7 Tempat Ciamik Kawasan Dieng Banjarnegara 


7 Tempat Ciamik Kawasan Dieng Banjarnegara  1

Banjarnegara merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Banjarnegara sebagai wilayah yang terkenal dengan dataran tingginya. Berada di perbatasan Wonosobo dan Banyumas, Banjarnegara memang terkenal dengan wisata diengnya, namun di tempat wisata dieng ini, ada beberapa ada tempat wisata dikawasan itu yang kita tak ketahui. Berikut 7 tempat wisata di kawasan dieng Banjarnegara yang terkenal :

Kawah Sikidang

Apabila kalian berkunjung ke dieng, tentunya tak akan kelewatan dengan kawasan kawah sikidang. Lokasi ini memang menjadi favorit wisata di dieng, lokasi yang terletak di desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini memiliki pesona alam luar biasa dengan pemandangan kawah di gunung prau, dan suasana kabut yang tebal menyelimuti kawah sikidang ini. Tak berbeda dengan suasana kawah di tempat lainnya. 

Kawah sileri

Kawah sileri merupakan salah satu lokasi favorit di kawasan dieng, berupa kawah dengan airnya yang berwarna silver. Disebut kawah sileri diambil dari nama bahasa jawa Leri yang berarti air cucian beras. Air cucian beras yang berwarna silver dikaitkan dengan warna air sisa cucian beras yang berwarna silver. Kawah sileri merupakan kawah terluas di kawasan dieng, dan termasuk kawah paling aktif dengan letusan beberapa kali, namun sekarang kawah ini dinyatakan aman untuk dikunjungi.

Kawah candradimuka

Kawah ini juga menjadi favorit wisata di dieng. Kawah candradimuka merupakan salah satu wisata kawah yang ada di dieng, yang berada di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawah ini merupakan kawah dimana tokoh pewayangan yang terkenal dengan otot kawat tulang besi Gatutkoco memperoleh kesaktiannya. 

Bukit sikunir

Bukit sikunir menjadi lokasi terfavorit di dieng, dengan keindahan alamnya diatas bukit tinggi dengan nuansa pemandangan 4 gunung, gunung merapi, merbabu, sindoro, dan gunung sumbing dengan cukup jelas. Kita juga bisa melihat pemandangan saat matahari terbit. Perjalanan diatas bukit ini memang melelahkan, namun ketika sudah sampai disini, kita tidak akan menyesal, kita akan melihat alam yang sesungguhnya, tak usah repot-repot naik pesawat untuk melihat pemandangan alam secara luas.

Telaga Merdada

Lokasi ini merupakan wisata dikawasan dieng berupa telaga dengan nuansa pemandangan natural perkebunannya duatu pedesaan. Suasana telaga merdada sangat alami mengingatkan suasana ketika masih kecil tempo dulu suatu pedesaan.

Grand Canyon Lubang Sewu

Ini merupakan tempat wisata di dieng dengan keindahan telaga seperti telaga lainnya di didengan dengan tampilan saat musim kemarau atau musim kering akan kelihatan seperti grand canyon di Amerika Serikat. 

Telaga Warna

Telaga warna cukup terkenal di dieng dengan airnya yang berubah warna setiap waktu, khususnya saat musim penghujan air akan berubah warna merah hijau kuning seperti pelangi. Penyebab warna berubah padaTelaga warna karena ekosistem di tempat tersebut.


Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap