7 Tips Menjual Barang Preloved Agar Cepat Laku

preloved adalah

Istilah preloved berasal dari bahasa inggris yang banyak digunakan untuk menyebutkan barang second hand. Preloved adalah barang yang sebelumnya milik kita dan akan berpindah tangan. Kata preloved adalah kata yang halus untuk menyebutkan barang bekas, sehingga banyak orang yang lebih suka menyebut preloved saat menjual barang bekas miliknya.

Ada beberapa kategori barang yang di sebut preloved. Yang pertama barang yang sudah pernah kita pakai beberapa kali, namun sekarang tidak terpakai lagi. Barang preloved kategori ini harus masih layak pakai yah. Barang preloved kategori kedua adalah barang yang sudah di beli tapi tidak pernah terpakai. Kemudian kategori ketiga adalah barang pemberian orang lain, namun tidak pernah kamu pakai.

Nah, bagi kami yang ingin menjual barang preloved mu yang masih bagus dan layak pakai. Kamu bisa ikuti 7 tips di bawah ini. Yuk disimak!

1. Jual preloved via online

7 Tips Menjual Barang Preloved Agar Cepat Laku 1

Anda tak perlu bingung untuk menjual barang preloved. Saat ini banyak grup dimedia sosial yang menjadi tempat untuk mencari ataupun menjual barang preloved. Selain itu, kamu juga bisa menjualnya disitus marketplace.

Sebab, saat ini menjual barang via online lebih mudah dan cepat. Banyak orang yang mengandalkan toko online untuk membeli atau mencari barang. Serta untuk memasarkan barang, termasuk barang preloved.

2. Barang masih layak pakai

7 Tips Menjual Barang Preloved Agar Cepat Laku 2

Pastikan barang yang kamu jual masih layak pakai yah! Barang branded biasanya akan lebih cepat laku. Namun, kamu juga tak perlu menjual barang ternama. Bukan barang branded pun, memiliki pangsa pasarnya sendiri. Asalkan kondisinya masih bagus dan layak pakai.

3. Jadi penjual jujur

7 Tips Menjual Barang Preloved Agar Cepat Laku 3

Menjual barang baru saja, masih banyak pembeli yang mencurigai, apalagi menjual barang second hand. Pembeli pasti akan lebih berhati-hati, dalam memilih barang yang sudah pernah dipakai.

Kamu sebagai penjual harus jujur dengan barang yang akan kamu jual. Baik dan buruknya barang tersebut perlu kamu cantumkan dalam iklanmu. Agar pembeli tidak kecewa dengan barang yang telah dibelinya.

4. Tulis plus-minus barang preloved

7 Tips Menjual Barang Preloved Agar Cepat Laku 4

Ini adalah poin penting saat kamu menjual barang preloved. Kamu sebagai pemilik barang, kamulah yang paling tau tentang kondisi barang yang akan kamu jual. Kamu harus menuliskan sedikit tentang kondisi barang. Plus dan minusnya barang tersebut agar pembeli tidak kecewa saat barang sudah dibeli.

Misalnya saja, tas. Kamu harus menuliskan lama pemakaian, ada lecet atau cacat tidak di barang kamu. Atau ada sesuatu yang sudah tidak lengkap lagi. Kamu harus menuliskan hal tersebut, karena pembeli berhak tau kualitas barang yang akan dibeli.

5. Tulis alasan kenapa Anda ingin menjualnya

7 Tips Menjual Barang Preloved Agar Cepat Laku 5

Jelaskan pada pembeli kenapa kamu menjual barang preloved milik mu. Pembeli pasti ingin tahu alasan kamu menjual barang preloved. Apakah karena barang sudah tidak terpakai lagi atau salah membeli.

Kamu harus menjelaskan hal tersebut sebagai pertimbangan pembeli.

6. Berikan harga yang sesuai

7 Tips Menjual Barang Preloved Agar Cepat Laku 6

Orang mau membeli barang bekas karena harganya lebih murah. Itulah kenapa kamu harus memberikan harga barang preloved mu sesuai dengan kondisi barang. Jadi kamu harus mencari tau lebih dulu harga barang preloved mu di pasaran. Sehingga kamu tidak sembarangan menetapkan harga.

7. Jangan jual barang KW

7 Tips Menjual Barang Preloved Agar Cepat Laku 7

Ingat dengan barang preloved yang kamu miliki adalah barang KW atau bukan. Jika barang KW tulislah saat kamu menjualnya di toko online. Dan jangan menuliskan barang asli pada barang preloved yang kamu jual.

Barang asli ataupun barang KW sebenarnya memiliki peminatnya sendiri. Sehingga kamu hanya jujur ketika menjualnya.

Nah, itulah tips yang perlu kamu cermati dalam menjual barang preloved. Terimakasih sudah membaca, semoga tulisan ini bermanfaat & sehat selalu ya !

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty