7 Tips Ampuh Menjadi Freelancer Muda yang Sukses

7 Tips Ampuh Menjadi Freelancer Muda yang Sukses 1

Freelance merupakan pekerjaan yang banyak dipilih orang di era globalisasi ini. Pasalnya, pekerjaan ini cenderung lebih mudah dan leluasa untuk dijalankan.

Anda bisa mengatur segala tugas sesuai keinginan anda. Selain itu, anda juga dapat menyesuaikan pendapatan secara mandiri tanpa penargetan tertentu.

Akan tetapi, penghasilan seorang freelancer seringkali tidak menentu, tergantung pesanan yang masuk. Selain itu, jenis kontrak kerja freelance sifatnya pendek dan sementara, tidak seperti bekerja di perusahaan yang kontrak kerjanya tetap.

Tapi tenang, anda tetap bisa menjadi freelance yang sukses jika anda konsisten dan menerapkan tips yang saya berikan. Berikut ini adalah beberapa cara menjadi freelancer yang berhasil dan handal.

1. Mengembangkan keahlian

7 Tips Ampuh Menjadi Freelancer Muda yang Sukses 3

Keahlian sangatlah dibutuhkan untuk menjadi seorang freelancer, sama seperti bekerja di perusahaan. Orang-orang tentu tidak ingin menggunakan jasa dari sembarang orang. Makanya, anda wajib mengembangkan keahlian anda, kalau bisa sampai menjadi seorang expert.

Anda dapat bergabung ke komunitas atau grup sesuai dengan keahlian yang anda miliki. Biasanya, dalam satu grup ada beberapa orang yang sudah expert dalam bidang mereka. Bangunlah relasi dengan orang-orang tersebut dan belajarlah dari mereka.

Ada banyak sekali keahlian yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan tanpa harus terikat kontrak kerja, misalnya seperti content writer, copy writer, SEO Specialist, dan sebagainya.

Dengan terus mengembangkan keahlian, itu bisa membuat anda populer dalam bidang yang anda kuasai. Otomatis, klien akan semakin mempercayai anda sehingga rating dan citra bisnis anda semakin meningkat.

2. Manajemen waktu

Seorang freelance haruslah mengelola waktunya dengan baik agar setiap pekerjaan dapat selesai dengan tepat waktu. Hal ini bagus untuk karir anda kedepannya. Saat anda dapat menyelesaikan pesanan tepat waktu atau bahkan sebelum jatuh tempo, otomatis klien pun akan puas dengan pelayanan anda.

Perlu diketahui bahwa kepuasan klien adalah hal utama yang harus diperhatikan klien. Dengan itu, anda bisa mudah untuk membangun brand yang kuat. Namun, untuk mewujudkan strategi manajemen waktu bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, ada saja hambatan ketika kita ingin menerapkan disiplin pada diri sendiri

Apalagi seorang freelance biasanya bekerja di rumah yang sangat erat dengan kasur. Jangan sampai pekerjaan belum selesai tapi sudah berbaring sambil main hp di kasur. Untuk mencegahnya, hindarilah bekerja di kamar tidur dan buatlah to-do-list terkait pekerjaan yang ingin anda selesaikan setiap harinya.

3. Menawarkan Jasa

Ada banyak sekali platform dan situs untuk anda menawarkan dan mempromosikan jasa freelance, misalnya seperti fastwork.id, freelancer.id, dan masih banyak lagi.

Sebaiknya gunakan teknik promosi yang tepat dengan menggunakan kata-kata yang menarik supaya orang lain tertarik menggunakan jasa anda. Anda juga bisa menawarkan jasa anda di sosial media.

4. Menetapkan uang muka

Anda bisa menerapkan uang muka atau Down Payment (DP) sebagai jaminan agar anda tidak dirugikan saat klien membatalkan pemesanan secara sepihak. Selain itu, DP juga bisa dimanfaatkan untuk membeli kompenen yang dibutuhkan selama proses pengerjaan.

Pasanglah tarif DP dengan sewajarnya. Anda juga bisa melakukan negosiasi dengan calon klien agar tercipta kesepakatan yang saling menguntungkan kedua pihak. DP berguna sebagai jaminan yang menunjukkan keseriusan klien.

5. Membuat landing page

Landing page sangat bermanfaat untuk mengarahkan orang-orang yang ingin menggunakan jasa anda. Selain itu, anda juga bisa memasang hasil kerja anda di landing page. Bila perlu pasang juga testimoni dari para klien yang pernah memakai jasa anda.

Jika anda mempunyai uang lebih, anda dapat menggunakan jasa SEO terpercaya agar website anda bisa muncul di halaman pertama Google. Selain landing page, buat juga fanpage untuk menggaet calon klien yang berasal dari Facebook.

6. Memberikan pelayanan yang terbaik

Inilah poin paling penting. Supaya anda menjadi freelancer yang sukses, kuncinya anda harus memuaskan pelanggan. Dengan itu, bisnis anda bisa mendapatkan rating yang tinggi sehingga mempengaruhi banyak orang untuk menggunakan jasa anda.

Namun, untuk memberikan pelayanan yang terbaik bukanlah mudah. Anda harus berdedikasi tinggi pada profesi yang anda tekuni. Jika ada klien yang bertanya, usahakan untuk selalu menjawab walaupun terkadang pertanyaannya aneh-aneh.

7. Konsisten

7 Tips Ampuh Menjadi Freelancer Muda yang Sukses 4

Tidak peduli sebesar apaun modal yang anda keluarkan untuk menjadi freelancer. Jika anda tidak konsisten, bisa dijamin lama-kelamaan anda akan merasa malas dalam menjalankan profesi anda. Usahakan untuk selalu konsisten bagaimanapun keadaan anda.

Memulai itu mudah, tapi mempertahankan itu susah. Jadi, walaupun banyak kendala yang anda alami saat menjadi freelancer, namun jangan pernah sekalipun putus asa dan menyerah. Jadikan setiap hambatan tersebut sebagai tantangan untuk yang membuat anda semakin kuat.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjadi seorang freelancer. Usahakan untuk memilih bidang pekerjaan yang anda kuasai dan sesuai dengan minat anda. Jangan memilih bidang yang sama sekali anda tidak sukai karna tergiur bayaran tinggi, percayalah anda akan cepat bosan dalam menjalankannya, terlebih jika jarang yang memesan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.