7 Tips Menghilangkan Kegalauan Pada Hati yang Bersedih

7 Tips Menghilangkan Kegalauan Pada Hati yang Bersedih 1

setiap manusia pasti pernah merasakan kesedihan dalam dirinya. Entah di mana dan kapan, kedatangannya tak bisa diprediksi. Terkadang, saat kita sedang merasa senang, tiba-tiba saja kita menangis tanpa alasan. Semuanya terjadi secara mendadak. Perasaan manusia memang mudah sekali berubah-rubah.

Kadang merasa senang, sedih, gembira, jengkel, atau galau. Itulah yang membuat kehidupan menjadi lebih menarik untuk dijalani. Hidup tak akan selalu seperti yang kita inginkan. Semuanya berjalan sesuai kehendak takdir sang Maha Kuasa. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan bersabar terhadap semua ketentuan yang sudah digariskan olehnya.

Sekeras apa pun seorang manusia berusaha menggapai sesuatu, jika memang bukan takdirnya ya sudah. Terimalah dengan lapang dada. Mungkin Tuhan sengaja tidak memberikannya karena ia ingin kalian mendapatkan sesuatu yang jauh lebih baik daripada itu.

Sudahlah, jangan jadi manusia yang banyak mengeluh. Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah, justru akan semakin menambah permasalahan dalam hidupmu. Jadilah manusia yang positif thinking, jangan jadi manusia negatif thinking. Jika pikiranmu selalu negatif thinking terhadap sesuatu, kapan kau akan maju. Kau akan tetap berjalan di tempat, dan tidak akan ada perubahan  dalam hidupmu.

Hidup ini cuma sekali, pergunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan berlarut-larut dalam kesedihan. Sedih memang boleh, itu manusiawi, tapi jika kau terlalu lama tenggelam dalam kondisi  tersebut juga tidak baik bagi kehidupanmu. Ayolah, bangkit dan mulailah awal yang baru. Tinggalkan masa  yang sudah berlalu itu.

Lupakan dan gantilah dengan kehidupan yang baru. Ingat, selama Tuhan masih memberikan nafas, manfaatkanlah sebaik-baiknya. Buatlah hidupmu menjadi lebih bermakna supaya kelak ketika penghujung kehidupan tiba, kau tak akan menyesal. Jika kamu masih sulit menghilangkan kegalauan dalam diri, aku ada beberapa tips yang bisa dicoba. Berikut 7 tips menghilangkan kegalauan pada hati yang bersedih :

1. Hindari Tempat-tempat yang Membuatmu Sedih

Sumber : pixabay.com
Sumber : pixabay.com

Tips pertama adalah hindari mengunjungi tempat-tempat yang bisa membuatmu sedih. Carilah tempat-tempat yang dapat memberikan aura kebahagiaan kepada dirimu. Tempat-tempat yang menurutku cocok sih yang bernuansa alam gitu. Misalnya seperti pegunungan, pantai, taman, sawah, atau di mana pun itu yang kamu suka. Kalau aku sih biasanya duduk di tepi pantai sambil mendengarkan deburan ombak dan kicauan burung. Rasanya hati menjadi tenteram, damai, dan tenang. Beban dalam pikiran serasa hilang begitu saja.

2. Jangan Nonton Film-Film yang Mello

Sumber : pixabay.com
Sumber : pixabay.com

Yang kedua ini sebaiknya kamu benar-benar harus kamu hindari. Nonton film yang berbau Mello atau kesedihan, bisa menambah kegalauan dalam hati kamu. Apalagi kalau drama yang kamu tonton itu tentang seorang perempuan yang ditinggal pergi kekasihnya, pasti kamu akan tambah galau. Aku menyarankan sebaiknya kalian menonton film-film yang bertema komedi saja kalau  sedang galau tingkat dewa.

3. Sibukkan Dirimu dengan Sesuatu Hal yang Bermanfaat

Sumber : pixabay.com
Sumber : pixabay.com

Kalau lagi sedih, jangan mengurung diri di dalam kamar. Cobalah mencari aktivitas-aktivitas yang bisa membuatmu lupa akan kegalauan yang tengah kamu rasakan saat ini. Kamu bisa melakukan aktivitas sesuai hobi atau minat kamu. Misalnya membaca buku, memasak, menggambar, jalan-jalan, olahraga, memancing, dan lain sebagainya. Ada satu aktivitas yang lebih berfaedah lagi, kamu bisa ikut acara bakti sosial. Selain dapat menghilangkan kegalauan, kamu juga bisa berbagi pada orang-orang yang membutuhkan.

4. Jangan Mendengarkan Musik Berirama Sendu

Sumber : pixabay.com
Sumber : pixabay.com

Selain  tidak boleh nonton film-film mello saat sedang galau, aku juga menyarankan pada  kalian supaya  jangan mendengarkan lagu atau musik yang iramanya  sendu atau sedih. Musik yang bertema kesedihan  biasanya dapat membuat kita semakin merasa galau. Carilah musik yang iramanya itu bisa membuat kita happy atau bahagia. Dengan begitu, kegalauan dalam hati cepat hilang.

5. Curhat Sama Orang yang Terpercaya

Sumber : pixabay.com
Sumber : pixabay.com

Jangan terlalu lama memendam kesedihan seorang diri, itu tidak baik untuk kesehatanmu. Cobalah ceritakan kesedihanmu itu pada teman, keluarga, sahabat, atau siapa pun yang kamu percaya. Jangan curhat sama sembarangan orang, pilihlah orang yang memang benar-benar bisa menjaga rahasiamu dengan aman.

6. Tuangkanlah Kegalauan itu pada Tulisan

Sumber : pixabay.com
Sumber : pixabay.com

Siapa di sini yang biasa membuat buku diary?. Pasti semuanya pernah membuat diary kan?. Jika kamu tidak bisa mengungkapkan isi hatimu kepada manusia, ada baiknya kamu tuangkan melalui sebuah tulisan. Selain rahasiamu terjaga, di sana kamu bebas menulis kata-kata yang kamu mau, tidak perlu khawatir akan menyakiti hati seseorang. Kalau curhat sama manusia biasanya kita harus menyaring dulu kata-kata yang hendak kita ucapkan, tapi dalam tulisan berbeda. Kita tidak perlu khawatir salah bicara atau takut menyakiti hati seseorang.

7. Berdoalah Kepada Sang Pencipta

Sumber : pixabay.com
Sumber : pixabay.com

Tips terakhir ini aku rasa yang paling ampuh. Mendekatlah kepada sang pencipta dan berdoalah kepadanya untuk menghilangkan kegalauan dalam hatimu. Dialah zat yang jauh lebih mengerti dirimu dibandingkan manusia. Dia siap mendengar keluh kesahmu 24 jam nonstop tanpa lelah sedikit pun.

Semoga tips-tips yang aku bagikan tadi bisa menghilangkan kegalauan yang ada dalam hati kalian. Galau itu boleh, tapi jangan lama-lama. Ayo bangkit dan jadilah sosok manusia yang baru. Jadikanlah kegalauan itu sebagai pemantik semangat untuk menjalani hari-hari esok. Lupakan kesedihan dan gantilah dengan kegembiraan.  Praktikan salah satu dari 7 tips menghilangkan kegalauan pada hati yang bersedih di atas yang menurut kalian mudah dan sesuai dengan diri kalian masing-masing. Selamat mencoba.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

indriani