pucat, ungu , bahkan bunga ini ada yang berwarna biru.

Menjadi salah satu favorit dari pecinta bunga. Ternyata bunga petunia bisa mengusir serangga. Seperti, gelang tomat, kutu daun, wereng, dan kumbang.

3. Bunga Krisan

Bunga Krisan via pexels.com
Bunga Krisan via pexels.com

Bunga Krisan atau mungkin kamu lebih mengenalnya dengan nama bunga seruni. Tanaman ini ternyata menjadi bunga nasional Jepang, lho. Karena memiliki aroma yang , bunga krisan sering dijadikan salah satu tambahan untuk membuat teh yang dan segar.

Tidak hanya itu, kamu juga wajib kalau bunga krisan juga bisa mengusir serangga. Seperti, semut, laba-laba, dan kutu. Tapi kamu harus ingat, kalau bunga krisan sangat suka dengan sinar matahari. Jadi, kamu harus menanamnya di luar rumah.

Baca juga  9 Manfaat Daun Afrika yang Harus Kamu Tahu

4. Bunga

Bunga Lavender via pexels.com
Bunga Lavender via pexels.com

Karena lavender memerlukan jarang yang cukup untuk tumbuh, jadi kamu harus memberi jarak saat menanam benihnya. Karena memiliki bentuk bunga yang cantik, tak heran jika banyak yang menjadikan lavender sebagai salah satu di rumah. Bahkan ada pula yang mengekstrak lavender untuk dijadikan wangi.

Ternyata bunga lavender juga mampu mengusir lalat, nyamuk dan kutu yang ada di rumahmu, lho. Terbukti dari banyaknya merk pewangi dan semprot anti serangga yang memakai aroma lavender.

5. Bunga Calendula

Bunga Calendula via pexels.com
Bunga Calendula via pexels.com

Salah satu tanaman yang bisa mengusir serangga lainnya adalah bunga calendula. Bunga ini juga mampu tumbuh hingga 61 cm. Sedangkan untuk panjang daunya mencapai 5 hingga 15 cm. Untuk diameter bunganya bisa sampai 10 cm.

Bunga Calendula memiliki warna bunga jingga dan kuning yang cantik. Biasanya bunga ini akan berbunga saat musim panas tiba. Dan jangan lupa menanamnya di rumah. Karena calendula bisa mengusir kumbang asparagus dan cacing gelang dari pekarangan rumahmu, lho.

6. Tanaman Kemangi

Tanaman Kemangi via pexels.com
Tanaman Kemangi via pexels.com

Dikenal dengan tanaman yang bisa diolah dan dimakan. Ternyata kemangi juga bisa menyelamatkan rumahmu dari serangga seperti, nyamuk dan lalat, lho. Menanam kemangi di pekarangan atau di teras rumah sangatlah dianjurkan. Kamu bisa memilih jenis pot yang kamu sukai untuk menanam kemangi ini.

Baca juga  5 Langkah Mudah Menanam Kembali Sampah Daun Bawang

7. Bunga Geranium

Bunga Geranium via pexels.com
Bunga Geranium via pexels.com

Hampir dengan lavender, bunga geranium juga banyak digunakan untuk mengusir serangga, khususnya nyamuk. Banyak juga yang mengekstrak tanaman ini untuk digunakan sebagai pengusir serangga.

Namun, jika kamu ingin menanamnya juga bisa. Kamu hanya perlu menanam bunga geranium di dalam pot yang memiliki lubang di bawahnya. Letakan pot di bawah sinar matahari selama 4 hingga 6 jam. Dan kamu bisa merasakan harumnya bunga ini.

Selain dapat mengusir serangga, 7 tanaman ini dapat memuat aroma rumah kamu menjadi lebih harum nan wangi. Agar telihat lebih cantik, kamu juga bisa meletakan tanaman tersebut di sudut-sudut rumahmu, sesuai dengan ukuran tanamannya. Misal, tanaman yang kecil atau pendek bisa kamu taruh di atas meja. 

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

izam eko